PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS NILAI PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN KELAS II DI SDN JATIBARANG 03 KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20869Keywords:
Pancasila, Media, Pop-up BookAbstract
Kurangnya media pembelajaran konkret untuk meningkatkan literasi budaya dan kewargaan di SDN Jatibarang 03 Kota Semarang mendasari peneliti untuk mengembangkan media pop-up book berbasis nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pop-up book berbasis nilai Pancasila meningkatkan literasi budaya dan kewargaan. Jenis penelitian ini adalah RnD (Research and Development) model dari Borg and Gall dengan melalui tahapan penelitiannya berupa (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain awal, (4) validasi desain, (5) revisi desain produk, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, dan (9) revisi produk final. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berhasil dikembangkan pop–up book yang sangat layak berdasarkan penilaian ahli materi (87,5%) dan ahli media (90%). Melalui paired sample t-Test diketahui bahwa media yang dikembangkan efektif meningkatkan literasi budaya dan kewargaan dengan sig (2-tailed) 0,000 < 0,005 dan 0,000 < 0,005, sedangkan pada uji N-Gain terjadi peningkatan dari 0,5700 menjadi 0,6467 termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa telah berhasil dikembangkan media pembelajaran pop-up book berbasis nilai Pancasila yang sangat layak dan efektif untuk meningkatkan literasi budaya dan kewargaan pesera didik kelas II di SDN Jatibarang 03, Kota Semarang.Downloads
References
Afriliani, M., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Implementasi Kesenian Sintren Melalui Literasi Budaya Dan Kewargaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 94-102. https://journal.politeknik-pratama.ac.id/index.php/Pendekar/article/view/575
Aurendinata, L. (2023). “Pembuatan Pop-Up Book Tata Surya sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa SD Negeri 27 Sago (Doctoral dissertation, Fakultas Bahasa dan Seni). Universitas Padang
Aurora, P. A. (2024, January). PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI BANGSA INDONESIA SERTA PERKEMBANGAN IDEOLOGI PANCASILA PADA MASA ORDE LAMA ORDE BARU DAN ERA REFORMASI. In Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains dan Teknologi (Vol. 4, No. 1). https://www.ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/3503
Dewi, E. R., & Tyas, D. N. (2024). Development of Sparkol Videoscribe-Based Animated Video Learning Media on the Subject of IPAS Material Changes in the Form of Substances. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(7), 3622-3632. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/7423
Lestari, I. D., Ratnasari, D., & Usman, U. (2022). Profil kemampuan literasi bahasa, literasi budaya dan kewargaan pada mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(3), 312-319. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/2299
Masyithoh, D., Bintari, D. P., & Pratiwi, D. M. (2021). Pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila pada remaja di era Society 5.0. Jurnal Sumbangsih, 2(1), 156-163. https://scholar.archive.org/work/7mv3rmzqwnhztnj4va3htqlps4/access/wayback/https://sumbangsih.lppm.unila.ac.id/index.php/jsh/article/download/48/46
Maulidya, T. H., Mulyono, A., Safitri, A. B., Dzahabiyyah, M., Rahmawati, R., & Nurrahmah, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(3), 200-208. http://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/5360
Ramopoly, I. H., & Baka, C. (2023). Pelatihan Pembuatan Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Calistung Bagi Guru UPT SDN 10 Rembon, Lembang Palesan, Kecamatan Rembon. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(12), 2980-2994. https://comserva.publikasiindonesia.id/index.php/comserva/article/view/703
Sari, E. D. W., Khosiyono, B. H. C., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PAZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1409-1421. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/11308
Sari, D. P. (2021). Efektivitas media pop up book terhadap keterampilan membaca siswa kelas II sekolah dasar. Lentera: Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1-7. https://journal.actual-insight.com/index.php/lentera/article/view/113
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.