PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN POPPING MOUNTAIN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD N SUKOSARI 01
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18133Keywords:
Proyek, Media Pembelajaran, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa kelas V di SD N Sukosari 01 melalui model pembelajaran berbasis proyek berbantuan media pembelajaran pooping mountain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian ini seluruh siswa kelas V sebanyak 5 siswa. Obyek penelitian adalah motivasi belajar mahasiswa pada mata pelajaran Pengenalan Lingkungan Hidup (PLH). Metode analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi wawancara pada beberapa siswa di SD N Sukosari 01 ditemukan berbagai permasalahan diantaranya : (1) terdapat beberapa siswa yang kurang menyukai mata pelajaran PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) (2) rendahnya motivasi belajar pada siswa kelas V tentang PLH (3) Belum adanya pembelajaran berbasis proyek pada kelas V di SD N Sukosari 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pooping mountain dapat meningkatan motivasi belajar siswa kelas V di SD N Sukosari 01. Hasil penelitian tersebut dilakukan uji kriteria motivasi belajar pada siklus I dan siklus II. Hasil uji kriteria siklus I terdapat 2 siswa dengan kriteria cukup tinggi 40% dan 3 siswa dengan kriteria rendah 60%. Sedangkan pada hasil uji motivasi belajar siklus II terdapat 1 siswa dengan kriteria tinggi sebesar 20% dan 4 siswa dengan kriteria sangat tinggi sebesar 80%.Downloads
References
Arikunto. (2021). Penelitian Tindak Kelas (Edisi Revisi). Bumi Aksara.
Ariyanti, P., Martini, K. S., & S, W. A. E. (2015). Penerapan Problem Based Learnıng (PBL) Dengan Penılaıan Portofolıo Untuk Menıngkatkan Keaktıfan Dan Prestası Belajar Pada Materı Stoıkıometrı Di SMAN 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013 / 2014. 4(3), 1–9.
Khasanah, I. N., Parmiti, D. P., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan Media Monopoli Dengan Model Hannafin Dan Peck Mata Pelajaran Ips Di Sd Mutiara Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 203–211.
Laila, A., & Sutrisno, S. (2016). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Pemanfaatan Barang-Barang Bekas Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. 1, 1–15.
Nurani, E., Rosidah, L., & Maryani, K. (2022). Penggunaan Media Bahan Daur Ulang dalam Proses Pembelajaran pada Anak Usia 5-6 Tahun. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 34(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/parameter.341.01
Sari, L. Y., & Susanti, D. (2016). Effectiveness Test Of Learning Media Interactive Oriented Construktivism In Neurulasi Topic To Animal Development Subject Uji Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Konstruktivisme Pada Materi Neurulasi Untuk Perkuliahan Perkembangan Hewan. Ejournal STKIP PGRI, II(1), 158–164.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.
Suswanti, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127–136. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.444
Suwastika, I. W. K. (2018). Pengaruh E-Learning sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 13(1), 1–5. https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/185
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.