MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Authors

  • Berliana Siti Khodijah Universitas Negeri Surabaya
  • Hasan Subekti Universitas Negeri Surabaya
  • Umi Nur Hasanah SMPN 3 Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14846

Keywords:

Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Sekolah merupakan tempat proses belajar mengajar antara guru dan peserta didik. Peserta didik selalu disibukkan dengan kegiatan belajr mengajar dari pagi hingga sore sehingga mengakibatkan motivasi belajar peserta didik menurun. Peningkatkan motivasi belajar dapat dilakukan dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. Peningkatan motivasi belajar akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui peningkatakan motivasi dan hasil belajar peserta didik menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pengumpulan data melalui observasi dan tes tulis berupa pre test serta post test. Penelitian ini menemukan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan motivasi belajar secara signifikan sehingga mempengaruhi hasil belajarnya. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dimana pada pembelajaran pra siklus memperoleh presentase ketuntasan sebanyak 31%, kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 mengalami kenaikan sebanyak 62%. Dilakukan kembali tindakan lanjutan pada siklus 2 hingga mdncapai nilai ketuntasan sebanyak 91%. Sedangkan pada motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatkan dilihat dari hasil pengamatan pada kelima indikator motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahn, S., Hu, S. X., Damianou, A., Lawrence, N. D., & Dai, Z. (2019). Variational Information Distillation for Knowledge Transfer. 2019 IEEE/CVF Conference on Computer Vision and Pattern Recognition (CVPR), 9155–9163.

Arfandi. (2016). Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Lisan, 268.

Ferraris, A., Santoro, G., & Scuotto, V. (2020). Dual relational embeddedness and knowledge transfer in European multinational corporations and subsidiaries. Journal of Knowledge Management, 519–533.

Hidayah, N.A., Hambali, H., & Hasan. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 4 Pada Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Role Playing SMAN 3 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS), 203-214.

Lin, Y., Jia, Y., Alva, G., & Fang, G. (2018). Review on thermal conductivity enhancement, thermal properties and applications of phase change materials in thermal energy storage. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 2730–2742.

Nazir, H., Batool, M., Bolivar Osorio, F. J., Isaza-Ruiz, M., Xu, X., Vignarooban, K., Phelan, P., Inamuddin, & Kannan, A. M. (2019). Recent developments in phase change materials for energy storage applications: A review. International Journal of Heat and Mass Transfer, 491–523.

Novita Sarie, Fitria SD. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 4-7.

Sopianti Dewi. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Budaya Kelas XI Di SMAN 5 Garut. Journal of Music Education, 1–8.

Wu, S., Yan, T., Kuai, Z., & Pan, W. (2020). Thermal conductivity enhancement on phase change materials for thermal energy storage: A review. Energy Storage Materials, 251–295.

Yan, R., Shen, F., Sun, C., & Chen, X. (2020). Knowledge Transfer for Rotary Machine Fault Diagnosis. IEEE Sensors Journal, 8374–8393.

Downloads

Published

2024-06-11