PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS II SDN 01 MANISREJO

Authors

  • Ardista Octaviana Universitas PGRI Madiun
  • Rissa Prima Kurniawati Universitas PGRI Madiun
  • Setyati Chasanah SDN 01 Manisrejo Madiun

Keywords:

Hasil belajar pendidikan pancasila, Problem Based Learning (PBL), puzzle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media puzzle. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Dilaksanakan dalam 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SDN 01 Manisrejo Madiun sebanyak 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada presentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I 61% meningkat pada siklus II menjadi 89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila siswa II SDN 01 Manisrejo Madiun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia Viorista Putri, Shofie Aisya, Andhika Putri Naufal, Kun Hisnan Hajron, & Ari Suryawan. (2022). Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa SD Negeri 2 Gandulan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1602-1609.

Ani Sulianti, Y.E. (2020). Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 54-65.

Aniza, N., Dewi Maharani, S., & Gandi, I. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas III. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 8(2), 79.

Devi N. M. I. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3 (3), 416-426.

Kartini, D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 113-118.

Kusuma, Y. Y. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas III Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 4 (4), 1460-1467.

Lathifah Aulia Sari, U. K. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle di Kelas I Amanah SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 560-566.

Putri, S. A., Destiniar, & Sunedi. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 100 Palmebang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1783-1789.

Rohyana Felisa Utami, P. D. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning melalui Media Puzzle Sipeling dalam Peningkatan Hasil Belajar pada Kompetensi Peduli Lingkungan Siswa Kelas II SD Negeri Lemberang. Madani : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 144-148.

Sulistiyawati, E. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Gotong Royong Menggunakan Model PBL Berbantuan Media Game PuzzlePada Siswa Fase A Kelas II SDN 034 Tarakan. SEMNASPA: PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN AGAMA, 548-565.

Vanda Rezania, Z. F. (2023). Problem Based Learning: Gambaran Umum tentang Proses dan Dampaknya terhadap Pembelajaran. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 2, 832-840.

Zaqiyatul Muna, F. N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Problem Based LearningBerbantuan Media PuzzleKelas I SD Negeri Muktiharjo Kidul 03 Semarang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3 (3), 3421-3436.

Downloads

Published

2024-09-30

Most read articles by the same author(s)