PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Meidiana Utami Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Yusuf Universitas Negeri Surabaya
  • Ndurrotun Nafiah SMKN 7 Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.19323

Keywords:

Pembelajaran kooperatif, Kuis Kelompok, Hasil belajar, Intervensi pelayanan, Pekerja sosial

Abstract

Tujuan dari studi ini yakni untuk memajukan prestasi akademik siswa kelas XI Pekerjaan Sosial 3 tentang pembelajaran intervensi pelayanan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jenis kuis kelompok. Dalam studi ini, digunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang didasarkan pada model Kurt Lewin, yang terdiri dari dua siklus dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Studi ini melibatkan 32 siswa di kelas XI Pekerjaan Sosial 3 SMKN 7 Surakarta. Tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Kemudian, data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran team quiz mendorong kerja tim, tanggung jawab, dan antusiasme siswa untuk belajar, sehingga model pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 66,56 sebelum siklus menjadi 88,43 dengan ketuntasan belajar 91%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprizan., Ikhsan, M.P., dan Sundahry. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Klaten: Lakeisha.

Healy, L. M. (2014). International Social Work: Professional Action in an Interdependent World. Oxford University Press.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K.A. (2014). Cooperative learning: Improving University Instruction By Basing Practice on Validated Theory. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3-4), 85-118.

Kharisma, N., Siti, A., dan Siti, I. (2023). Metode team quiz untuk meningkatkan hasil belajar anatomi fisiologi, 3(1), 72- 78.

Pahleviannur, M.R., Saringatun, M., Hari, M., Vidriana, O.B., Muhammad. R., Muhammad, S., Nashrudin, L., Ema, B.P., Khurotul, A., Zakaria., dan Hidayati. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Parnayathi, I. G. A. S. (2020). Penggunaan metode pembelajaran team quiz sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar IPA. Journal of Education Action Research, 4(4), 473-480.

Slavin, R. E. (2014). Cooperative learning and Academic Achievement: Why Does Groupwork Work? Anales de PsicologĂ­a, 30(3), 785-791.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning in Elementary Schools. Education 3- 13, 43(1), 5-12.

Suardana, K. S., I N Natajaya., dan Ni K Widiartini. (2018). Pengembangan model cooperative learningtipe analogi setting sistem ngayah dengan asesmen portofolio bentuk formatif untuk siswa kelas x teknik mesin, 8(1), 12-23.

Wicaksono, I., Jatmiko, B., dan Prastowo, I. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model learning cycle 5e untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 4(2), 518-524.

Zastrow, C. (2016). Introduction to Social Work and Social Welfare: Empowering People. Cengage Learning.

Downloads

Published

2024-09-30