UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIKAP LILIN DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI BANTUAN TEMAN PADA PESERTA DIDIK DI SDN SUKAMAJU KOTA SUMEDANG

Authors

  • Shiddiq Saeful Rohman Kampus Daerah Sumedang Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rizal Ahmad Fauzi Kampus Daerah Sumedang Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ridwan Maulana Sidik Kampus Daerah Sumedang Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dhani Daud Firmansyah Kampus Daerah Sumedang Universitas Pendidikan Indonesia
  • Amar Kampus Daerah Sumedang Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14841

Keywords:

Kata Kunci: Sikap Lilin, Penerapan,Teman Sebaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas penerapan metode bantuan teman sebaya dalam meningkatkan hasil belajar gerakan sikap lilin pada pembelajaran senam lantai di SDN Sukamaju Kota Sumedang. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi mengajar langsung dengan peserta didik dibagi dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu dan memberikan umpan balik. Hasil menunjukkan sekitar 70% peserta didik berhasil meningkatkan kemampuan mempraktikkan gerakan sikap lilin setelah menerapkan metode ini, dengan peningkatan signifikan dalam hasil belajar dan kepercayaan diri, sementara 30% lainnya masih mengalami kesulitan meskipun mendapat bantuan teman sebaya. Dapat disimpulkan bahwa metode bantuan teman sebaya efektif dalam meningkatkan hasil belajar sikap lilin, namun pendekatan tambahan atau modifikasi metode mungkin diperlukan untuk mengakomodasi kebutuhan peserta didik yang berbeda-beda, serta penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi keefektifan metode ini dan mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih komprehensif.     Kata Kunci: Sikap Lilin, Penerapan,Teman Sebaya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mahardika, Suara, Ayi Suherman, and Entan Saptani. 2009. “ProgramiiStudiiiPGSDiiPenjasiiUPIiiKampusiiSumedangiiJl.MayoriiAbdurachmaniiNo.Ii211iiSumedang.” 81–90.

Putra, Ezra, and Aditya Wardhana. 2016. “隐性胜任特征的显性化 乐国林 1 毛淑珍 2 (1、2.” Analisis Kesejahteraan Mustahiq Dan Non Mustahiq Perspektif Maqaashidus Syariah v(Syariah Economic, Zakat):1–7.

Flammer, Caroline, and Ioannis Ioannou. 2015. “済無No Title No Title No Title.” Brigham Young University 1(69):5–24.

Prahastiwi, Conny Mega, and Dwi Cahyo Kartiko. 2018. “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET ( Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Prambon Sidoarjo ).” Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan 06(02):331–34.

Adawiyah, Yayah Robiatul, and Lailatul Jennah. 2023. “Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Maharoh Kitabah Siswa Madrasah Aliyah.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9(2):778–84. doi: 10.31949/educatio.v9i2.5059.

)Dwi Agung Andhika, Aba Sandi Prayoga, and Kuncoro Darumoyo. 2022. “Meningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Sederhana.” Jurnal Porkes 5(1):57–65. doi: 10.29408/porkes.v5i1.5678.

Suci, Yayu Tresna. 2018. “Menelaah Teori Vygotsky Dan Interdepedensi Sosial Sebagai Landasan Teori Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Di Sekolah Dasar.” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 3(1):231–39. doi: 10.35568/naturalistic.v3i1.269.

Downloads

Published

2024-06-18