PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING

Authors

  • SHINTYA PRATIWI Universitas Riau
  • AULIA FATMAWATI Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.24066

Keywords:

Hasil Belajar, Project Based Learning, Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini dilangsungkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan mind mapping. Penelitian ini didasari dari rendahnya pencapaian belajar siswa, yang disebabkan oleh kurangnya minat terhadap pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) karena terlalu berpusat pada isi materi. Pendekatan tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 19 siswa yang berasal dari kelas IV SDN 117 Pekanbaru. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan model PjBL yang didukung oleh mind mapping mampu memberikan peningkatan signifikan terhadap capaian belajar siswa. Hasil pra tindakan menunjukkan adanya permasalahan rendahnya hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar sebesar 36,8% (7 siswa) dari total 19 siswa. Capaian belajar siswa kemudian meningkat pada siklus I menjadi 34,29% (12 siswa) dan pada siklus II meningkat lagi sebesar 7,09% (15 siswa). Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL yang didukung oleh mind mapping efektif digunakan sebagai pendekatan alternatif untuk meningkatkan capaian belajar siswa kelas IV di SDN 117 Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

SHINTYA PRATIWI, Universitas Riau

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau

AULIA FATMAWATI, Universitas Riau

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau

References

Aprinawati, I. (2018). Penggunaan model peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan pemahaman membaca wacana siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, 2(1), 140–147. http://stkiptam.ac.id/indeks.php/basicedu

Astuti, I. D., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Aktivitas Belajar Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 93-98.

Aziz, S. A., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 67–74. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i2.273

Chaerunisa, C., Amalia, P., Muti'ah, Z., & Septiadevana, R. (2023). Model Project Based Learning (PjBL) dengan Metode Mind-Mapping di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 9(1), 20-34.

Febiyanti, S., Adri, H. T., & Indra, S. (2024). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Sdn Babakan Madang 05. Karimah Tauhid, 3(8), 9116–9125. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14986

Gonzaga, M. F., & Kase, E. B. S. (2020). Pengaruh penelitian tindakan kelas terhadap prestasi belajar peserta didik di SDK St. Yoseph 3 Naikoten Kupang tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Selidik (Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan), 1(2), 58–67.

Gunartha, I. W., Widiasri, D. A., & Agung Ekasriadi, I. A. (2024). Asesmen dan Pembembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis HOTS: Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Era Digital Abad Ke-21. SANDIBASA II (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(1), 109–125.

Hendrizal, H., Puspita, V., & Zein, R. (2021). Efektifitas Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Usia 7-8 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 642–651. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1280

Ilyas, M., & Rosyidah, U. (2023). Implementasi Metode Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Viii Smp 11 Ma’arif Bangsalsari Tahun Ajaran 2021/2022. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 96–110.

Kurniawan, K. F., Gayatri, Y., & Murthi, N. L. P. S. (2024). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Mengarang Sebuah Paragraf Di Kelas 4b Sd Xin Zhong Surabaya. Proceeding Umsurabaya, 1(2).

Kusuma, R. A., Yanto, E. N. A., & Suyanti. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(1), 1394–1403.

Miati, A. (2019). Penerapan metode diskusi dan metode mind mapping pada pembelajaran tema 1 organ gerak hewan dan manusia kelas v di MIN 4 Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya)

Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 706-719. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Oktavia, S. N., Tanjung, A., & Irawan, L. Y. (2021). Atmospheric learning: Pengembangan digital mind maps berbantuan mind mapping software untuk siswa Geografi SMA. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(3), 300–310. https://doi.org/10.17977/um063v1i3p300-310

Pramanda, D. F., Hakim, M. A. R., & Putra, E. P. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Mind Mapping Pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Untuk Kelas Vii Smp Berbasis Software Freemind. INSAN CENDEKIA: Jurnal Studi Islam, Sosial Dan Pendidikan, 2(2), 45–52.

Pratiwi, C. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Mind Map Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Guru Kita PGSD, 2(3), 116. https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10393

Rehani, A., & Mustofa, T. A. (2023). Implementasi Project Based Learning dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa di SMK Negeri 1 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 487–496. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/273

Rohman, M. M., Lestari, A., & Arsi, A. A. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project Based Learning ( PjBL ) pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik. Prosiding Webinar Penguatan Calon Guru Profesional, 860–865. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/wpcgp/article/view/3443

Rosiana, R., Miyono, N., & Hanum, A. (2024). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi struktur lapisan bumi kelas V SDN Peterongan. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(2), 223–229. https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22418

Setiawan, H., Rusmiati, R., & Ismail, K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivment Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Belitang Madang Raya. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 5(01), 16–23. https://doi.org/10.30599/utility.v5i01.1166

Sidmewa, A. A. N., Susanti, Y., & Putra, R. A. (2021). Pengaruh Model Self Directed Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 197. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6228

Wibowo, D. C., Ocberti, L., & Gandasari, A. (2021). Studi kasus faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika di SD Negeri 01 Nanga Merakai. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 1–10.

Wibowo, W. S. (2014). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Pembelajaran Sains Untuk Membangun 4CS Skills Peserta Didik Sebagai Bekal Dalam Menghadapi Tantangan Abad 21. Seminar Nasional IPA V (275–286).

Wulandari, S. F., Pratiwi, C. P., & Hidayat, P. S. (2023). Penerapan model Project Based Learning berbantuan mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Banjarpanjang 1. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6085–6097.

Zainudin & Ubabuddin. (2023). Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Sebagai Objek Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik. ILJ: Islamic Learning Journal (Jurnal Pendidikan Islam), 1(3), 915–931.

Downloads

Published

2025-06-01