PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA MATERI BANGUN RUANG DAN SIFAT-SIFATNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV A SDN LONTAR 481 SURABAYA

Authors

  • Afifudin Khoir Universitas Negeri Surabaya
  • Oda Renata Uneverisitas Negeri Surabaya
  • Ardiansyah Uneverisitas Negeri Surabaya
  • Lutfiyatul Uneverisitas Negeri Surabaya
  • Hariati Uneverisitas Negeri Surabaya
  • Shintawati SDN Lontar 481 Surabaya
  • Zuhdi Uneverisitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24108

Keywords:

Permainan Ular Tangga, Hasil Belajar

Abstract

Pelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dalam materi bangun ruang dan sifat-sifatnya dengan menggunakan media pembelajaran berupa ular tangga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Kelas IV A sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes tertulis dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan media permainan ular tangga. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan persentase hasil belajar peserta pendidikan sebelum penerapan media permainan ular tangga hanya 40% sedangkan setelah diterapkan naik menjadi 83%. Oleh karena itu, dengan adanya penerapan media permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika menjadi salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Melalui pembelajaran menggunakan media permainan ular tangga, siswa berusaha mengikuti Arahan dari guru dalam bermain dan berusaha memahami materi dengan sungguh-sungguh agar bisa menjawab pertanyaan pada kartu soal ketika bermain. Hal tersebut dapat memotivasi siswa untuk berpartisipsi aktif dalam pembelajaran agar memperoleh hasil belajar yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Meningkatkan Hasil Belajar

Tematik Materi Penjumlahan

Puluhan Menggunakan Metode

Permainan Media Ular Tangga.

Journal of Education Action

Research, 4(4), 407.

https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.2

8506

Nirwana, R. (2022). Penggunaan

Media Permainan Edukatif Ular

Tangga Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Matematika Materi Bangun

Ruang Kelas V Min 2 Mojokerto.

Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(01),

48–64.

https://doi.org/10.55732/jmi.v1i01.7

16

Pauziah. (2023). Meningkatkan Hasil

Belajar Matematika Dengan

Menggunakan Media Kongkrit.

Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(1),

1–12.

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.p

hp/bintang

Siregar, D. S., & Ananda, R. (2023).

Pengembangan Media

Pembelajaran Board Game

Matematika Ular Tangga untuk

Siswa Tunarungu. Jurnal

Cendekia : Jurnal Pendidikan

Matematika, 7(2), 1924–1935.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v

7i2.2340

Zuita, N., Nur’aeni L, E., & Nurgraha,

A. (2020). Penggunaan Media Ular

Tangga untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa pada Materi Sifat-

Sifat Persegi di Kelas 2 SD.

PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

7(4), 209–218.

https://doi.org/10.17509/pedadidak

tika.v7i4.30134

Downloads

Published

2025-06-13