STUDI LAPANGAN: PENGGUNAAN TEKNOLOGI Information Technolpgy (IT) DALAM PEMBELAJARAN LITERASI SAINS DI SD

Authors

  • Meli Yulia Lestari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ghullam Hamdu Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Information Technology, Literacy Sains, Elementary School

Abstract

Pemanfaatan Information Technology (IT) dalam pembelajaran Literasi Sains di sekolah dasar memiliki peran penting guna mendukung pembelajaran yang menarik, interaktif dan sesuai dengan perkembangan zaman. Namun, data yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan IT masih belum optimal, sehingga belum sepenuhnya mendukung kualitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan Information Technology (IT) dalam pembelajaran serta mengusulkan solusi yang dapat peneliti selanjutnya kembangkan. Adapun, metode yang digunakan adalah metode DBR dengan fokus pada tahap Identifikasi dan Analisis masalah secara kolaboratif antara praktisi dan peneliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59–73. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.32135

Fariz, F., & Winarsih, T. (2024). Enhancing Competitive Advantage of Higher Education Institutions Through the Implementation of Knowledge Management and Information Technology. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 2010–2026.

Hawkridge, D. (2022). New Information Technology in Education. In New Information Technology in Education. https://doi.org/10.4324/9781003312826

Kurniasih, Y., Hamdu, G., & Lidinillah, D. A. M. (2020). Rubrik Asesmen Kinerja Berpikir Kritis pada Pembelajaran STEM dengan Media Lightning Tamiya Car. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 174. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25172

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Rufran, R., Putra, A., Ismawati, D., & Gusti, R. (2023). Design Based Research: Pengembangan Bahan Ajar Etnoandragogi. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(1), 269–282.

Sundari, E. (2024). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54.

Downloads

Published

2025-06-01