PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA MATERI BANGUN RUANG DAN SIFAT-SIFATNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV A SDN LONTAR 481 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24108Keywords:
Permainan Ular Tangga, Hasil BelajarAbstract
Pelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dalam materi bangun ruang dan sifat-sifatnya dengan menggunakan media pembelajaran berupa ular tangga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Kelas IV A sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes tertulis dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan media permainan ular tangga. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan persentase hasil belajar peserta pendidikan sebelum penerapan media permainan ular tangga hanya 40% sedangkan setelah diterapkan naik menjadi 83%. Oleh karena itu, dengan adanya penerapan media permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika menjadi salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Melalui pembelajaran menggunakan media permainan ular tangga, siswa berusaha mengikuti Arahan dari guru dalam bermain dan berusaha memahami materi dengan sungguh-sungguh agar bisa menjawab pertanyaan pada kartu soal ketika bermain. Hal tersebut dapat memotivasi siswa untuk berpartisipsi aktif dalam pembelajaran agar memperoleh hasil belajar yang baik.Downloads
References
Meningkatkan Hasil Belajar
Tematik Materi Penjumlahan
Puluhan Menggunakan Metode
Permainan Media Ular Tangga.
Journal of Education Action
Research, 4(4), 407.
https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.2
8506
Nirwana, R. (2022). Penggunaan
Media Permainan Edukatif Ular
Tangga Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Matematika Materi Bangun
Ruang Kelas V Min 2 Mojokerto.
Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(01),
48–64.
https://doi.org/10.55732/jmi.v1i01.7
16
Pauziah. (2023). Meningkatkan Hasil
Belajar Matematika Dengan
Menggunakan Media Kongkrit.
Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(1),
1–12.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.p
hp/bintang
Siregar, D. S., & Ananda, R. (2023).
Pengembangan Media
Pembelajaran Board Game
Matematika Ular Tangga untuk
Siswa Tunarungu. Jurnal
Cendekia : Jurnal Pendidikan
Matematika, 7(2), 1924–1935.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v
7i2.2340
Zuita, N., Nur’aeni L, E., & Nurgraha,
A. (2020). Penggunaan Media Ular
Tangga untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa pada Materi Sifat-
Sifat Persegi di Kelas 2 SD.
PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
7(4), 209–218.
https://doi.org/10.17509/pedadidak
tika.v7i4.30134
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.