MANAJEMEN SARANA-PRASARANA EKSTRAKURIKULER BROADCASTING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DI MA MA’ARIF PUTER KEMBANGBAHU LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20010Keywords:
Manajemen Sarana Pasarana, Ekstrakurikuler Broadcasting, Keterampilan KomunikasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam bagaimana manajemen sarana dan prasarana ekstrakurikuler broadcasting dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa di MA Ma’arif Puter Kembangbahu Lamongan. Metode penelitian kualitatif dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Manajemen sarana prasarana ekstrakurikuler broadcasting di MA Ma’arif Puter Lamongan telah dilakukan secara sistematis dengan perencanaan, pengadaan, pemanfaatan, perawatan rutin dan pengawasan berkala. Kegiatan broadcasting di MA Ma''arif Puter membantu siswa percaya diri, menguasai teknik berkomunikasi verbal dan non-verbal serta mampu keterampilan menanggapi dan berpikir kritis. Namun, terdapat kendala seperti anggaran yang terbatas, keterbatasan sumber daya manusia, serta keterbatasan durasi pelatihan. Berdasarkan penelitian ini, dapat diketahui bahwa manajemen sarana prasarana ekstrakurikuler broadcastingdi madrasah ini berimplikasi terhadap meningkatnya keterampilan komunikasi siswa.Downloads
References
Amanda, R. Z. (2023). Manajemen
Kegiatan Ekstrakurikuler dalam
Peningkatan Skill Peserta
Didik. Journal of Islamic
Education Leadership, 3(1),
51–68.
https://doi.org/10.30984/jmpi.v3i1.453
Dewi, E. R. (2022). Implementasi
Model Pembelajaran Two Stay
Two Stray (TSTS) Berbasis
Peta Konsep Sebagai Upaya
Meningkatkan Keterampilan
Komunikasi Mahasiswa. Jurnal
Riset Pendidikan Dasar, 5(2),
161–173.
Ernawati, A., Patriantoro, T. H.,
Yulianto, L., Astuti, E. Z.,
Prasongko, A. B., & Oktavianto,
D. (2024). Peningkatan
Keterampilan Menulis Naskah
Jurnalistik Radio melalui
Pelatihan Berbasis Partisipatif
pada Siswa-Siswi SMA Negeri
5 Kota Semarang. Jurnal
Abdidas, 5(1), 16–25.
https://doi.org/10.31004/abdida
s.v5i1.885
Faiz Fahrullah, Hunainah, & Budi
Sudrajat. (2022). Analysis of
Public Speaking and
Conversation Activities in
Improving Students’ Verbal
Communication Skills at the
Darel Azhar Islamic Boarding
School Rangkasbitung Lebak.
Formosa Journal of
Sustainable Research, 1(6), 769–786.
https://doi.org/10.55927/fjsr.v1i
6.1770
Fathurrochman, I., Endang, E.,
Bastian, D., Ameliya, M., &
Suryani, A. (2021). Strategi
Pemasaran Jasa Pendidikan
Dalam Meningkatkan Nilai Jual
Madrasah Aliyah Riyadus
Sholihin Musirawas. Jurnal
Isema : Islamic Educational
Management, 6(1), 1–12.
https://doi.org/10.15575/isema.
v6i1.9471
Fitriah, P. I., Yulianto, B., & Asmarani,
R. (2020). Meningkatkan
Keterampilan Komunikasi
Siswa Melalui Penerapan
Metode Everyone Is A Teacher
Here. Journal of Education
Action Research, 4(4), 546.
https://doi.org/10.23887/jear.v4
i4.28925
Hanafi, A., Ulfatin, N., & Zulkarnain,
W. (2020a). Manajemen
Kegiatan Ekstrakurikuler
Broadcasting Dalam
Meningkatkan Kreativitas
Peserta Didik. Jurnal
Administrasi dan Manajemen
Pendidikan, 3(1), 52–60.
https://doi.org/10.17977/um02
7v3i12020p52
Hanafi, A., Ulfatin, N., & Zulkarnain,
W. (2020b). Manajemen
Kegiatan Ekstrakurikuler
Broadcasting Dalam
Meningkatkan Kreativitas
Peserta Didik. Jurnal
Administrasi Dan Manajemen
Pendidikan, 3(1), 52–60.
https://doi.org/10.17977/um02
7v3i12020p52
Haryanti, A., & Suwarma, I. R. (2018).
Profil Keterampilan Komunikasi
Siswa Smp Dalam
Pembelajaran Ipa Berbasis
Stem. WaPFi (Wahana
Pendidikan Fisika), 3(1), 49.
https://doi.org/10.17509/wapfi.
v3i1.10940
Indarti, A. (2017). Manajemen
Kegiatan Ekstrakurikuler
Broadcasting Di SMK Negeri 1
Magelang. Jurnal Hanata
Widya, 6(5), 78–89.
Marfuah. (2017). Meningkatkan
Keterampilan Komunikasi
Peserta Didik melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe
Jigsaw. JPIS Jurnal Pendidikan
Ilmu Sosial, 26(2), 148–160Miles, M. B., & Huberman, A. M.
(1994). Qualitative Data
Analysis: An Expanded
Sourcebook (2nd ed., pp. 51–
57). Sage Publications.
Munawaroh, S., & Wiranata, Rz. R. S.
(2020). Upaya Sekolah Dalam
Meningkatkan Prestasi Non
Akademik Siswa Melalui
Manajemen Sarana Prasarana
Di SMP Muhammadiyah
Boarding School Pleret. ALFAHIM: Jurnal Manajemen
Pendidikan Islam, 02(02), 98–
121.
Nasution, N. A., & Marpaung, S. F.
(2023). Strategi Kepala
Madrasah Dalam Optimalisasi
Sarana Prasarana di Madrasah
Aliyah. Munaddhomah: Jurnal
Manajemen Pendidikan Islam,
4(2), 317–329.
https://doi.org/10.31538/muna
ddhomah.v4i2.426
Nurharirah, S., & Effane, A. (2022).
Hambatan dan Solusi dalam
Manajemen Sarana dan
Prasarana Pendidikan.
Karimah Tauhid, 1(2), 219–
225.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan
Kebudayaan Republik
Indonesia Nomor 62 Tahun
2014 Tentang Kegiatan
Ekstrakurikuler Pada
Pendidikan Dasar Dan
Menengah.
Pratiwi, E. A., Witono, A. H., & Jaelani,
A. K. (2022). Keterampilan
Komunikasi Siswa Kelas V
SDN 32 Cakranegara
Kecamatan Sandubaya Kota
Mataram Tahun Ajaran
2021/2022. Jurnal Ilmiah
Profesi Pendidikan, 7(3b),
1639–1646.
https://doi.org/10.29303/jipp.v7
i3b.832
Rahman, Y. A. (2020). Konsep Dan
Penerapan Fungsi Manajemen
Pendidikan. TSAQOFAH,
JURNAL: Pendidikan Islam,
4(1), 1–17.
Reka, W., Burhanuddin, B., &
Sunandar, A. (2020).
Pembinaan Potensi
Kepemimpinan Siswa Melalui
Layanan Ekstrakurikuler.
Jurnal Administrasi dan
Manajemen Pendidikan, 3(3),
199–207.
https://doi.org/10.17977/um02
7v3i32020p199Safitri, M., Arifin, S., & Wathoni, L. M.
N. (2023). Strategi
Meningkatkan Keterampilan
Komunikasi Siswa dalam
Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMK Negeri 1
Praya. MANAZHIM, 5(2), 607–
627.
https://doi.org/10.36088/manaz
him.v5i2.3300
Sakinah, N. S., Nurmeta, I. K., &
Maula, L. H. (2024). Analisis
Kemampuan Komunikasi
Siswa dalam Ekstrakurikuler
Drumband di Sekolah Dasar.
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah
Guru, 9(3), 1242–1250.
https://doi.org/10.51169/idegur
u.v9i3.1015
Saputra, A. L. G., & Sriyanto, A.
(2021). Teori Manajemen
Sarana Prasarana. JMPI:
Jurnal Manajemen Pendidikan
Islam, 1(1).
Sinta, I. M. (2019). Manajemen
Sarana dan Prasarana. Jurnal
Isema : Islamic Educational
Management, 4(1), 77–92.
https://doi.org/10.15575/isema.
v3i2.5645
Sonia, N. R. (2021). Implementasi
Manajemen Sarana Prasarana
Pendidikan di Madrasah Aliyah
Swasta. JIEMAN: Journal of
Islamic Educational
Management, 3(2), 237–256.
https://doi.org/10.35719/jieman
.v3i2.95
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian:
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D
(23rd ed., p. 8). Alfabeta.
Sunan Sukmanagara & Lukman
Hakim. (2023). Manajemen
Ekstrakurikuler Dalam
Meningkatkan Minat Bakat
Peserta Didik (Studi Kasus Di
SMA Insan Kamil Tartila,
Tangerang). Jurnal Ilmiah
Research And Development
Student, 1(2), 44–54.
https://doi.org/10.59024/jis.v1i
2.316
Sutisna, N. W., & Effane, A. (2022).
Fungsi Manajemen Sarana dan
Prasarana. Karimah Tauhid,
1(2), 226–233.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.