PENGARUH PENERAPAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.22673Keywords:
Wordwall, Hasil belajar, Pembelajaran IPSAbstract
ABSTRAK Proses pembelajaran masih mencitai budaya lama sehingga esensi tujuan dari IPS masih kurang dipahami. Pemanfaatan media dalam pembelajaran kurang diterapkan sehingga membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interkatif berbasis wordwall terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen yaitu Pre-Experimental Design Type One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan di SDN 101765 Bandar Setia. Sampel kelas V-B berjumlah 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian rata-rata hasil pretes adalah 57,5 dan postest adalah 83,75. Hasil paired samples Correlations adalah 0.548 dan maka disimpulkan terdapat hubungan antara pretest dan postest yang erat. Hasil uji hipotesis yaitu besar signifikan (2-tailed) 0,000 yang berarti sig.(2- tailed)<0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterma. Dapat disimpulkan bahwa Ada perbedaan antara pembelajaran konvesional dan pembelajaran berbasis interaktif terhadap hasil belajar siswa pada suatu materi energi dan perubahannya. Kata Kunci: Wordwall, Hasil belajar, Pembelajaran IPSDownloads
References
Ahmad. (2014). Mengembangkan pembelajaran IPS Terpadu. Prestasi Pustaka.
Ainishifa, H., Bunari, & Suroyo. (2023). Pengaruh Media Interaktif Berbasis Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMA Negeri I KABUN. 8(September), 321–331.
Anisa, Y. (2022). Peran Channel Youtube Sebagai Media Alternatif untuk Membantu Proses Pembelajaran Matematika dan Media Informasi pada Tingkat Perguruan Tinggi. Jpmr, 07(01), 13–26. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Aswasulasikin, Hadi, Y. A., Septu, D., Suhirman, & Pujiani, S. (2021). Penggunaan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 96–110. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3828
Cahyani, N. L. P., & Jayanta, I. N. L. (2021). Digital Literacy-Based Learning Video on the Topic of Natural Resources and Technology for Grade IV Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.37918
Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689–3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079
Harefa, E., Afendi A, R., Karuru, Sulaeman, Wote, A., & Azizah Nur. (2024). Buku Ajar: Teori Belajar dan Pembelajaran (Sepriano & Efitra (Eds.); ke-1). PT. Sonpedia Puplishing Indonesia.
Hidayaty, A., Qurbaniah, M., & Setiadi, A. E. (2022). Pengaruh Media Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 1–10. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.51691
Larosa, S. fajar, Asmin, & Lubis, W. (2024). Development of learning videos through the problem-based learning model to improve learning outcomes and creativity of Grade V students. Inovasi Kurikulum, 21 No 2(2), 849–868. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jik.v21i2.68590 868
Nurena, S. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Nureva 1 , Siska Wulandari 2 1,2. Jurnal Iqra Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 15–27.
Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461
Praditia, P., Kartakusumah, B., & Bisri, H. (2020). Supervisi Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Ciawi Kabupaten Bogor. Tadbir Muwahhid, 4(2), 183. https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.3274
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15275
Ratnasari, D., Dhiya, H. R., Susanti, A., Pd, S., & Pd, M. B. I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris yang Menyenangkan. … Seminar Nasional Hasil …, 1243–1250. http://seminar.uad.ac.id/index.php/semhasmengajar/article/view/10848
Sugiyono. (2018). Metode Peneltian Kualitatif untuk peneltian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif (Y. S. Suryandari (Ed.); ke-3). Alfabeta, CV. www.cvalfabeta.com
Sugiyono (Ed.). (2019). metode penelitian kuantitatif dan kuantitatif dan R & D. Alfabeta, CV.
Triana, L. (2017). Penggunaan Strategi Mind Mapping Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V Sdn I Wonorejo Demak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 35–43. https://doi.org/10.24176/re.v7i1.1810
Wahyuniagrun, H. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Ditinjau Dari Asesmen Pembelajaran Terhadap Kurikulum Merdeka. JURNAL ILMU PENDIDIKAN NASIONAL, 1(April), 38–44.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.