PENERAPAN BIG BOOK TEKS SEDERHANA BERBASIS MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS 2 SD NEGERI 1 PASURUHAN BANJARNEGARA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20589Keywords:
Big book, Cooperative Integrated Reading and Composition, Keterampilan Menulis PermulaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan bigbook berbasis model pembelajaran Cooperative Integrated reading and Composition (CIRC) dan keefektifan penerapan media pembelajaran big book terhadap keterampilan menulis permulaan pada materi teks sederhana siswa kelas II SDN 1 Pasuruhan Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu mixed method penggabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa wawancara, lembar observasi, dan hasil tes. Teknik analisis data kuantitatif diperoleh dari hasil tes dan data kualitatif diperoleh dari hasil lembar observasi. Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated reading and Composition (CIRC) terlaksana melalui lima tahapan yaitu orientasi, organisasi, pengenalan konsep, publikasi, dan penguatan dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan bigbook teks sederhana berbasis model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis teks sederhana dengan nilai rata-rata pretest sebesar 58,56 dan nilai rata-rata posttest sebesar 76,63. Nilai rata-rata keterampilan menulis teks sederhana mengalami peningkatan sebesar 18,07. Hal ini membuktikan bahwa penerapan bigbook teks sederhana berbasis model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis teks sederhana kelas II SDN 1 Pasuruhan Banjarnegara.Downloads
References
Agustini, A., & Fadliansyah, F. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SAMPEL KELAS II UPTD SDN CAMPOR 3 KECAMATAN GEGER KABUPATEN BANGKALAN. SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan).
Budianti, Y., & Rachmah Shani, A. (2022). MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR. In PEDAGOGIK: Vol. X (Issue 2).
Budiyanto, C., Hotimah, E., Al-Ihsan, S., Bandung, B., Persis, S., & Garut, R. (2022). PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI. Bale Aksara: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 03, 047–057.
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217.
Dewi, D. K., & Haryadi, H. (2022). Pengaruh Model CIRC terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Kelas IV SD. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 247–258.
Gustiana, I., Muftianti, A., Kunci, K., Deskripsi, M., & Kontekstual, P. (2022). PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA SD KELAS II SD DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR. Journal of Elementary Education, 5.
Hana Miranda, & Cholifa Tur Rosidah. (2024). PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF PADA SISWA SEKOLAH DASAR . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 265–270.
Maryana, S., & Sukmawati, W. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(4), 205-212.
Nurkhaliza, I., & Purwati, D. P. (2024). PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN E-BOOK MENULIS PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN MENULIS SISWA KELAS RENDAH. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9, 306–318.
Nurmahanani, I., & Mulyati, Y. (2022). Penerapan Model Sosiokognitif Berbantuan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9432–9439.
Ratnasari, D., & Adiwijaya, S. N. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Kelas II Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Journal of Integrated Elementary Education, 3(1), 87–97.
Rosmi, F., & Halimah, N. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Tegak Bersambung melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) pada Siswa Kelas 2.3 SD Lab School FIP UMJ.
Wiratama, N. A., Fatimah, I. D., & Widiyati, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3428–3434.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.