EFEKTIVITAS MEDIA MIPORAN (MYSTERY BOX DAN POP UP BOOK ATURAN) TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 3
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.20622Keywords:
Pancasila, media, aturan, sanksiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman peserta didik kelas 3 SDN Kuripan 1, Kabupaten Demak, terhadap istilah "aturan" dan "sanksi" dalam pelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan media MIPORAN (Mystery Box dan Pop Up Book Aturan). Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop Up Book membantu peserta didik memahami konsep aturan, namun kurang efektif dalam menjelaskan sanksi. Sebaliknya, media Mystery Box, yang mencakup latihan interaktif, meningkatkan antusiasme peserta didik dan memudahkan mereka mengingat materi pelajaran, sehingga lebih berhasil dalam memahami aturan dan sanksi. Media MIPORAN terbukti efektif membantu peserta didik yang kesulitan memahami konsep abstrak seperti aturan dan sanksi melalui kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar pengajaran di sekolah dasar dilengkapi dengan media pembelajaran yang lebih inovatif dan bervariasi untuk merangsang minat belajar peserta didik. Penggunaan media yang menarik dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan, efektif, dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik, sehingga proses pembelajaran lebih bermakna dan diterima dengan baik oleh peserta didik.Downloads
References
Ardianti, N. Kariadi, D. Mariana, D. (2024). Analisis Pemanfaatan Metode Role Playingpada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Meningkatkan Pengetahuan Sopan Santun Siswa Kelas III SDN 17 Singkawang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3).
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kleas Bagi guru dalam Pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22.
Erica. Sukmawarti. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN di SD. Journal Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(4).
Hasan, dkk (2021). Media Pembelajaran. Sukoharjo: Penerbit Tahta Media Group.
Tarasti, N., Wiji Lestari, L., Aeni, K., & Aulia Azizah, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas I Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2706 - 2717.
Utomo, P. Asvio, N. Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1 (4), 1-19.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.