ANALISIS PEMROSESAN BAHASA ANAK DI OTAK MENURUT TEORI

Authors

  • Vivi Ade Novri Yanty Napitu Vivi Universitas Jambi
  • Mei Nurcahyanti Mei Universitas Jambi
  • Kholil Fadli Fadli Universitas Jambi
  • Eko Kuntarto Eko Universitas Jambi
  • Muhammad Sholeh Sholeh Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.20087

Keywords:

Pemrosesan bahasa, Neurolinguistik, jaringan otak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme pemrosesan bahasa di otak manusia berdasarkan beberapa teori utama dalam bidang neurolinguistik. Bahasa merupakan aspek kompleks yang melibatkan struktur saraf dan kognitif tertentu, terutama dalam area-area yang dikenal sebagai area Broca dan Wernicke, yang berperan penting dalam produksi dan pemahaman bahasa. Penelitian ini mengkaji bagaimana teori-teori neurolinguistik seperti teori modularitas, teori konektivitas, dan teori proses paralel menjelaskan keterkaitan antara struktur otak dan fungsi linguistik. Dengan metode tinjauan pustaka, penelitian ini membandingkan hasil dari beberapa studi empiris yang menggunakan teknik neuroimaging untuk memetakan aktivitas otak selama pemrosesan bahasa. Temuan menunjukkan bahwa pemrosesan bahasa melibatkan jaringan kompleks dan koordinasi antara berbagai area otak, yang dapat berbeda pada setiap individu tergantung pada faktor-faktor seperti usia, pengalaman bahasa, dan kondisi neurokognitif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pemahaman tentang dasar neurologis dari kemampuan berbahasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alif Cahya Setiyadi dan Mohammad Syam’un Salim. 2013. Pemerolehan Bahasa Kedua Menurut Stephen Krashen, dalam Jurnal At-Ta’dib, No. 2, Vol. 8. Th.

Aninditya Sri Nughraheni. 2014. Bahasa Sebagai Akar Kepribadian, Yogyakarta: Lentera,

Arifuddin. 2010. Neuropsikolinguistik. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arifuddin. 2010. Neuropsikolinguistik. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Chear, Abdul, .2002. Psikolinguistik kajian Teori. Rineka Cipta: Jakarta,

Conny R. Semiawan.1999. Perkembangan dan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,

Ilhami, A. (2022). Implikasi Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 605-619.

Innovatio: Journal for Religious-Innovation Studies Vol. XVIII, No. 1, January-June 2018, p. 15-26. https://innovatio.pasca.uinjambi.ac.id/

Kuntarto, Eko, Aritonang, Hera, Apriliana, P. 2023. “Analisis Faktor Penghambat Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar: Eko.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 08(September): 3865–77.

Mahsun. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekat-an Teks. Kompas Edu.

Natsir, N. (2017). Hubungan psikolinguistik dalam pemerolehan dan pembelajaran bahasa. Jurnal Retorika, 10(1), 20-29.

Sastra, Gusdi. 2010. Neurolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: Alfabeta

Simanjuntak, Mangantar. 1990. Teori Linguistik Chomsky dan Teori Linguistik Wernicke. Kearah satu teori bahasa yang lebih sempurna. Jakarta: Radar Jaya Offset.

Simanjuntak, Mangantar. 2008. Diktat Linguistik. Bahasa. Pemerolehan Bahasa dan Gramatika Generatif. Program Studi Magister Linguistik USU.

Sujana, Ricky, Ade Kusmana, and Eko Kuntarto. 2023. “Peranan Gambar Sebagai Pajanan Bahasa Dalam Mempercepat Pemerolehan Bahasa Anak.” Jurnal Komposisi 5(2): 77.

Suralaga, F. (2021). Psikologi pendidikan: Implikasi dalam pembelajaran.

Tatat Hartati, Modul Pemerolehan dan Perkembangan Bahasa Pada Anak. http://file.upi.edu/direktori/dualmodes/pendidikan_bahasa_dan_sastra_indonesia_di_sekolah_dasar_kelas_rendah/bbm_ 2.pdf

Wijaya, H. (2018). Pendidikan Neurosains Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Masa Kini.

Downloads

Published

2025-09-06