MANAJEMEN SARANA-PRASARANA EKSTRAKURIKULER BROADCASTING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DI MA MA’ARIF PUTER KEMBANGBAHU LAMONGAN

Authors

  • Sukma Ayu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nur Maulidiyah Sa’ada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Hasmiani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Zainal Arifin Ahmad UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20010

Keywords:

Manajemen Sarana Pasarana, Ekstrakurikuler Broadcasting, Keterampilan Komunikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam bagaimana manajemen sarana dan prasarana ekstrakurikuler broadcasting dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa di MA Ma’arif Puter Kembangbahu Lamongan. Metode penelitian kualitatif dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Manajemen sarana prasarana ekstrakurikuler broadcasting di MA Ma’arif Puter Lamongan telah dilakukan secara sistematis dengan perencanaan, pengadaan, pemanfaatan, perawatan rutin dan pengawasan berkala. Kegiatan broadcasting di MA Ma''arif Puter membantu siswa percaya diri, menguasai teknik berkomunikasi verbal dan non-verbal serta mampu keterampilan menanggapi dan berpikir kritis. Namun, terdapat kendala seperti anggaran yang terbatas, keterbatasan sumber daya manusia, serta keterbatasan durasi pelatihan. Berdasarkan penelitian ini, dapat diketahui bahwa manajemen sarana prasarana ekstrakurikuler broadcastingdi madrasah ini berimplikasi terhadap meningkatnya keterampilan komunikasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, R. Z. (2023). Manajemen

Kegiatan Ekstrakurikuler dalam

Peningkatan Skill Peserta

Didik. Journal of Islamic

Education Leadership, 3(1),

51–68.

https://doi.org/10.30984/jmpi.v3i1.453

Dewi, E. R. (2022). Implementasi

Model Pembelajaran Two Stay

Two Stray (TSTS) Berbasis

Peta Konsep Sebagai Upaya

Meningkatkan Keterampilan

Komunikasi Mahasiswa. Jurnal

Riset Pendidikan Dasar, 5(2),

161–173.

Ernawati, A., Patriantoro, T. H.,

Yulianto, L., Astuti, E. Z.,

Prasongko, A. B., & Oktavianto,

D. (2024). Peningkatan

Keterampilan Menulis Naskah

Jurnalistik Radio melalui

Pelatihan Berbasis Partisipatif

pada Siswa-Siswi SMA Negeri

5 Kota Semarang. Jurnal

Abdidas, 5(1), 16–25.

https://doi.org/10.31004/abdida

s.v5i1.885

Faiz Fahrullah, Hunainah, & Budi

Sudrajat. (2022). Analysis of

Public Speaking and

Conversation Activities in

Improving Students’ Verbal

Communication Skills at the

Darel Azhar Islamic Boarding

School Rangkasbitung Lebak.

Formosa Journal of

Sustainable Research, 1(6), 769–786.

https://doi.org/10.55927/fjsr.v1i

6.1770

Fathurrochman, I., Endang, E.,

Bastian, D., Ameliya, M., &

Suryani, A. (2021). Strategi

Pemasaran Jasa Pendidikan

Dalam Meningkatkan Nilai Jual

Madrasah Aliyah Riyadus

Sholihin Musirawas. Jurnal

Isema : Islamic Educational

Management, 6(1), 1–12.

https://doi.org/10.15575/isema.

v6i1.9471

Fitriah, P. I., Yulianto, B., & Asmarani,

R. (2020). Meningkatkan

Keterampilan Komunikasi

Siswa Melalui Penerapan

Metode Everyone Is A Teacher

Here. Journal of Education

Action Research, 4(4), 546.

https://doi.org/10.23887/jear.v4

i4.28925

Hanafi, A., Ulfatin, N., & Zulkarnain,

W. (2020a). Manajemen

Kegiatan Ekstrakurikuler

Broadcasting Dalam

Meningkatkan Kreativitas

Peserta Didik. Jurnal

Administrasi dan Manajemen

Pendidikan, 3(1), 52–60.

https://doi.org/10.17977/um02

7v3i12020p52

Hanafi, A., Ulfatin, N., & Zulkarnain,

W. (2020b). Manajemen

Kegiatan Ekstrakurikuler

Broadcasting Dalam

Meningkatkan Kreativitas

Peserta Didik. Jurnal

Administrasi Dan Manajemen

Pendidikan, 3(1), 52–60.

https://doi.org/10.17977/um02

7v3i12020p52

Haryanti, A., & Suwarma, I. R. (2018).

Profil Keterampilan Komunikasi

Siswa Smp Dalam

Pembelajaran Ipa Berbasis

Stem. WaPFi (Wahana

Pendidikan Fisika), 3(1), 49.

https://doi.org/10.17509/wapfi.

v3i1.10940

Indarti, A. (2017). Manajemen

Kegiatan Ekstrakurikuler

Broadcasting Di SMK Negeri 1

Magelang. Jurnal Hanata

Widya, 6(5), 78–89.

Marfuah. (2017). Meningkatkan

Keterampilan Komunikasi

Peserta Didik melalui Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe

Jigsaw. JPIS Jurnal Pendidikan

Ilmu Sosial, 26(2), 148–160Miles, M. B., & Huberman, A. M.

(1994). Qualitative Data

Analysis: An Expanded

Sourcebook (2nd ed., pp. 51–

57). Sage Publications.

Munawaroh, S., & Wiranata, Rz. R. S.

(2020). Upaya Sekolah Dalam

Meningkatkan Prestasi Non

Akademik Siswa Melalui

Manajemen Sarana Prasarana

Di SMP Muhammadiyah

Boarding School Pleret. ALFAHIM: Jurnal Manajemen

Pendidikan Islam, 02(02), 98–

121.

Nasution, N. A., & Marpaung, S. F.

(2023). Strategi Kepala

Madrasah Dalam Optimalisasi

Sarana Prasarana di Madrasah

Aliyah. Munaddhomah: Jurnal

Manajemen Pendidikan Islam,

4(2), 317–329.

https://doi.org/10.31538/muna

ddhomah.v4i2.426

Nurharirah, S., & Effane, A. (2022).

Hambatan dan Solusi dalam

Manajemen Sarana dan

Prasarana Pendidikan.

Karimah Tauhid, 1(2), 219–

225.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan

Kebudayaan Republik

Indonesia Nomor 62 Tahun

2014 Tentang Kegiatan

Ekstrakurikuler Pada

Pendidikan Dasar Dan

Menengah.

Pratiwi, E. A., Witono, A. H., & Jaelani,

A. K. (2022). Keterampilan

Komunikasi Siswa Kelas V

SDN 32 Cakranegara

Kecamatan Sandubaya Kota

Mataram Tahun Ajaran

2021/2022. Jurnal Ilmiah

Profesi Pendidikan, 7(3b),

1639–1646.

https://doi.org/10.29303/jipp.v7

i3b.832

Rahman, Y. A. (2020). Konsep Dan

Penerapan Fungsi Manajemen

Pendidikan. TSAQOFAH,

JURNAL: Pendidikan Islam,

4(1), 1–17.

Reka, W., Burhanuddin, B., &

Sunandar, A. (2020).

Pembinaan Potensi

Kepemimpinan Siswa Melalui

Layanan Ekstrakurikuler.

Jurnal Administrasi dan

Manajemen Pendidikan, 3(3),

199–207.

https://doi.org/10.17977/um02

7v3i32020p199Safitri, M., Arifin, S., & Wathoni, L. M.

N. (2023). Strategi

Meningkatkan Keterampilan

Komunikasi Siswa dalam

Pembelajaran Pendidikan

Agama Islam di SMK Negeri 1

Praya. MANAZHIM, 5(2), 607–

627.

https://doi.org/10.36088/manaz

him.v5i2.3300

Sakinah, N. S., Nurmeta, I. K., &

Maula, L. H. (2024). Analisis

Kemampuan Komunikasi

Siswa dalam Ekstrakurikuler

Drumband di Sekolah Dasar.

Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah

Guru, 9(3), 1242–1250.

https://doi.org/10.51169/idegur

u.v9i3.1015

Saputra, A. L. G., & Sriyanto, A.

(2021). Teori Manajemen

Sarana Prasarana. JMPI:

Jurnal Manajemen Pendidikan

Islam, 1(1).

Sinta, I. M. (2019). Manajemen

Sarana dan Prasarana. Jurnal

Isema : Islamic Educational

Management, 4(1), 77–92.

https://doi.org/10.15575/isema.

v3i2.5645

Sonia, N. R. (2021). Implementasi

Manajemen Sarana Prasarana

Pendidikan di Madrasah Aliyah

Swasta. JIEMAN: Journal of

Islamic Educational

Management, 3(2), 237–256.

https://doi.org/10.35719/jieman

.v3i2.95

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian:

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D

(23rd ed., p. 8). Alfabeta.

Sunan Sukmanagara & Lukman

Hakim. (2023). Manajemen

Ekstrakurikuler Dalam

Meningkatkan Minat Bakat

Peserta Didik (Studi Kasus Di

SMA Insan Kamil Tartila,

Tangerang). Jurnal Ilmiah

Research And Development

Student, 1(2), 44–54.

https://doi.org/10.59024/jis.v1i

2.316

Sutisna, N. W., & Effane, A. (2022).

Fungsi Manajemen Sarana dan

Prasarana. Karimah Tauhid,

1(2), 226–233.

Downloads

Published

2024-12-30