Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Guna Meningkatkan Penguasaan Materi Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Getaran Dan Gelombang

Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Guna Meningkatkan Penguasaan Materi Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Getaran Dan Gelombang

Authors

  • Ester Iryanti Hehanussa Hehanussa UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.23854

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Solving; Penguasaan Materi; Getaran dan Gelombang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan penguasaan materi peserta didik pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII-2 SMPN7 Maluku Tengah yang diajarkan dengan merapkan model pembelajaran Problem Solving. Tipe penelitian ini adalah adalah one group pretest-posstest, dengan 29 peserta didik sebagai sampel penelitian yang diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling. Data penelitian ini diambil melalui instrument tes dan non tes, dimana sebelum instrument tes berupa tes awal dan akhir, sedangkan instrument non tes berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Hasil penelitian menunjukan kemampuan tes awal 100% peserta didik berada pada kualifikasi gagal dengan rerata nilai 35,33 Sedangkan rerata nilai skor pencapaian kemampuan tes akhir peserta didik berada dalam kualifikasi baik dengan rerata nilai yaitu 78,31 Hal ini dibuktikan dengan hasil uji N-gain yang menunjukan rerata nilai <g> peserta didik sebesar 0,50 pada kualifikasi sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan menggunakan model pembelajaran problem solving pada materi getaran dan gelombang efektif untuk meningkatkan kemampuan penguasaan materi peserta didik kelas VIII-2 SMP N7 Maluku Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan instrumen sikap siswa sekolah menengah pertama terhadap mata pelajaran IPA. Jurnal pendidikan sains (jps), 7(1), 1-7.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(1), 68-75.

Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fisika pada materi suhu dan kalor di kelas x sma ar-risalah lubuklinggau tahun pelajaran 2016/2017. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 1(1), 42-50.

Ernida, R., Hamid, A., & Nurdiniah, S. H. (2017). Penerapan model pembelajaran problem solving dengan multi representasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. JCAE (Journal of Chemistry and Education), 1(1), 119-130.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel NasionalPendidikan Matematika, 5(1)

Irham, M. & Wiyani, N. A. (2013). Psikologi Pendidikan: Teori dan aplikasi dalam proses pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Martini, E. (2018). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 21–27.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman, 3(2), 333-352.

Ruslan, S., Umar, S., Limatahu, N. A., & Muin, F. (2022). Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 7 Halmahera Barat Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU), 2(1).

Sarumaha, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Nominal Group Technique (Ngt) Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Education and Development, 9(2), 631-635.

Sitania, D. S., Huliselan, E. K., & Malawau, S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Inquiri Dengan Konsep Analogi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Gerak Lurus Beraturan Dan Gerak Melingkar Beraturan. Physikos: Journal of Physics and Physics Education, 1(1), 1-9.

Sinaga.P., Suhandi.A.,& Liliasari. (2013). Meningkatkan kemampuan multi representasi dan translasi antar modus representasi konsep listrik magnet pada program preservice guru fisika, Prosiding simposium nasional inovasi dan pembelajaran sains (SNIPS) ITB, ISBN 978-602-19655-4-2

Ula, W. R. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Film Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 2(1).

Wardani, J. B. K. D. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Wenno, I. H. (2020). Teknik Analasis Dalam Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. Mimika Baru: Penerbit Aseni

Downloads

Published

2025-06-01