ANALISIS KURANGNYA MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN MARENGAN DAYA III
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20561Keywords:
Interest in Learning, Learning Difficulties, StudentsAbstract
Minat belajar siswa itu sangat penting bagi guru karena dengan meningkatnya minat belajar siswa itu bisa mempermudah guru dalam mengajarkan sebuah pelajaran pada siswa. Akan tetapi, pada saat proses pembelajaran tidak menutup kemungkinan dengan adanya siswa yang mengaalami kesulitan dalam proses pembelajaran, sehingga siswa yang mengalami kesulitan belajar sering ditandai dengan orang bodoh oleh orang yang ada di sekitarnya. Pada usia sekolah dasar, kesulitan belajar yang sering ditemui diantaranya adalah kesulitan dalam membaca, menulis, dan menghitung. Siswa yang mengalami kesulitan belajar akan berdampak pada hasil belajar yang rendah. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif, sehingga pada penelitian ini, peneliti melakukan studi lapangan berupa studi kasus yang di lakukan di SDN Marengan Daya III pada kelas 4. Pada pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil observasi dan wawancara. Dari hasil observasi dan wawancara tersebut dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar itu terjadi karena kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya. Rata-rata siswa yang ada di SDN Marengan Daya III ketika belajar siswanya hanya belajar di sekolah saja, ketika di rumah siswanya hanya bermain saja.Downloads
References
Bolourian, Yasamine, and Jan Blacher. 2018. “Comorbid Behavior Problems Among Youth With Intellectual and Developmental Disabilities: A Developmental Focus.” International Review of Research in Developmental Disabilities 55 (January): 181–212. https://doi.org/10.1016/BS.IRRDD.2018.08.004.
Cahyono, Hadi. 2019. “Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 7(1):1–4.
Fatah, M. Suud, FM. Toriqul Chaer, M. (2021). “JENIS-JENIS KESULITAN BELAJAR DAN FAKTOR PENYEBABNYA SEBUAH KAJIAN KOMPEREHENSIF PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH TEGAL”. Psycho Idea 19(01). 89-102.
Fauziah, Ni’matul. 2013. “Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Pada Siswa Kelas Xi Jurusan Keagamaan Di Man Tempel Sleman.” (1):10.
Hurlock, E. B. (Elizabeth Bergner), Istiwidayanti, Ridwan Max Sijabat, dan Soedjarwo. 2005. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga, Jakarta.
Idris, Ridwan. 2017. “Mengatasi Kesulitan Belajar Dengan Pendekatan Psikologi Kognitif.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 12(2):152–72.
Indriyanto, B. (2014). Mengkaji Revolusi Mental dalam Konteks Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 554-567.
Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, Dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini Dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Cet. XII; Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Mulyasa,E, Standar kompetensi Sertifikasi Guru,Cet. IV;Bandung;PT Remaja Rosdakarya,2009.
Munirah. (2018). ”Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa”. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(2). 111-121.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.