PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA LESAT (LUAS PERSEGI SATUAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 01 TAMAN KOTA MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14113Keywords:
Problem Based Learning, Media LESAT (Luas Persegi Satuan), Hasil BelajarAbstract
Faktor utama rendahnya hasil belajar Matematika disebabkan oleh media pembelajaran yang kurang inovatif dan menarik, sehingga kurangnya ketertarikan siswa mempelajari suatu materi. Berdasarakan hal tersebut, maka diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III. Subjek penelitian ini siswa kelas III yang berjumlah 27 siswa terdiri atas 18 laki-laki dan 9 perempuan. Objek penelitian adalah hasil belajar matematika materi luas persegi satuan. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantukan media LESAT (luas persegi satuan) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III. Hal ini diketahui dari persentase hasil belajar siswa di atas KKM pada pra siklus sebesar 67% atau 18 siswa, siklus I sebesar 81% atau 22 siswa, dan siklus II sebesar 96% atau 26 siswa, Sedangkan persentase siswa di bawah KKM pada pra siklus sebesar 33% atau 9 siswa, siklus I 19% atau 5 siswa, siklus II 4% atau 1 siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media LESAT (luas persegi satuan) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas III SDN 01 Taman Kota Madiun.Downloads
References
Abdul Majid. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Rosdakarya.
Delisle, R. (1997). How to use problem-based learning in the classroom. Alexandria: ASCD.
Hamalik, Oemar. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Haryati, S. (2017). Belajar & pembelajaran berbasis cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
Jailani, J., Sugiman, S., & Apino, E. (2017). Implementing the problem-based learning in order to improve the students’ HOTS and characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 247-259.
Kurniasih I, Sani B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44
Pahlawan, U., & Tambusaii, T. (2019). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Rizki Ananda 1. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–8.
Ruhyana. (2016). Analisis Kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal computech & Bisnis. Vol.10, 106-118
Sadiman Arif. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syudirman dkk. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Nilai Dengan Pendekatan Saintifik. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Taman Firdaus. (2012). Pembelajaran Aktif: Aspek, Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Elmatera
Warsono & Hariyanto. (2012).Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.