Inovasi pembelajaran kitabah berbasis pendekatan saintifik: integrasi Media projects motion untuk meningkatkan literasi digital di MTs

Authors

  • mike safpira Universitas Islam negeri Raden Fatah Palembang
  • Mukmin Universitas Islam negeri Raden Fatah Palembang
  • Nurul hidayah Universitas Islam negeri Raden Fatah Palembang
  • Arifah Salma haya Universitas Islam negeri Raden Fatah Palembang
  • Dinda Sayyidah afifah Universitas Islam negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24262

Keywords:

Mix method, saintifik, projects motion

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebelum, sesudah dan kefektivitasan diterapkannya materi kitabah berbasis pendekatan saintifik dengan media project motion. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat mix method, yang mengabungkan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diambil dengan cara melakukan observasi, wawancara dan melihat fenomena peristiwa yang nyata telah terjadi. Sedangkan data kuantitatif melibatkan penggunaan angka secara ektensif, yang mana hasilnya diambil dari hasil tes pre-test dan post-test. Untuk analisis datanya menggunakan uji normalitas dan homogenitas.dikarenakan data yang diambil tidak bersifat normal maka peneliti menggunakan uji man-whitney untuk melihat adakah perbedaan yang signifikan antara kedua kelas yang akan diberikan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh hasil pre-test pada kelas eksperimen sebesar 0,25 dan kelas control sebesar 0,18 sedangkan untuk hasil post-test dikelas eksperimen sebesar 0,103 dan kelas control sebesar 0,65. Dengan begitu dapat diketahui nilai signifikan untuk seluruh data kelas berdistribusi tidak normal. Uji homogenitas mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,207 yang mana nilai tersebut lebih besar dari 0,05 dan dinyatakan bersifat homogen. Dikarenakan data tidak normal, maka peneliti melakukan uji man-whitney dengan hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 28,86 lebih ditinggi ibandingkan rata-rata post-test kelas control yaitu 22,14. Berdasarkan tabel uji statistic nilai sig (2-tailed) diperoleh sebesar 0,92 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas control.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ag, Dr Ahmad Muradi, M. Pembelajaran Menulis Bahasa Arab: Dalam Perspektif Komunikatif. Prenada Media, 2016.

Ainin, Moh. “Penelitian pengembangan dalam pembelajaran bahasa Arabi.” OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra 7, no. 2 (2013). https://ejournal.iainmadura.ac.id/okara/article/view/449.

BAMBANG PRASETYO, NIM 1220411203. “TATWIR MADAH TA’LIM AL LUGHAH AL ’ARABIYYAH AL MUTAKAMILAH MIN AL TARAKIB AL QUR’ANIYYAH WA AL ATHARIYYAH LI AL SALAFIYAH AL ’ULYA BI MA’HAD HARUN AL SHAFI’IY LI TAHFIZ AL QUR’AN AL KARIM KARANGKAJEN YOGYAKARTA.” Masters, UIN SUNAN KALIJAGA, 2014. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15023/.

Hanisaniyya, Nadila, Kristina Imron, Bambang Prasetyo, Arika Falakul Fajriya, dan Hanifatun Nisa. “Lingkungan Multikultural Dalam Belajar Bahasa Arab Di SMA Negeri | JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.” Diakses 19 April 2025. http://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/7231.

Hidayah, Nurul, Mukmin Mukmin, dan Siti Marfuah. “The Correlation between Arabic Learning Motivation and Arabic Language Competence of Education Study Program Students in Post- COVID-19 Pandemic.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 15, no. 2 (8 November 2023): 380–98. https://doi.org/10.24042/albayan.v15i2.17453.

Imron, Kristina, Irmansyah Irmansyah, Nurhusna Nurhusna, Iffat Maimunah, dan Zainal Abidin Hajib. “A New Model of Kalam Material Through Cybernetic Approach: Development Stages and The Influence Towards Speaking Skill of Students.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 15, no. 1 (11 Juni 2023): 207–23. https://doi.org/10.24042/albayan.v15i1.16199.

Irmansyah, Irmansyah, Muhammad Alfath Qaaf, dan Yuslina Yuslina. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA BERBASIS SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL).” Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature 3, no. 01 (27 Juni 2023): 69–86. https://doi.org/10.30984/almashadir.v3i01.610.

Laubaha, Siti Aliyya, Zohra Yasin, dan Muhammad Zikran Adam. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah.” Assuthur: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 2 (30 Desember 2022): 100–108. https://doi.org/10.58194/as.v1i2.475.

Machin, A. “IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK, PENANAMAN KARAKTER DAN KONSERVASI PADA PEMBELAJARAN MATERI PERTUMBUHAN.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3, no. 1 (2014). https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898.

Mahyudin, Ritonga, Nazir Alwis, dan Wahyuni Sri. “PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KOTA PADANG.” Arabiyât : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 3, no. 1 (30 Juni 2016): 1–12.

Makbul, M. “Metode Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian.” OSF, 15 Juni 2021. https://doi.org/10.31219/osf.io/svu73.

Muhammad, Musfiqon, dan Nurdyansyah Nurdyansyah. PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK. Nizamia Learning Center, 2015. http://eprints.umsida.ac.id/306/.

Mukmin, Mukmin, Nurul Hidayah, dan Siti Marpuah. “Reorientation of The Arabic Language Curriculum for Secondary Education in The Endemic Era.” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 10, no. 2 (28 Desember 2023): 217–29. https://doi.org/10.15408/a.v10i2.34960.

Mukmin, Mukmin, Nurul Hidayah, dan Febri Yansyah. “Desain Materi Nahwu Berbasis Discovery Learning.” PROSIDING KONIPBSA: Konferensi Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Arab 4, no. 1 (2024). https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/konipbsa/article/view/1550.

Munawarah, Munawarah, dan Zulkiflih Zulkiflih. “Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) Dalam Bahasa Arab.” Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 2 (5 Januari 2021): 22–34. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15.

Muzammil, Ahmad. “Modifikasi Pembelajaran Bahasa Arab Sesuai Standart International Cefr Di Pusat Studi Bahasa Asing Universitas Islam Zainul Hasan.” BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 5, no. 2 (16 September 2023): 151–58. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v5i2.311.

Nurani, Qoim. “Hiwar Method In Increasing The Speaking Skill Of Ma’had Al-Jami’ah Students.” An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 3 (13 Juni 2022): 133–43. https://doi.org/10.30999/an-nida.v11i2.2575.

Prasetyo, Bambang, dan Nur Aziza. “تعليم اللغة العربية باستخدام طريقة التعليم والتعلم السياقية.” Konferensi Internasional Perkumpulan Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PPPBA) Indonesia 1 (28 Desember 2024). https://journal.pppbai.or.id/index.php/mudirrudh-dhad/article/view/261.

“Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian | Hikmah.” Diakses 20 April 2025. https://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/view/18.

Ridho, Ubaid. “EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” An Nabighoh Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab 20, no. 01 (24 Juni 2018): 19. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124.

Romlah, Siti. “PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF (Pendekatan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif):” Pancawahana : Jurnal Studi Islam 16, no. 1 (1 Juli 2021): 1–13.

Sadat, A. Syagif Hm Anwar. “PENERAPAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH KITABAH.” AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya 2, no. 2 (1 September 2018): 28–45. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v2i2.218.

Savira, Annisa’ Ni’ma, Rahma Fatmawati, Muchammad Rozin Z, dan Muhammad Eko S. “Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif.” Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M) 1, no. 1 (30 Desember 2018): 43–56. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963.

“STRATEGI DALAM MENJAGA KEABSAHAN DATA PADA PENELITIAN KUALITATIF | Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika.” Diakses 20 April 2025. https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/al-adad/article/view/1113.

Syahid, Ahmad Habibi. “BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA KEDUA (KAJIAN TEORETIS PEMEROLEHAN BAHASA ARAB PADA SISWA NON-NATIVE).” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 2, no. 1 (1 Juli 2015): 86–97. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1797.

“Ta’līm as-Sharf bi Kitâb Tashīl as-Sharfiyyah fil-Madrasah ats-Tsânawiyyah Ittifaqiyyah | Taqdir.” Diakses 22 April 2025. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Taqdir/article/view/5893.

Thalib, Mohamad. “Pelatihan Teknik Pengumpulan Data dalam Metode Kualitatif untuk Riset Akuntansi Budaya.” Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2 (12 Juni 2022). https://doi.org/10.23960/seandanan.v2i1.29.

Ulhaq, Nadia, dan Lahmuddin Lubis. “Penyusunan Materi Ajar Dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Siswa.” Journal of Education Research 4, no. 3 (8 Agustus 2023): 1202–11.

Downloads

Published

2025-07-02