PENINGKATAN KEAKTIVAN PESERTA DIDIK KELAS VI MELALUI PROYEK LING BERTARU DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yuni Karsih Asmi Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Heri Maria Zulfiati Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Insanul Qisti Barriyah Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Sutrisna Wibawa Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24250

Keywords:

learning media, learning motivation, storytelling ability

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kekatifan peserta didik di kelas 6 SD Negeri 1 Tlobong Klaten dengan menerapkan proyek penguatan profil pelajar Pancasila Ling Bertaru “Lingkungan Belajar tanpa Perundungan”. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini memiliki subjek berjumlah 19 peserta didik dari kelas VI. Model putaran spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart menjadi desain untuk menerapkan penilitian ini dalam 2 siklus. Setiap siklusnya dilaksanakan dengan 3 tahap yakni penyusunan perencanaan, pelaksanaan kegiatan, serta pengamatan dan refleksi. Wawancara, dokumentasi, dan observasi dilakukan selama kegiatan pembelajaran sebagai metode pengumpulan data yang digunakan. Kekatifan peserta didik dinyatakan berhasil meningkat jika indikator pada kategori baik mencapai 75% dari jumlah peserta didik. Hasil dari penerapan proyek penguatan profil pelajar Pancasila Ling Bertaru mampu menjadikan keaktifan peserta didik meningkat. Keaktifan peserta didik terjadi peningkatan pada setiap siklus yang dilakukan. Pada kegiatan kondisi awal rata-rata persentase keaktifan pada kategori baik adalah 14,03%, pada siklus 1 adalah 33,33%, pada siklus 2 adalah 75,44% peserta didik menunjukkan keaktifan yang baik. Penerapan proyek penguatan profil pelajar Pancasila “Ling Bertaru” mampu memberikan peningkatan keaktifan peserta didik, antara lain melalui kegiatan tanya jawab, penyelesaian lembar kerja, dan presentasi hasil kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andryawan, A., Laurencia, C., & Putri, M. P. T. (2023). Peran Guru dalam Mencegah dan Mengatasi Terjadinya Perundungan (Bullying) di Lingkungan Sekolah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 2837–2850.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Borualogo, I. S., Wahyudi, H., & Kusdiyati, S. (2020). Prediktor perundungan siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 35. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.9841

Cahaya Suksma, Adinda Ramadhanti, Mahendra Agus H., Miftahus Surur, & Dyan Yuliana. (2024). Analisis Tindak Perundungan Verbal Pada Proses Pembelajaran: Dampak Pada Motivasi dan Prestasi Belajar Siswi Kelas X Studi Kasus di Madrash Aliyah Negeri 2 Situbondo. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 103–115. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.318

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigm of Independent Curriculum for Elementary Teacher School. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12, 236–243.

Hendrawati, R., Winanto, A., & Kristanti, H. S. (2024). Upaya Peningkatkan Collaboration Skills Peserta Didik SD Melalui Penerapan Project Based Learning (PjBL). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(01), 1–7. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i01.p1-7

Kemendikbud. (2024). Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. Permendikbud Ristek Nomor 12 Tahun 2024, 1–26.

Krisnajati, E., Fitrotun Nisa, A., Zulfiati, H. M., Sd, N., Sinduadi, B., & Mlati, Y. (2023). Pembelajaran Diferensiasi dengan Quantum Teaching di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 303–314.

Kumalasari, K., & Barriyah, I. Q. (2024). Strategi Diferensiasi Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Kelas 1 Melalui Seni Rupa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4524–4536.

Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819

Murni, N. F. (2021). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 5(1), 7–11. https://doi.org/10.20961/seeds.v5i1.56736

Navira, A., Normansyah, A. D., & Sukarliana, L. (2023). Pencegahan Perundungan di Sekolah Peran Melalui Program Roadmap of Out Standing Educators. Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.56393/lucerna.v3i2.1725

Nuraini, N., & Gunawan, I. M. S. (2021). Penyuluhan Stop Bullying Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Perundungan yang Terjadi Pada Siswa di Sekolah. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 64–68. https://doi.org/10.36312/linov.v6i2.573

Permendikbud no 20 tahun 2016. (2016). Standar Kompetensi Lulusan No. 20 Tahun 2016. Kemendikbud, 3(2), 1–8.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, November, 2020–2023. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283

Prasetyo, H., Waluyo, B., Harefa, B., & Hukum, F. (2024). Identifikasi Simptom Penyebab Perundungan: Upaya Menciptakan Sekolah Ramah Anak Identifying Symptoms That Cause Bullying: Efforts To Create Child-Friendly Schools. 3. https://doi.org/10.61132/ardhi.v1i3.463

Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.

Rasmita, D., & Pasaribu, Y. (2024). Studi Literatur Faktor-Faktor Terjadinya Perilaku PerundunganPada Remaja di Indonesia. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(4), 348–362.

Rohimat, S., Wulandari, D. R., & Wardani, I. T. (2023). Efektivitas Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Diferensiasi Konten dan Produk. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 57–64. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/34

Sutrisno, L. T. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi sebagai salah satu pemecahan masalah masih kurangnya keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 111–121. https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.16192

Tamamiyah, L. (2024). Analisis Dampak Perundungan Terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(12), 1348–1355. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i12.2616

Tari, I. D. A. E. P. D., Karpika, I. P., & Setiyani, R. Y. (2024). Dampak Praktik Perundungan terhadap Partisipasi dan Kesejahteraan Siswa: Kajian Holistik di Sekolah. Buletin Edukasi Indonesia, 3(01), 38–45. https://doi.org/10.56741/bei.v3i01.496

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309

Waluyati, I., Irmansyah, I., & Syaifullah, S. (2024). Edukasi Dampak Perundungan Di SDN Inpres Simpasai Lambu. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 61–69. https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v3i2.1086

Yusni, & Marlina Bakri. (2022). Analisis Dampak Bullying terhadap Minat Belajar Siswa VII SMPN Satap Mataluntun Kabupaten Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 400–405. https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i3.329

Zuhriyah, I. Y., Subandow, M., & Karyono, H. (2023). Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Studi Di Sma Negeri 4 Probolinggo. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 6(2), 319–328.

Downloads

Published

2024-05-07

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6