ANALISIS PEMROSESAN BAHASA ANAK DI OTAK MENURUT TEORI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.20087Keywords:
Pemrosesan bahasa, Neurolinguistik, jaringan otakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme pemrosesan bahasa di otak manusia berdasarkan beberapa teori utama dalam bidang neurolinguistik. Bahasa merupakan aspek kompleks yang melibatkan struktur saraf dan kognitif tertentu, terutama dalam area-area yang dikenal sebagai area Broca dan Wernicke, yang berperan penting dalam produksi dan pemahaman bahasa. Penelitian ini mengkaji bagaimana teori-teori neurolinguistik seperti teori modularitas, teori konektivitas, dan teori proses paralel menjelaskan keterkaitan antara struktur otak dan fungsi linguistik. Dengan metode tinjauan pustaka, penelitian ini membandingkan hasil dari beberapa studi empiris yang menggunakan teknik neuroimaging untuk memetakan aktivitas otak selama pemrosesan bahasa. Temuan menunjukkan bahwa pemrosesan bahasa melibatkan jaringan kompleks dan koordinasi antara berbagai area otak, yang dapat berbeda pada setiap individu tergantung pada faktor-faktor seperti usia, pengalaman bahasa, dan kondisi neurokognitif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pemahaman tentang dasar neurologis dari kemampuan berbahasa.Downloads
References
Alif Cahya Setiyadi dan Mohammad Syam’un Salim. 2013. Pemerolehan Bahasa Kedua Menurut Stephen Krashen, dalam Jurnal At-Ta’dib, No. 2, Vol. 8. Th.
Aninditya Sri Nughraheni. 2014. Bahasa Sebagai Akar Kepribadian, Yogyakarta: Lentera,
Arifuddin. 2010. Neuropsikolinguistik. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arifuddin. 2010. Neuropsikolinguistik. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Chear, Abdul, .2002. Psikolinguistik kajian Teori. Rineka Cipta: Jakarta,
Conny R. Semiawan.1999. Perkembangan dan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,
Ilhami, A. (2022). Implikasi Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 605-619.
Innovatio: Journal for Religious-Innovation Studies Vol. XVIII, No. 1, January-June 2018, p. 15-26. https://innovatio.pasca.uinjambi.ac.id/
Kuntarto, Eko, Aritonang, Hera, Apriliana, P. 2023. “Analisis Faktor Penghambat Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar: Eko.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 08(September): 3865–77.
Mahsun. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekat-an Teks. Kompas Edu.
Natsir, N. (2017). Hubungan psikolinguistik dalam pemerolehan dan pembelajaran bahasa. Jurnal Retorika, 10(1), 20-29.
Sastra, Gusdi. 2010. Neurolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: Alfabeta
Simanjuntak, Mangantar. 1990. Teori Linguistik Chomsky dan Teori Linguistik Wernicke. Kearah satu teori bahasa yang lebih sempurna. Jakarta: Radar Jaya Offset.
Simanjuntak, Mangantar. 2008. Diktat Linguistik. Bahasa. Pemerolehan Bahasa dan Gramatika Generatif. Program Studi Magister Linguistik USU.
Sujana, Ricky, Ade Kusmana, and Eko Kuntarto. 2023. “Peranan Gambar Sebagai Pajanan Bahasa Dalam Mempercepat Pemerolehan Bahasa Anak.” Jurnal Komposisi 5(2): 77.
Suralaga, F. (2021). Psikologi pendidikan: Implikasi dalam pembelajaran.
Tatat Hartati, Modul Pemerolehan dan Perkembangan Bahasa Pada Anak. http://file.upi.edu/direktori/dualmodes/pendidikan_bahasa_dan_sastra_indonesia_di_sekolah_dasar_kelas_rendah/bbm_ 2.pdf
Wijaya, H. (2018). Pendidikan Neurosains Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Masa Kini.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.