Pengembangan Media Pembelajaran Digital Scrapbook dalam Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Narasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24367Keywords:
Media Pembelajaran, Digital Scrapbook, Keterampilan Membaca pemahaman, Teks Narasi.Abstract
Keterampilan membaca sangat mempengaruhi proses pembelajaran yang efektif. Dalam menguasai keterampilan membaca, media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dapat membantu peserta didik untuk menarik minat membaca. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang membantu peserta didik menguasai keterampilan membaca pemahaman teks narasi berbentuk Digital Scrapbook. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Pelaksanaan), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik analisis data penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah melalui tahap expert review, uji pengguna one to one evaluation, uji pengguna small group evaluation, dan melalui tahap perbaikan produk. Media pembelajaran digital scrapbook dinyatakan sangat layak digunakan. Skor kelayakan expert review sebesar 93% dan skor kelayakan uji pengguna sebesar 100% dengan 15 responden. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran dapat membantu guru dan menarik minat membaca peserta didik dalam membaca pemahaman teks narasi.Downloads
References
Abdul Muktadir, Prayuningtyas Angger Wardhani, Alrahmat Arif, & Jatu Wahyu Wicaksono. (2020). Media Scrapbook dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 146–156. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i02.18278
Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298
Apriliana, A. C. (2022). the Effect of Drta and Kwl Strategies on Students’ Reading Comprehension Skills in Terms of Their Reading Interest. PrimaryEdu : Journal of Primary Education, 6(1), 14–29. https://doi.org/10.22460/pej.v6i1.2964
Ariani, R. D., Fahrurrozi, & Sarkadi. (2019). Penerapan Metode Quantum Reading Cooperative Script (QRCS) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Skimming dalam Membandingkan Isi Dua Teks pada Siswa Kelas V SDN 02 Cipanas Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Metamorfosa, 7(11), 1–11.
Arifah, M., Putri, N. D., Tanjung, S. A., Ananda, S., Pendidikan, S., Indonesia, S., Bahasa, J., Indonesia, S., Bahasa, F., & Medan, U. N. (2024). Pengaruh Media Digital terhadap Minat Baca Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2016), 24396–24401.
Asih, P. K., Hawanti, S., & Wijayanti, O. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook untuk Keterampilan Membaca. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 87–100. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.25404
Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Minaswati, M., Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1, 102–113. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.958
Hanifah, K., & Rosyida, F. A. (2024). Implementasi Empat Pilar Pendidikan UNESCO dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di MIS Muhammadiyah 4 Jetis Ponorogo. 5(2), 174–195. https://doi.org/10.55380/tarbawi.v5i2.838.
Hasriani. (2021). Belajar Menulis Teks Narasi dengan Teknik Clustering. In R. Fadhli (Ed.), Kanal (Vol. 3). Indonesia Emas Group.
Lestari, N., Anjarini, T., & Ngazizah, N. (2022). Pengembangan Media Scapbook Berbasis Pemecahan Masalah pada Materi Struktur Tumbuhan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 491–497. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2220
Mashuri, C., Permadi, G. S., Vitadiar, T. Z., Mujianto, A. H., Cakra, R., Faizah, A., & Kistofer, T. (2022). Buku Ajar Literasi Digital. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. In R. Holland (Ed.), CEUR Workshop Proceedings (Second Edi). SAGE Publication.
Nisa, S. Z., Enawar, & Latifah, N. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Barret pada Siswa Kelas 4 SDN Karangharja 2. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7893–7899. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3689
Oktafianti, N., & Ain, S. Q. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 182 Pekanbaru. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(3), 351–356. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.3584
Oktavia, N., Tanzimah, T., & Suryani, I. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Bahasa Indonesia tentang Teks Narasi Siswa Kelas V SD. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 203–211. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2599
Qolbiyah, G., Kurniasih, S., & Sundari, F. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Tema Cita-Citaku Subtema Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 1. Jurnal Holistika, 6(2), 65. https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.65-72
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Ristiyah, A. Z., Dewi, A. S., & Mubarok, M. K. (2023). Pengembangan Media Scrapbook untuk Meningkatkan Respon dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2), 1339–1349. https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.5096
Samsu. (2017). Metode Penelitian : Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantittif, dan Mix Method serta Research and Development. In Jambi: Pusaka (Nomor June).
Sihotang, H. (2020). Buku Materi Pembelajaran Pengembangan Pembelajaran (M. Silalahi & I. Jatmoko (ed.)). UKI Press.
Susanto, T. T. D., Solihin, R. R., Fauziyah, E. P., Yanti, N. V. I., & Ramadhania, A. P. (2024). The Efforts of Indonesian Government In Increasing Teacher Quality Based On PISA Result In 2022: A Literature Review. Perspektif Ilmu Pendidikan, 38(1), 57–65. https://doi.org/10.21009/pip.381.6
Veronica, I., Whyu Pusari, R., & Setiawardana, M. Y. (2018). Pengembangan Media Scrapbook pada Pembelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 258. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16222
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.