MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DAN RELEVANSINYA TERHADAP PRESTASI NONAKADEMIK SISWA DI LEMBAGA PENDIDIKAN

Authors

  • Rezi Arta Anggraini Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ayok Ariyanto Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Azid Syukroni Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24275

Keywords:

Manajemen Ekstrakurikuler, Prestasi Nonakademik, Lembaga Pendidikan

Abstract

Banyak lembaga pendidikan yang tidak memiliki manajemen ekstrakurikuler yang baik, berbeda dengan beberapa institusi lainnya. Saat ini, manajemen ekstrakurikuler yang efektif sangat diperlukan untuk meningkatkan prestasi siswa nonakademik dan mengembangkan keterampilan mereka. Salah satu contoh lembaga yang berhasil dalam hal ini adalah SD Muhammadiyah Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, termasuk pengkonsolidasian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Validitas data dijamin melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah Ponorogo melibatkan perencanaan yang matang dengan diadakannya rapat kerja setiap awal tahun ajaran baru, pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan, serta evaluasi rutin untuk meningkatkan efektivitas program. Implikasi dari manajemen ekstrakurikuler yang ada di SD Muhamamdiyah Ponorogo yaitu salah satu diantaranya banyak masyarakat yang mendaftarkan anaknya disekolah tersebut serta pandangan baik masyarakat terhadap SD Muhamamdiyah Ponorogo yang mengedepankan prestasi siswa. Manajemen ekstrakurikuler yang baik di SD Muhamamdiyah Ponorogo dibuktikan dengan banyaknya prestasi siswa baik regional maupun nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggun, S., & Kholifatul, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Kegiatan Muhadhoroh Sandhika. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 246–252.

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. 5, 829–837.

Bahiyah, U., & Gumiandari, S. (2024). Upaya Menumbuhkan Self-Confidence Berbicara Bahasa Arab Melalui Aplikasi Plotagon Pada Mahasiswa Iain Syekh Nurjati Cirebon. In General and Specific Research (Vol. 4, Issue 2). https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/744/784

Eli Masnawati, Didit Darmawan, & Masfufah Masfufah. (2023). Peran Ekstrakurikuler dalam Membentuk Karakter Siswa. PPIMAN : Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4 SE-Articles), 305–318. https://ejournal-nipamof.id/index.php/PPIMAN/article/view/347

Hanifah, S. (2022). Strategi Manajemen Kepala Madrasahdalam Meningkatkan Prestasi Akademik Dan Non Akademik Di MTs. Al-Ma’arif Kota Pontianak. Jurnal Ilmiah Hospitally, 11(1), 211–222.

Huberman, & Miles. (1992). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998), 1–11.

Intan Oktaviani Agustina, Juliantika Juliantika, Selly Ade Saputri, & Syahla Rizkia Putri N. (2023). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pembinaan Dan Pengembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 86–96. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2001

Kamaruzzaman, K. (2016). Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 202–210. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.744

Kezia Vb Lalujan, O. K. T. Y. M. (2017). Kecerdasan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Prespektif Teori Kecerdasan Howard Gardner.docx.

Khusna. (2020). Khusna Farida Shilviana & Tasman Hamami. 8, 159–177.

Larasati, D. (2023). Manajemen Program Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa di MIN 5 Bandar Lampung. Skripsi.

Nurochmah, A., Sutisnawati, A., & Wardana, A. E. (2019). Pengelolaan Satuan Pendidikan dalam Rangka Mencetak Insan Generasi Muda yang Unggul di Sekolah Dasar. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 73–80.

Saputro, R. R., Sukidin, S., & Ani, H. M. (2017). Manajemen Ekstrakurikuler Non-Akademik Siswa di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jurnal Edukasi, 4(3), 49. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6302

Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770

Sundari, A. (2021). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.45

Taufik, R. (2015). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Pengembangan Karakter Siswa. Manajer Pendidikan, 9(4), 494–504. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132313281/semornas fik uny (Faidillah 1).pdf

Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Toni, I. A. (2019). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Dalam Memebentuk Karakter Siswa Di Smk Negeri 2 Salatiga. Satya Widya, 35(1), 54–61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p54-61

Downloads

Published

2025-05-11