EVALUASI KOMPETENSI GURU PENGGERAK DALAM MEWUJUDKAN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13373Abstract
Dalam penelitian ini membahas mengenai evaluasi kompetensi guru penggerak dalam mewujudkan kepemimpinan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan studi literatur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi kompetensi guru penggerak dalam mewujudkan kepemimpinan pembelajaran. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Guru penggerak merupakan salah satu agen perubahan, guru penggerak memiliki peran penting dalam mewujudkan kepemimpinan belajar serta berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan membangun komunitas praktisi yang efektif. Beberapa peran penting guru penggerak adalah Meningkatkan kualitas kepemimpinan peserta didik, Membangun komunitas praktisi, Mewujudkan kepemimpinan murid, Menggerakkan komunitas belajar professional, Mewujudkan kepemimpinan belajar, serta Menggerakkan perubahan dalam ekosistem Pendidikan.Downloads
References
Ardiyan, L. A., Lubis, S. H. H., Rusdiman, A. A., Gultom, S. G., & Simaremare, A. S. (2022). Gambaran Kepemimpingan Pembelajaran Guru Penggerak. Syntax Idea, 4(6), 1000-1009.
Bafadal, M. R., Roesminingsih, E., & Sumbawati, M. S. (2022). Implementasi kepemimpinan pembelajaran untuk mewujudkan mutu sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(1), 77-86.
Damayanti, D., & Asbari, M. (2024). Guru Penggerak: Pengembangan Pendidikan melalui Kepemimpinan Guru. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 5-10.
D., Rokmanah, S., & Putri, C. H. (2023). Optimalisasi Guru Sebagai Pemimpin Pembelajaran Pada Program Guru Penggerak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1967-1972.
Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82-88.
Mansyur, A. R. (2022). Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak. Education and Learning Journal, 2(2), 101-109Tahajudin,
Rohman, M. F., Sudirman, S., Waluyo, U., Sumardi, L., & Fahruddin, F. (2023). Evaluasi Program Pendidikan Guru Penggerak di Kabupaten Lombok Utara NTB. Jurnal Paedagogy, 10(4), 1128-1137.
Samari, S. (2022). Pengaruh kompetensi guru penggerak dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 2(3), 163-169.
Sijabat, O. P., Manao, M. M., Situmorang, A. R., Hutauruk, A., & Panjaitan, S. (2022). Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 130-144.
Sodik, N., Oviyanti, F., & Afgani, M. W. (2021). Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Program Guru Penggerak: Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam. Al-Wijdãn Journal of Islamic Education Studies, 6(2), 136-149.
Tanama, Y. J., Bafadal, I., & Degeng, N. S. (2017, May). Pentingnya kepemimpinan pembelajaran di sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.
Yokoyama, Y., Nadeak, B., & Sihotang, H. (2023). Implementasi Kompetensi Guru Penggerak Dalam Menerapkan Merdeka Belajar SMK Di Tana Toraja. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(2), 187-200.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.