PELAKSANAAN MODEL TEMATIK DALAM MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA MELALUI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SDN 61 KARARA KOTA BIMA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23667Keywords:
Model tematik, literasi budaya, pembelajaran seni budaya, pendidikan dasarAbstract
ABSTRACT
Cultural literacy is an important aspect in education to instill local wisdom values,
cultural understanding, and national identity to students. The thematic learning
model was chosen because it is able to integrate various aspects of learning
holistically and contextually. This study uses a qualitative approach with
descriptive methods, involving observation, interviews, and documentation studies
as data collection techniques. The results of the study indicate that the application
of the thematic model in Arts and Culture learning can improve students'
understanding of local culture and foster appreciation for traditional arts. In
addition, this model also encourages active involvement of students in the learning
process through various creative activities, such as art performances, making
artwork, and cultural discussions. Thus, the thematic model can be an effective
strategy in improving cultural literacy in elementary school environments.
ABSTRAK
Literasi budaya merupakan aspek penting dalam pendidikan untuk menanamkan
nilai-nilai kearifan lokal, pemahaman budaya, dan identitas bangsa kepada
peserta didik. Model pembelajaran tematik dipilih karena mampu
mengintegrasikan berbagai aspek pembelajaran secara holistik dan kontekstual.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif,
melibatkan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi sebagai teknik
pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
tematik dalam pembelajaran Seni Budaya mampu meningkatkan pemahaman
siswa terhadap budaya lokal serta menumbuhkan apresiasi terhadap seni
tradisional. Selain itu, model ini juga mendorong keterlibatan aktif siswa dalam
proses pembelajaran melalui berbagai aktivitas kreatif, seperti pementasan seni,
pembuatan karya seni, dan diskusi budaya. Dengan demikian, model tematik
dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan literasi budaya di lingkungan
sekolah dasar.
Downloads
References
Siregar, M Deni, Ida Bagus Putrayasa, and I Nyoman Sudiana. 2022. “Pendekatan Pendekatan Tematik Dan Pendekatan Terpadu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.” Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar 8(2): 358–71. doi:10.29408/didika.v8i2.6999.
Sunarwan, Dadang. 2017. “Meningkatkan Literasi Budaya Peserta Didik Pendidikan Kesetaraan Melalui Pembelajaran Sosiologi.” Jurnal
AKRAB 8(2): 92–99. doi:10.51495/jurnalakrab.v8i2.169.
Suryandari, Kus. 2023. “Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Perenialisme Plato.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 5(1): 67–80.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.