Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.23953Keywords:
Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan pancasila kelas IV sekolah dasar”. Keberhasilan pada proses pembelajaran menjadi tolak ukur penilaian akhir tujuan pendidikan. Dalam kegiatan belajar, motivasi berfungsi sebagai pendorong aktivitas yang dilakukan siswa sehingga siswa dapat mencapai prestasi yang baik. Hakikat motivasi adalah dorongan yang terjadi dari dalam maupun luar diri siswa dalam pembelajaran untuk menghasilkan perubahan tingkah laku, dengan beberapa indikator yang mendukung yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial motivasi belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas IV sampel penelitian ini siswa kelas IV A. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket serta dianalisis menggunakan analisis regresi, dan uji t dengan bantuan aplikasi SPSS 26. Berdasarkan hasil kuisioner didapati bahwa motivasi siswa cukup baik, siswa merasa senang mempelajari mata pelajaran pendidikan pancasila, siswa selalu mengerjakan PR tepat waktu, dan siswa aktif bertanya ketika pelajaran berlangsung sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswaDownloads
References
Alim.et.al. (2020). The effect of critical thinking ability, emotional intelligence and learning independence on mathematics learning outcomes of class VIII students of SMP Negeri 1 Sungguminasa. AHMAR Journal.
Andeni, M. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Gugus Inti I Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Aeni, A. N. (2014). Pendidikan karakter untuk siswa sd dalam perspektif islam. Mimbar Sekolah Dasar.
Astrid. (2019). Pengaruh minat belajar terhadap motivasi belajar. Jurnal LPPM Unindra.
Awiria, A. &. (2022). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa . Jurnal Basicedu.
Badar, T. I. (2014). Penerapan model pembelajaran projec basic learning untuk meningkatkan kemampuan siswa SMK Almusyawirin. Journal of comprehensive science .
Depdiknas. (2006). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Djaali. (2020). Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Raden Fatah.
Fu'adah. (2022). Pengaruh motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran PKN siswa kelas V sekolah dasar. Journal On Education.
Ghani.et.al. (2022). Pengaruh peranan dan pola asuh orangtua terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar negeri (SDN) di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan.
Gumala.et.al. (2020). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu.
Handayani, H. (2019). Analisis Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Globalisasi Mata Pelajaran PKN Kelas IV SDN 4 Tapan Tahun Ajaran 2017/2018. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Hermita. (2020). Pengaruh motivasi belajar dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Herzamzam. (2021). Peningkatan motivasi dan self eficacy belajar matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu.
Kurniati. (2022). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Bisnis.
Lestari. (2020). Membangun motivasi belajar siswa melalui peran guru sebagai penuntun dalam pembelajaran daring. Jurnal UPH.
Masturoh, N. &. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: 307.
Muafiah, N. &. (2020). Hubungan motivasi dengan hasil belajar IPA mahasiswa pada masa pandemi covid 19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar.
Muhroji, R. &. (2022). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu.
Ningrum. (2018). Pengaruh motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran PKN. Journal On Education.
Patmawati, S. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di Sd Negeri No. 13/1 Muara Bulian. Jurnal Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di Sd Negeri No. 13/1 Muara Bulian.
Prihatna, D. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal On Education.
Rizka. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V gugus inti Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal FKIP Riau.
Safitri, K. (2020). Pentingnya pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar dalam menghadapi era globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Sadirman. (2016). Analysis of learning motivation of fifth grade elementary school first cluster of Payung Sekaki Pekanbaru City. Jurnal Online Mahasiswa.
_______ (2018). Upaya meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran. Jurnal Al-Amar.
Seno. (2016). Peningkatan kualitas pembelajaran PKN di sekolah dasar melalui model pengajaran bermain peran. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Slameto. (2018). Identifikasi faktor penyebab tinggi rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di SMK Negeri 1 Tonjong. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika.
Somantri, N. (2001). Metode mengajar civics. Jakarta: Erlangga.
Sri, A. &. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di era pandemi covid 19. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Sugiyono, 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualiatif, dan R&D. Bandung: CV. ALFABETA
Suprihartini. (2023). Pelatihan penggunaan aplikasi SPSS untuk statistik dasar penelitian bagi mahasiswa sekota Pontianak. Jurnal Kapuas.
Syam. (2011). Implementasi nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKN. Jurnal Basicedu.
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan.
Syarbaini, S. (2006). Membangun karakter dan kepribadian melalui pendidikan Kewarganegaraan.
Tambunan. (2015). Pengaruh kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran ekonomi terhadap motivasi belajar peserta didik di MA Darussalam Pakong Modung Bangkalan. Jurnal STIKIP PGRI Bangkalan.
Tampubolon. (2021). Pengaruh penerapan model problem based learning berbantuan media video terhadap hasil belajar matematika materi penyajian data. Jurnal Ilmiah PGSD.
Tampubolon, R. A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.
Taufina, P. &. (2020). Peningkatan hasil belajar menggunakan model cooperative tipe picture and picture di sekolah dasar. Jurnal Basicedu.
Trianto Ibnu Badar al- Tabany, “Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan, Kontekstua”l, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014
Ubaidillah. (2015). Pendidikan kewarganegaraan (civic education). Jakarta: Pramedia Group.
Uno, Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Uno. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dan hasil belajar seni rupa siswa pada mata pelajaran seni budaya materi seni rupa di kelas XI MAN Mukomuko. Jurnal UNP.
Wati, D. P., & Fatayan, A. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 5193-5200.
Widiatmaka, P. (2022). Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) di Dalam Membangun Karakter Bangsa Peserta Didik. Jurnal Universitas Pasundan.
Yohana. (2021). Pengaruh motivasi belajar dengan hasil belajar siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.