ANALISIS KETERAMPILAN KOLABORASI MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG MATERI HUBUNGAN MAKHLUK HIDUP
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.20640Keywords:
Keterampilan kolaborasi, Media Wayang, Makhluk HidupAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan proses pembelajaran siswa dalam keterampilan kolaborasi menggunakan media wayang pada materi hubungan makhluk hidup di kelas III Sekolah Dasar, mendeskripsikan keterampilan kolaborasi menggunakan media wayang dan menjelaskan manfaat penggunaan media wayang dalam pembelajaran IPAS materi hubungan antar makhluk hidup. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III Sekolah Dasar. Subyek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas III Sekolah Dasar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini, bahwa proses pembelajaran materi hubungan makhluk hidup dengan media wayang dapat menjadikan keterampilan kolaborasi peserta didikDownloads
References
Almaidah Balqist, Tri Jalmo, & Berti Yolida. (2019). Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik,7(2),103–111.http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17287/12315
Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3066
Dhitasarifa, I., Yuliatun, A. D., & Savitri, E. N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Pada Materi Ekologi Di SMP Negeri 8 Semarang. Seminar Nasional IPA, 684–694. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/2358%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/download/2358/1842
Fuad Try Satrio Utomo. (2023). INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ERA DIGITAL DI SEKOLAH DASAR. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Indriyani, D., Desyandri, D., Fitria, Y., & Irdamurni, I. (2019). Perbedaan Model Children’S Learning in Science (Clis) Dan Model Scientific Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 627–633. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.216
Mawaddah, R., Triwoelandari, R., Irfani, F., Ibn, U., & Bogor, K. (2022). 1911-Article Text-8128-1-10-20220123. 8(1), 1–14.
Mawardi, Sunbanu, H. F., & Wardani, K. W. (2022). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Twostray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Nurhayati, S., Zarkasih Putro, K., dan Permainan Anak Usia Dini, B., Nur Hayati, S., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (2021). GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 4 Nomor 1, Mei 2021, BERMAIN DAN PERMAINAN ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Islam Usia Dini, 4 nomor 1, 1–13.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Salim Nahdi, D. (2019). Keterampilan Matematika Di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 133–140. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1386
Scoular, C., Duckworth, D., Heard, J., & Ramalingam, D. (2020). Collaboration: Skill Development Framework. Acer, 1(1), 1–19. www.acer.org
Suyitno, A. (2020). Growth of student mathematical creativity as part of 4C competence for entering the 21st century. Journal of Physics: Conference Series, 1567(2), 4–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022100
Tiyas, S. K. (2022). Media Wayang Kulit dalam Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 337. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65653
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan.
Yunus, M. R. K. (2023). Analisis Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas Xi Mia Sma Negeri 1 Barru Pada Model Pembelajaran Kooperatif Number Heads Together. Jurnal Biogenerasi, 8(1), 350–357. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i1.2228
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.