ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Suci Muharom Universitas Pendidikan Indonesia
  • Resti Yulianti
  • Annisa Nur Aeni
  • Sendi Fauzi Giwangsa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20587

Abstract

Kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN 212 Harapan, ditemukan beberapa permasalahan, seperti siswa yang kesulitan mengenal huruf, membentuk suku kata, dan membaca kata sederhana dengan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan dan solusi dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) diferensiasi produk pada siswa kelas 1. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara semi-terstruktur, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan membaca permulaan meliputi pengenalan huruf yang serupa (misalnya 'b' dan 'd'), kesalahan pelafalan fonem, serta kesulitan menggabungkan suku kata menjadi kata. Penelitian ini juga mengungkap efektivitas penggunaan LKPD dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa yang berdampak positif pada perkembangan akademik dan sosial mereka. Studi ini menekankan pentingnya intervensi dini dan metode pembelajaran yang terarah untuk memperkuat keterampilan membaca sebagai fondasi utama pembelajaran.   Kata Kunci: mendidik Membaca Permulaan, LKPD Diferensiasi Produk, Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-30