UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TUNAS BANGSA BULUJARAN LOR TEGALSIWALAN PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24370Keywords:
Singing method, vocabulary ability, EnglishAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Bangsa Bulujuran Lor Tegalsiwalan Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelompok B yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama lima pertemuan pada bulan Februari hingga April 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggris anak. Anak-anak lebih mudah mengingat dan melafalkan kosakata baru ketika pembelajaran dilakukan dengan bernyanyi, karena metode ini menyenangkan dan melibatkan elemen musik yang disukai oleh anak-anak. Kosakata yang diajarkan meliputi kosakata dasar, kosakata umum, dan kosakata khusus, seperti anggota keluarga, nama-nama binatang, buah, waktu, dan warna. Proses pembelajaran yang interaktif dan berulang juga mempermudah anak dalam menguasai kosakata tersebut. Selain itu, pembelajaran melalui bernyanyi juga meningkatkan keterampilan sosial dan emosional anak, seperti rasa percaya diri dan kemampuan berinteraksi dengan teman-teman serta guru. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode bernyanyi merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada anak usia dini. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik anak usia 5-6 tahun, serta memberikan alternatif bagi guru untuk memperkenalkan Bahasa Inggris secara kreatif dan efektif.Downloads
References
Afifah, U. N. (2024). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Al Hidayah Mejayan. IAIN Ponorogo.
Maki, Z. (2024). Desain Pendidikan Inklusif Dalam Membangun Kecerdasan Intrapersonal Dan Interpersonal Penyandang Disabilitas Berbasis Al-Qur’an. Institut PTIQ Jakarta.
Yolanda, N., Amrillah, H. M., & Putri, R. Y. (2025). Dampak Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Penyimpangan Sikap Dan Perilaku Anak Usia 5-6 Tahun Di Rt 003 Rw 002 Kelurahan Talang Benih Kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Jurnal :
Fitriani, D. A., & Sulistiyana, S. (2024). MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF MENGGUNAKAN MODEL TIME TOKEN, METODE BERCERITA, MEDIA DIGITAL PADA ANAK KELOMPOK B3. Jurnal Inovasi Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 50.
Huzaifah, N., & Maulani, H. (2024). LEARNING MUFRODAT WITH SINGING METHOD IN MEMORIZING VOCABULARY IN MADRASAH IBTIDAIYAH AL KHAIRIYAH. ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 67–78.
Laila, A. N., & Candraloka, O. R. (2019). Pemanfaatan Potensi Alam sebagai Alat Permainan Edukatif di PAUD Delima Jobokuto Jepara. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 76–82. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.2883
Madina, G., & Puspitasari, D. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia 5-6 Tahun. SINAU Seminar Nasional Anak Usia Dini, 1, 170–177.
Saleha, L. (2023). Servant Leadership : Maintaining Teacher Commitment And Building Community Trust. Journal of Journal of Social Studies and Education, 01(01), 14–25.
Saleha, L., Baharun, H., & Utami, W. T. (2022). Implementation of Digital Literacy in Indonesia Early Childhood Education. International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education, 4(1), 12–22. https://doi.org/10.31098/ijeiece.v4i1.894
Sunardi, N. R., Surahmat, Z., Anirah, A., & Rahmaniar, R. (2025). PENERAPAN METODE GAME BASED LEARNING MELALUI MEDIA BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 4(1), 49–60.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.