PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD INPRES SANRANGAN GOWA

Authors

  • Nur Azmi Said Program studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Makassar
  • Suardi PGSD Pendidikan Universitas Negeri Makassar
  • Nurhaeda Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23475

Keywords:

Teacher role, Speaking skills, Indonesian language

Abstract

Nur Azmi Said, 2025. Peran Guru dalam mengembangkan Keterampilan Berbicara
Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres Sanrangan
Gowa. Tesis Program Studi Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana
Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Suardi dan Nurhaeda). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan keterampilan
berbicara peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Inpres
Sanrangan Gowa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa guru memiliki peran yang signifikan dalam mengembangkan
keterampilan berbicara peserta didik, yaitu sebagai pembimbing, motivator,
fasilitator, demonstrator, dan evaluator. Guru juga menggunakan berbagai metode
pembelajaran, seperti ceramah, permainan, dan tanya jawab, untuk meningkatkan
keterampilan berbicara peserta didik. Penelitian ini berimplikasi bahwa guru perlu memiliki kemampuan untuk mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik
dan menggunakan berbagai metode pembelajaran yang efektif.
Kata Kunci: Peran guru, Keterampilan berbicara, Bahasa Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Keterampilan Berbahasa Dalam Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 1(1), 77–90.

Amri, M. A. L. (2024). ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI UPT SPF SD NEGERI PERCONTOHAN PAM KOTA MAKASSAR. VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(01), 154–165.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6.

Wardana. (2020). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Jakarta: Kaaffah Learning Center.

Wibawa, B. (2016). Media Pengajaran. Bandung: Maulana.

Downloads

Published

2025-03-24

Most read articles by the same author(s)