MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI KOMBINASI MEDIA CETAK DENGAN PERMAINAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II-A DI SDN KEDUNG BADAK 2
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14251Keywords:
Minat Belajar, Media Pembelajaran, Permainan dalam Pembelajaran, Matematika, Hasil BelajarAbstract
dipandang tidak menyenangkan bahkan menakutkan, hal tersebut lantas menjadikan pembelajaran matematika menjadi pembelajaran yang kurang diminati oleh peserta didik, termasuk peserta didik kelas II Sekolah dasar. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi dikelas IIA SDN Kedung Badak 2, yang sebagian besar peserta didiknya kurang meminati pembelajaran tersebut. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian Tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. pada proses pembelajaran siklus I persentase peningkatan minat belajar peserta didik mencapai 71,42%, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu menjadi 85,71%. Peningkatan presentase minat belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II sebesar 14,29%. Peningkatan minat ini dilihat dari meningkatnya hasil belajar peserta didikDownloads
References
Adnan, Mf., Sonang Siregar, P., & Rokania, S. (2020). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR (Vol. 4, Issue 2). https://jbasic.org/index.php/basicedu
Ayu Nurmala, D., Endah Tripalupi, L., & Suharsono, N. (2014). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI. In Tahun (Vol. 4, Issue 1).
Berpendidikan, M. G., Menuju, R., Berkemajuan, I., & Ulya, H. (n.d.). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA.
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020a). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020b). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Jurnal Formatif 2(1): 71-81. (n.d.).
Jurnal Formatif 3(2): 115-125. (n.d.).
Lestari, N., & Rizki Suryani, D. (2019). PENGGUNAAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 MERAUKE USING LEARNING MEDIA VARIATIONS TO IMPROVE MOTIVATION AND INTEREST IN LEARNING MATHEMATICS STUDENTS OF XI IPS 3 SMA NEGERI 2 MERAUKE. 1(2), 74–79. http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/mathematics
Muthohar, A. (n.d.). Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas (seri PPG 2021). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.12879.00162
Nugraheni, N. (2017). IMPLEMENTASI PERMAINAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Journal of Medives Journal of Mathematics Education IKIP, 1(2), 142–149. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika
Nurhana Friantini, R., & Winata, R. (n.d.). ANALISIS MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA.
Pendidikan, J., & Perkantoran, M. (2016). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes) (Vol. 1, Issue 1). http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000
Sutrisna Wibawa Bahan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Mata Pelajaran Bahasa Daerah, O. (n.d.). PENELITIAN TINDAKAN KELAS.
Weng, W., Smk, S., Paul, S., & Osman, K. (2018). Pembelajaran Berasaskan Permainan dalam Pendidikan Stem dan Penguasaan Kemahiran Abad Ke-21. In Politeknik & Kolej Komuniti Journal of Social Sciences and Humanities (Vol. 3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.