PERSEPSI GURU TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PROSES MENGAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hisny Fajrussalam Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ela Hayati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aninda Cholifatunisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Diva Aulia Aktivana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Nuralmira Nuralmira Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24356

Keywords:

Persepsi Guru, Augmented Reality, Proses Mengajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi serta informasi yang mengambil peran sangat berpengaruh terhadap proses mengajar siswa, salah satunya dalam penggunaan media pembelajaran bersifat digital. Media pembelajaran digital sudah menyentuh seluruh rangkaian dalam proses mengajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran persepsi guru terhadap penggunaan media Assemblr Edu berbasis Augmented Reality (AR) dalam proses mengajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif tentang persepsi guru terhadap penggunaan aplikasi Assemblr Edu berbasis Augmented Reality (AR), dengan subjek penelitian 26 responden guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kusioner dan wawancara hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% guru memiliki persepsi baik dan 10% guru memiliki persepsi buruk terhadap penggunaan media Assemblr Edu berbasis Augmented Reality (AR) untuk mengajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi Assemblr Edu berbasis Augmented Reality (AR) dapat memberikan pengalaman mengajar yang menyenangkan, interaktif, serta mudah digunakan oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Siti Nuralmira Nuralmira, Universitas Pendidikan Indonesia

Nama Lengkap: Siti Nuralmira

References

Assemblr. (2018). Assemblr-Visualize Ideas in 3D and AR. Bandung: Google Play.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36-48.

Padang, F. A. L., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2022). Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 38-46.

Rizky, M., Ihwanah, A., Pratama, M. A. P., Muthmainnah, A., & Mutiah, M. (2023). The Influence Media Using the Assemblr Edu Application on Student

Learning Interest in Class V Science Subjects at SD Palembang. Innovative:

Journal Of Social Science Research, 3(2), 9552–9562.

Saraswati, I. D. A. I., Putra, I. M. A. W., & Gunawan, I. M. A. O. (2023).

Pengembangan Media Edukasi Pengenalan Profesi bagi PAUD Melalui Augmented Reality Menggunakan Assemblr. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 348–357.

Supardi, K. (2017). Media Visual dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 160–171.

Yulia, N. M., & Putri, D. D. L. (2024). Pengembangan Media Interaktif Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 6. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(3), 410-419.

Downloads

Published

2025-06-07