PEMANFAATAN STELLARIUM DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 3 SEMPUPendidikan adalah aspek utama yang menciptakan kepribadian seseorang dan dianggap sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dalam rangka men
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13653Keywords:
Stellarium, Minat Belajar, Pembelajaran IPAAbstract
Pendidikan adalah aspek utama yang menciptakan kepribadian seseorang dan dianggap sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dalam rangka menghasilkan manusia yang berilmu, beriman, dan berakhlakul karimah. Untuk menjalani pendidikan, minat belajar adalah hal yang penting dan dapat mempengaruhiproses pendidikan. Oleh karena itu, jika siswa kekurangan minat belajar, maka merekaakan kehilangam motivasi untuk belajar IPA, yang dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Minat belajar dari peserta didik di SMPN 3 Sempu ini sangatlah kurang,begitu juga dengan aspek sikap siswa terhadap pembelajaran yang sedang berlangsungdikelas. Tujuan dari penelitian ini adalah diharapkan peserta didik dapat memahami penggunaan Software Stellarium dan minat belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu Sumber data diperoleh dari hasil angket yangtelah diberikan kepada siswa kelas 7 SMPN 3 Sempu. Data dianalisis dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah melakukan observasi dan penelitian diperoleh hasil yaitu sebanyak 88,9% siswa menyukai pembelajaran menggunakan software Stellarium. 77,8% siswa mudah menavigasi dan menggunakan software Stellarium. 81,5% siswa mudah memahami materi dengan menggunakan software Stellarium. Selama kegiatan pembelajaran IPA materi Fisika memanfaatkan media Software Stellarium mampu menarik perhatian siswa dalam belajar. Selain itu siswa juga lebih tertarik untuk mempelajari astronomi dengan menggunakan mediapembelajaran Software Stellarium. Oleh karena itu, Software Stellarium secara signifikan dapat meningkatkan minat belajar siswa.Downloads
References
Acut, D. P., Latonio, R. A. C. 2021. Utilization of stellarium-based activity: Its effectiveness to the academic performance of Grade 11 STEM strand students. Journal of Physics: Conference Series, 1835(1): 1-6.
Azizah, L., & Witri, S. (2021). Peningkatan mutu pendidikan melalui penerapan total quality management dalam program akreditasi sekolah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD.1(1) : 69-78.
Deyana, P., Garov, K. (2021). DIGITAL TOOLS FOR STEM EDUCATION. Anniversary International Scientific Conference REMIA. 21- 28
Indayani, R., Wardani, D. N., Indrawati, I. 2019. MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA (ASAM, BASA, DAN GARAM). FKIP e-PROCEEDING. 4(1): 36-38.
Ismiyanti, N. 2020. Perancangan pembelajaran IPA menggunakan software videoscribe. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA. 1(2): 50-58.
Lafrate, G., Ramella, M. 2019. The mass of Jupiter. Nature. 50(1297): 458.
Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh media pembelajaran online dalam pemahaman dan minat belajar siswa pada konsep pelajaran fisika. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika. 6(2) : 248-251.
Mirnawati. 2020. Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. DIDAKTIKA. 9(1): 98-112.
Moleong, Lexy 1. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda
Pilendia, D. (2022). Stellarium sebagai Media Pembelajaran Fenomena Astronomi: Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(1) : 525-532.
Putra, I. P. O. P., Pujani, N. M., & Priyanka, L. M. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Gianyar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI). 6(1) : 79-89.
Putraga, H., & Setiawan, H. R. (2018). Stellarium & Google Earth-Simulasi Waktu Salat Dan Arah Kiblat. UMSU Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.