PENGARUH APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (SD AN-NAJIYAH SURABAYA)

Authors

  • Amaliatus Sholikhah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Irma Soraya Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.14631

Keywords:

Canva; Hasil Belajar; Media Pembelajaran; PAI

Abstract

Media  pembelajaran  sangatlah  diperlukan  oleh  guru  dalam  menunjang  dan  mendukung  suatu pengajaran  dalam  pendidikan.  Media  merupakan  alat  bantu  yang  digunakan  guru  dalam  mengajar,  selain menggunakan  buku  atau  metode  ceramah.  Guru  dapat  memanfaatkan  media  pembelajaran  berbasis teknologi   salah   satunya   ialah   aplikasi   Canva.   Canva   merupakan   aplikasi   berbasis   online   dengan menyediakan desain menarik berupa template, fitu-fitur, dan kategorikategori yang diberikan di dalamnya. Penelitian  Tindakan  Kelas  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pemanfaatan  aplikasi  Canva  sebagai  media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Tempat penelitian ini di SD An-Najiyah Surabaya  Kelas  VI B  Tahun  Pelajaran  2023/2024.  Di  Kelas  VI B SD An-Najiyah Surabaya,  dengan menggunakan  Canva sebagai media pembelajaran terlihat  jelas semangat belajar anak menjadi meningkat, anak bisa lebih fokus terhadap materi ajar sehingga hasil belajar menjadi meningkat hal ini terlihat dari nilai capaian  siswa  saat  melakukan  evaluasi  akhir  pembelajaran  ternyata  diatas  rata-rata  Kriteria  Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah diterapkan sebelumnya. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan aplikasi Canva  dapat  meningkatkan  hasil  prestasi  siswa  pada  mata  pelajaran  Pendidikan  Agama  Islam  (PAI)  di SD An-Najiyah Surabaya.  Hal  ini  dapat  dilihat  dari  Hasil  tes  menunjukkan  adanya  persentase  ketuntasan hasil belajar, yaitu pada Siklus I 62,5% dan meningkat pada siklus II 87,5%. Dengan memanfaatkan Canva sebagai media pembelajaran  siswa menjadi aktif,  kreatif dan  belajar menjadi menyenangkan, Ketrampilan menggunakan komputer dan teknologi informasi menjadi kebutuhan dalam mengembangkan diri guru dan pembelajarannya, pemanfaatan Canva meningkatkan motivasi belajar anak dan membangkitkan rasa ingin tahu  tentang banyak  hal,  memberikan  apresiasi  dan  inspirasi  untuk  dapat  berkreasi  sendiri  bagi  guru  dan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Miftah, M. 2014. Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatkan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN. Vol. 2(1), 95–105.

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. 2018. Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?.Jurnal WahanaPendidikan Fisika. Vol. 3(1), 44.

Pulungan, S. (2017). Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran PAI.Query: Journal of Information Systems,1(01)

Sartika, F., Desriwita, E., & Ritonga, M. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI di sekolah dan madrasah.

Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum,20(2), 115-128.Tafonao, Talizaro. 2018. Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 2(2), 104–105.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional TeknikElektronik dan Informatika. Vol. 7(2).

Downloads

Published

2025-06-14