PENGARUH GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA SMPN 12 MATARAM

Authors

  • Mira Ilmayani Hanapi Universitas Mataram
  • M. Azril Aziz Universitas Mataram
  • Nabila Jaohari Universitas Mataram
  • Neta Alivia Universitas Mataram
  • M. Arya Ramadana Universitas Mataram
  • Intan Dwina Rahma Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15061

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh gadget terhadap perkembangan kognitif siswa. Disamping itu juga, penelitian ini memberikan gambaran bagaimana pengaruh gadget terhadap emosional siswa yang ditimbulkan oleh penggunaan gadget terhadap anak usia SMP. Penelitian ini menggunaka pendekatan deskriptif kualitatif, dengan bentuk aktifitas penelitian yang sudah disusun secara sistematis dengan memperhatikan tahapan setiap kegiatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena maupun keadaan yang dirasakan oleh subjek penelitian dengan cara mendeskripsikannya dalam bentuk tulisan. Dari data yang diperoleh, pengaruh gadget terhadap perkembangan kognitif siswa SMPN 12 Mataram sangat terlihat (signifikan). Pengaruh ini dibagi menjadi 2 yaitu, pengaruh yang bersifat positif dan pengaruh yang bersifat negatif. Pengaruh positif diantaranya, minat belajar siswa yang memiliki rasa ingin tahu semakin meningkat, siswa lebih mudah paham terhadap istilah-iatilah asing yang dijelaskan gurunya, serta tugas yang diberikan oleh guru lebih cepat terselesaikan. Sedangkan pengaruh yang bersifat negatif diantaranya, menurunnya minat belajar siswa yang sudah pada tahap kecanduan, penurunan prestasi akademik, malas berfikir, tidak mengerjakan tugas, dan penurunan konsentrasi dan perhatian siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afidah, S. N., Fakhriyah, F., & Oktavianti, I. (2022). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA PERKEMBANGAN EMOSIONAL DAN KOGNITIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Handayani, 13(2). https://doi.org/10.24114/jh.v13i2.36544

Angmalisang, Y. S. A., Moningka, M. E. W., & Rumampuk, J. F. (2021). Hubungan Penggunaan Smartphone terhadap Ketajaman Penglihatan. Jurnal E-Biomedik, 9(1), 94–100. https://doi.org/10.35790/ebm.v9i1.31805

Bangsawan, I., Ridwan, R., & Fauziyah, N. (2022). PENGARUH GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1). https://doi.org/10.23960/jpa.v8n1.24067

Hariyanto, H., Jahiban, M., & Herianto, E. (2019). Strategi Guru PPKn Dalam Penguatan Karakter Siswa SMPN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(1). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v6i1.85

Harsela, F., & Qalbi, Z. (2020). Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak di TK Dharma Wanita Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 11(1).

Hudaya, A. (2018). PENGARUH GADGET TERHADAP SIKAP DISIPLIN DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86–97. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380

Ichsan, A. S. (2020). Pandemi Covid-19 dalam Telaah Kritis Sosiologi Pendidikan. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2).

Kirin, A., Wan Muhammed, N. K., Hamidi, A., & Putra, M. D. (2023). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP INSOMNIA DALAM KALANGAN PELAJAR UTHM PAGOH. E-Bangi Journal of Social Science and Humanities, 20(3). https://doi.org/10.17576/ebangi.2023.2003.10

Lamanila, S., Djafri, N., Abdul Razak, I., & Sumar, W. T. (2022). Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Student Journal of Educational Management. https://doi.org/10.37411/sjem.v2i2.1634

Merry, M., Abustang, P. B., Fatimah, W., & Satriawati, S. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(03), 257–265. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i03.623

Nafaida, R., , N., & , N. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 57–61. https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2807

Qadar R, T. M., Firdiyah, S., & Mucliyana, S. (2020). Dampak Penggunaan Smartphone Dalam Perkembangan Kognitif Siswa Kelas V SDI Darul Huda. CICES, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.33050/cices.v6i2.1154

Rimayati, E., Handayani, D. A. K., Sayekti, S., & Redjeki, S. (2021). Efektivitas Peran Keluarga Dalam Perkembangan Teknologi Digital. Manggali, 1(1), 29. https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1546

Sofiana, S. N. A., Fakhriyah, F. F., & Oktavianti, I. oktavianti. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional dan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Gender and Society Journal, 3(2), 53–59. https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50414

Wulandari, S., Reski, S. M., Nasution, Y. A., & Lubis, A. (2021). PENGARUH GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2), 260–264. https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.6939

Zakiyuddin, Z., Reynaldi, F., Luthfi, F., Sriwahyuni, S., & Ilhamsyah, F. (2020). Dampak Gadget pada Anak Usia Remaja di SMP Negeri 02 Meureubo Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 161–169. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.1978

Downloads

Published

2024-06-26