ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSEP DIRI PESERTA DIDIK KELAS] X SMA N 1 PETARUKAN

Authors

  • Dwi Septi Anindya Putri Nindy Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fitriana Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Semarang
  • Farikha Wahyu Lestari Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13303

Keywords:

Kata Kunci: Konsep Diri, Circle Pergaulan , Peserta Didik

Abstract

Penelitian analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri peserta didik kelas X SMA N 1 Petarukan ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang belum mampu dan memahami diri sendiri, peserta didik masih takut jika ditanya oleh guru untuk sekedar memberikan pendapat, peserta didik yang kurang percaya diri dan peserta didik yang masih mengikuti keputusan teman apabila diberikan suatu kesempatan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam menggunakan pedoman wawancara semi terstruktur. Untuk mengetahui kredibilitas dari hasil penelitian, peneliti menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa faktor yang mempengaruhi konsep diri peserta didik yakni circle pergaulan yang toxic , koping individu yang belum mempunyai rasa percaya diri serta belum bisa memahami dan menerima diri sendiri, selain itu juga kurangnya komunikasi dalam keluarga dan faktor dari keberhasilan dan kegagalan yang membuat peserta didik mempunyai konsep diri negatif. Kata Kunci: Konsep Diri, Circle Pergaulan , Peserta Didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal (2015) . Metode Penelitian Kualitatif . Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Desmita. 2017 . Psikologi Perkembangan Peserta Didik.Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Hamdanah, H., & Surawan, S. (2022). Remaja dan dinamika: tinjauan psikologi dan pendidikan . Yogyakarta:K-Media.

Hartanti, J. (2018). Konsep Diri (Karakteristik berbagai Usia). Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Inge Hutagalung. 2007. Pengembangan Kepribadian Tinjuan Praktis Menuju Pribadi Positif. Jakarta : Indeks.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D) . Bandung :Alfabeta.

Jurnal :

Halida, H. (2014). Analisis Konsep Diri Mahasiswa Program Studi Pg-paud. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 9(2), 93

Sawiji, S., Putra, G. A., & Agustin, I. M. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(3), 615-622.

Downloads

Published

2024-04-22