PENERAPAN METODE EKSPERIMEN COLOR MIXING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK

Authors

  • Pascalian Hadi Pradana Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Munifatul Muawanah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Trio Suwargono Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24203

Keywords:

Experiment, Color mixing, Science skills

Abstract

Pembelajaran sains untuk anak sebaiknya dilakukan dengan cara yang konkret dan menyenangkan agar mampu menarik perhatian dan mempermudah pemahaman anak. Seorang pendidik perlu merancang metode pembelajaran dengan cermat, dengan mempertimbangkan karakteristik serta tahap perkembangan anak, sekaligus memberikan stimulasi yang sesuai dengan kemampuan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains anak menggunakan penerapan metode eksperimen color mixing. Dimana keampuan sains anak belum berkembang secara optimal, anak belum mampu membedakan warna primer dan warna sekunder, lebih sering menggunakan lembar kerja siswa, mewarnai, tanya jawab melalui media gambar, kurang melakukan pembelajaran praktek langsung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas  dengan jumlah sumbek penelitian 20 anak 11 laki-laki da 9 perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan indikator yang sudah di tentukan menujukan hasil siklus I rata-rata nilai klasikal anak mencapai 53%,sedangkan pada siklus II kemampuan klasilakal mengalami peningkatan menjadi 81%. Sehingga hal tersebut telah memenuhi target penelitian yaitu capaian klasikal 76%. Dapat disimpulkan penerapan metode eksperimen color mixing untuk meningkatkan kemampuan sains anak. Dengan demikian nilai rata-rata klasikal anak tercapai pada penelitian siklus ke II. Berdasarkan keberhasilan dalam pembelajaran maka penerapan metode eksperimen Color Mixing dapat di terapkan oleh guru secara konsisten agar siswa dapat terstimulasi dengan baik sesuai dengan tahap perkembangannya secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Syach, A., Sugandi, D., & Yusup, S. H.

(2023). Penerapan Metode

Eksperimen Untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Siswa Dalam Mata

Pembelajaran IPA Pada Sub Bab

Pokok Bahasan Sifat-Sifat

Cahaya. Jurnal Primary Edu

(JPE), 1(1), 99–113.

Syahrul, F. S., Marzuki, K., & Kurnia,

R. (2022). Pengaruh Metode

Eksperimen Terhadap

Keterampilan Proses Sains Anak.

Ihya Ulum: Early Childhood

Education Journal, 2(3), 8–21.

Wahyuni, H., Parwoto, & Rusmayadi.

(2023). Pengaruh Metode

Eksperimen Terhadap

Kemampuan Sains Anak Usia 5-

6 Tahun Di TK Wahyu. Jurnal

Cahaya Mandalika, 4(3).

Wulandari, S., Wahyuni, A., Siregar,

S. D., Jl, A., Andi, P., Nst, H.,

Stain, K., Lombang, P., &

Panyabungan, K. (2025).

Pengembangan Pembelajaran

Berbasis Steam dengan Buku

Pop Up pada Kreativitas Anak

Usia Dini Sekolah Tinggi Agama

Islam Negeri Mandailing Natal ,

Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan

Anak Usia Dini, 6(4).

Yuandana, T., Rahmawati, R. L., &

Ramadhani, F. (2021).

Meningkatkan Kemampuan

Kognitif Anak Usia Dini Melalui

Pembelajaran Sains Di Masa

New Normal. JMECE: Journal of

Modern Early Childhood

Education, 01(01), 1–10.

Downloads

Published

2025-06-13