PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mutia Rahmi Univeristas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13273

Abstract

Pendidikan karakter dimaknai sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang tujuannya mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik-buruk. Pendidikan IPS merupakan Materi pembelajaran IPS yang berkaitan dengan kehidupan manusia, sosial, budaya, dan sejarah bangsa, membuka peluang untuk mengintegrasikan pendidikan karakter secara kontekstual dan aplikatif. Tujuan penelitian ini yaitu agar nilai-nilai dalam Pendidikan karakter pada saat proses pembelajaran IPS dapat tertanam dengan baik pada diri peserta didik. Sehingga, hal tersebut akan dapat membentuk suatu karakter peserta didik yang di harapkan. Metode penelitian ini yaitu  menggunakan kajian pustaka dengan tinjuan pustaka. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui penelaahan oleh peneliti dari beberapa bahan bacaan yang bersumber dari beberapa referensi baik artikel jurnal, dokumen, serta dari beberapa bahan ajar lainnya. Hasil penelitian ini yaitu penanaman pendidikan karakter siswa bisa ditanamkan maupun dikembangkan melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penerapan pendidikan karakter tentunya melalui berbagai tahapan dalam pembelajaran IPS yang berlangsung. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Karakter, Pembelajaran IPS  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, N. K. C. K., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Berbasis Karakter Semangat Kebangsaan Muatan IPS Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 1–7.

Lubis, M. A., Sumantri, P., & Fitri, H. (2023). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa dalam Pembelajaran IPS Dikelas IV di SD Negeri 107419 Serdang. Education & Learning, 3(2), 7–12. https://doi.org/10.57251/el.v3i2.1035

Maharani, M. S., Rondli, W. S., & Ermawati, D. (2023). Analisis Integrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SD 3 Robayan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2519–2526. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1869

Nurroini, A., Y, B., & Yunita R.P, E. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Melalui Media Visual Basic Application. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 31–39. https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27601

Sari, W. N. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Ips. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(1), 10–14. https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.101-107

Sari, W. N., & Faizin, A. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 957.

Syaumi, I. K., Adi, W. P. S., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4277–4281.

Zahro, L. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Darussalam, 23(2), 9–22.

Downloads

Published

2024-05-01