STUDI LAPANGAN: PENGGUNAAN TEKNOLOGI Information Technolpgy (IT) DALAM PEMBELAJARAN LITERASI SAINS DI SD
Keywords:
Information Technology, Literacy Sains, Elementary SchoolAbstract
Pemanfaatan Information Technology (IT) dalam pembelajaran Literasi Sains di sekolah dasar memiliki peran penting guna mendukung pembelajaran yang menarik, interaktif dan sesuai dengan perkembangan zaman. Namun, data yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan IT masih belum optimal, sehingga belum sepenuhnya mendukung kualitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan Information Technology (IT) dalam pembelajaran serta mengusulkan solusi yang dapat peneliti selanjutnya kembangkan. Adapun, metode yang digunakan adalah metode DBR dengan fokus pada tahap Identifikasi dan Analisis masalah secara kolaboratif antara praktisi dan peneliti.Downloads
References
Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59–73. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.32135
Fariz, F., & Winarsih, T. (2024). Enhancing Competitive Advantage of Higher Education Institutions Through the Implementation of Knowledge Management and Information Technology. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 2010–2026.
Hawkridge, D. (2022). New Information Technology in Education. In New Information Technology in Education. https://doi.org/10.4324/9781003312826
Kurniasih, Y., Hamdu, G., & Lidinillah, D. A. M. (2020). Rubrik Asesmen Kinerja Berpikir Kritis pada Pembelajaran STEM dengan Media Lightning Tamiya Car. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 174. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25172
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Rufran, R., Putra, A., Ismawati, D., & Gusti, R. (2023). Design Based Research: Pengembangan Bahan Ajar Etnoandragogi. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(1), 269–282.
Sundari, E. (2024). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.