PENERAPAN METODE EKSPERIMEN COLOR MIXING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24203Keywords:
Experiment, Color mixing, Science skillsAbstract
Pembelajaran sains untuk anak sebaiknya dilakukan dengan cara yang konkret dan menyenangkan agar mampu menarik perhatian dan mempermudah pemahaman anak. Seorang pendidik perlu merancang metode pembelajaran dengan cermat, dengan mempertimbangkan karakteristik serta tahap perkembangan anak, sekaligus memberikan stimulasi yang sesuai dengan kemampuan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains anak menggunakan penerapan metode eksperimen color mixing. Dimana keampuan sains anak belum berkembang secara optimal, anak belum mampu membedakan warna primer dan warna sekunder, lebih sering menggunakan lembar kerja siswa, mewarnai, tanya jawab melalui media gambar, kurang melakukan pembelajaran praktek langsung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan jumlah sumbek penelitian 20 anak 11 laki-laki da 9 perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan indikator yang sudah di tentukan menujukan hasil siklus I rata-rata nilai klasikal anak mencapai 53%,sedangkan pada siklus II kemampuan klasilakal mengalami peningkatan menjadi 81%. Sehingga hal tersebut telah memenuhi target penelitian yaitu capaian klasikal 76%. Dapat disimpulkan penerapan metode eksperimen color mixing untuk meningkatkan kemampuan sains anak. Dengan demikian nilai rata-rata klasikal anak tercapai pada penelitian siklus ke II. Berdasarkan keberhasilan dalam pembelajaran maka penerapan metode eksperimen Color Mixing dapat di terapkan oleh guru secara konsisten agar siswa dapat terstimulasi dengan baik sesuai dengan tahap perkembangannya secara optimal.Downloads
References
Syach, A., Sugandi, D., & Yusup, S. H.
(2023). Penerapan Metode
Eksperimen Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Dalam Mata
Pembelajaran IPA Pada Sub Bab
Pokok Bahasan Sifat-Sifat
Cahaya. Jurnal Primary Edu
(JPE), 1(1), 99–113.
Syahrul, F. S., Marzuki, K., & Kurnia,
R. (2022). Pengaruh Metode
Eksperimen Terhadap
Keterampilan Proses Sains Anak.
Ihya Ulum: Early Childhood
Education Journal, 2(3), 8–21.
Wahyuni, H., Parwoto, & Rusmayadi.
(2023). Pengaruh Metode
Eksperimen Terhadap
Kemampuan Sains Anak Usia 5-
6 Tahun Di TK Wahyu. Jurnal
Cahaya Mandalika, 4(3).
Wulandari, S., Wahyuni, A., Siregar,
S. D., Jl, A., Andi, P., Nst, H.,
Stain, K., Lombang, P., &
Panyabungan, K. (2025).
Pengembangan Pembelajaran
Berbasis Steam dengan Buku
Pop Up pada Kreativitas Anak
Usia Dini Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri Mandailing Natal ,
Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan
Anak Usia Dini, 6(4).
Yuandana, T., Rahmawati, R. L., &
Ramadhani, F. (2021).
Meningkatkan Kemampuan
Kognitif Anak Usia Dini Melalui
Pembelajaran Sains Di Masa
New Normal. JMECE: Journal of
Modern Early Childhood
Education, 01(01), 1–10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.