PERSEPSI GURU TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PROSES MENGAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24356Keywords:
Persepsi Guru, Augmented Reality, Proses MengajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi serta informasi yang mengambil peran sangat berpengaruh terhadap proses mengajar siswa, salah satunya dalam penggunaan media pembelajaran bersifat digital. Media pembelajaran digital sudah menyentuh seluruh rangkaian dalam proses mengajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran persepsi guru terhadap penggunaan media Assemblr Edu berbasis Augmented Reality (AR) dalam proses mengajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif tentang persepsi guru terhadap penggunaan aplikasi Assemblr Edu berbasis Augmented Reality (AR), dengan subjek penelitian 26 responden guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kusioner dan wawancara hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% guru memiliki persepsi baik dan 10% guru memiliki persepsi buruk terhadap penggunaan media Assemblr Edu berbasis Augmented Reality (AR) untuk mengajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi Assemblr Edu berbasis Augmented Reality (AR) dapat memberikan pengalaman mengajar yang menyenangkan, interaktif, serta mudah digunakan oleh guru.Downloads
References
Assemblr. (2018). Assemblr-Visualize Ideas in 3D and AR. Bandung: Google Play.
Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36-48.
Padang, F. A. L., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2022). Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 38-46.
Rizky, M., Ihwanah, A., Pratama, M. A. P., Muthmainnah, A., & Mutiah, M. (2023). The Influence Media Using the Assemblr Edu Application on Student
Learning Interest in Class V Science Subjects at SD Palembang. Innovative:
Journal Of Social Science Research, 3(2), 9552–9562.
Saraswati, I. D. A. I., Putra, I. M. A. W., & Gunawan, I. M. A. O. (2023).
Pengembangan Media Edukasi Pengenalan Profesi bagi PAUD Melalui Augmented Reality Menggunakan Assemblr. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 348–357.
Supardi, K. (2017). Media Visual dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 160–171.
Yulia, N. M., & Putri, D. D. L. (2024). Pengembangan Media Interaktif Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 6. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(3), 410-419.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.