SURVEI MINAT LITERASI BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Zara Rosita Herawati Universitas Negeri Jakarta
  • Linda Zakiah Universitas Negeri Jakarta
  • M. Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13290

Abstract

Membaca merupakan kemampuan dasar yang sangat penting bagi siswa. Rendahnya kemampuan membaca, terutama di lingkungan sekolah dasar, merupakan tantangan yang sering dihadapi oleh pendidik dan siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat literasi siswa terhadap kemampuan membaca siswa kelas rendah. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survey. Contoh penelitian ini adalah kelas 1,2,3 sekolah dasar sekecamatan Setia Budi dengan total seluruh 100 siswa, dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, minat literasi siswa terhadap kemampuan membaca siswa kelas rendah di katakan baik dengan presentase 56%. Oleh karena itu minat literasi siswa berpengaruh terhadap kemampuan membaca siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wardani, Intan Kusuma, Sri Lestari, and Melik Budiarti. "Analisis kesulitan membaca permulaan siswa kelas rendah." Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 2 (2020): 286-289.

Putri, Intan Annidya, Eka Wulandari, and Voni Napizah. "Peningkatan Kemampuan Membaca pada Siswa SDN 121/I Muara Singoan Kelas Rendah sebagai Bagian Integral dari Perkembangan Bahasa." Al-DYAS 2.3 (2023): 580-589.

Hasanah, Asratul, and Mai Sri Lena. "Analisis kemampuan membaca permulaan dan kesulitan yang dihadapi siswa sekolah dasar." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3.5 (2021): 3296-3307.

Kumullah, Rahmah, Ahmad Yulianto, and Ida Ida. "Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan 7.2 (2019): 36-42.

Rohim, Dhina Cahya, and Septina Rahmawati. "Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar." Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 6.3 (2020): 230-237.

AVANDI, IBNU. PROGRAM LITERASI SEKOLAH PEMANFAATAN MADING YANG TERINTEGRASI MATERI PELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BACA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 202 BENGKULU UTARA. Diss. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, 2023.

Sa’ud, Udin Syaefudin, Bachrudin Musthafa, and Labib Sajawandi. Model Pembelajaran Membaca Terpadu berbasis Sastra Anak untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Penerbit NEM, 2021.

Downloads

Published

2024-04-23

Most read articles by the same author(s)