KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Anisa Hidayati Anisa Universitas Jambi
  • Ahmad Hariandi Hariandi Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Silvina Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.21844

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Guru, Pembelajaran IPAS, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 36/I Kilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Lokasi penelitian berada di SD Negeri 36/I Kilangan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025. Subjek penelitian meliputi guru wali kelas IV, kepala sekolah, dan siswa kelas IV. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Validitas data diuji menggunakan triangulasi teknik dan sumber.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru wali kelas IV dalam pembelajaran IPAS secara keseluruhan tergolong baik. Hal ini terlihat dari beberapa indikator berikut: 1) Kemampuan guru memahami karakteristik pesertadidik, 2) Kemampuan guru dalam merancang pembelajaran IPAS, 3) Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran IPAS, 4) Kemampuan guru melakukan evaluasi pembelajaran IPAS, dan 5) Kemampuan guru dalam mengembangkan potensi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A. (2021). Pentingnya kompetensi pedagogik guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23-30

Faridah, S., & Saputra, R. I. (2024). Persepsi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sdn Kembang Habang 1 Kabupaten Tapin. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1), 110-119.

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Y. Novita (ed.); 1st ed., Issue April). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI

Hapsari, Y. D., Rahmawati, S. A., Sani, F. A., Baskoro, A. P., Lestari, R., & Nadia, S. (2023). Pengaruh metode pembelajaran praktek dan ceramah pada pembelajaran seni kelas III SD 6 BulungKulon. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 4(2), 137-145.

Indonesia, R. (2012). UU RI Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Kemendikbud.(2020). Buku-Pedoman-PKM-2020.

Lestari, P. D. J. P., Bahrozi, I., & Yuliana, I. (2023). Kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 153-160.

Ma’ruf, M. D., Yasin, Y., & Wahid, F. S. (2024). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8004-8012.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. (2007). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 24. Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Basicedu, 7(1), 603-611.

Sidiq, R., & Lukitoyo, P. S. (2019). Strategi Belajar Mengajar Sejarah: Menjadi Guru Sukses. Medan: Yayasan Kita Menulis

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Wanda, A., Shafira, F., Yanti, W., Khairiyah, R., & Sitompul, H. S. (2023). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 095550 Jl. Asahan Km. 4 Kabupaten Simalungun. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 246-262.

Downloads

Published

2025-05-29