PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS IV

Authors

  • Nur Ilmi Universitas Negeri Makassar
  • Nurfadhilah Faharuddin Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Asrul Sultan Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24386

Keywords:

CIRC model, literacy skills, reading understading

Abstract

This research focuses on the literacy skills of class IV students. This study question is how to implement a learning model in class IV UPT UPT State Elementary School 202 Pinrang. The purpose of this research is to determine the process and results of implementing CIRC learning models in improving the literacy skills of reading class IV students’ understanding. This research approach is a qualitative approach. The type of research used is Class Action Research (PTK). Data were collected through observations, dokumentas, and tests. Data is processed through data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The subject of this study were 18 people consisting of 1 teacher and 17 class IV students. The results show that learning on the I cycle gets sufficient value (C), but these results do not yet meet standards. The results of research on cycle learning II show good value (B) which where student activity is in high qualifications. The conclusion of the results of this study indicate that the application of a learning model of CIRC can increase the literacy skills of grade IV students in UPT SD Negeri 202 Pinrang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuningrum, Syamzah. & Dyah Anungrat Herzamzam. (2021). Konsep dan Implementasi Pembelajaran Membaca Pemahaman di SD Kelas VI. Jurnal Social, Humanities, and Education Studies. 5 (2).

Bariah, S., et al. (2024). Buku Ajar Strategi Pembelajaran. Jambi; PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Budiyanto, Moch Agus Krisno. (2016). SINTAKS 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL). Malang; Universitas Muhammadiyah Malang.

Hasanah,Z., & Himami, AS. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Iryaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1 (1).

Hendrisman, H., Yuhasnil, Y., & Hasmi, L. (2023). Penggunaan Model Model Pembelajaran CIRC terhadap Keterampilan Menulis Artikel. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 6(2), 275–286.

Ilmi, N., Syam, N., Rasmi Djabba, & Rosdiana Nasrul. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Coopretive Integrated Reading and Compostion (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman. Phinisi Integration Review, 7(6).

Khusnia, M., Nur Kholidin, & Dyah Pravitasari. (2022). Kesulitan Membaca Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas III di SDN Pujo Rahayu). Journal of Elementary School, 1(1).

Kusumawardani, E. W., Sholikhakh, R. A., & Ponoharjo. (2021). Prestasi Belajar Matematika Tetap Sip dengan Penerapan Aplikasi Google Meet. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(3).

Lestari, L., & Zaka Hadikusuma Ramadan. (2024). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 13(1).

Lubis, M. A., & Azizan Nasran. (2019). Pembelajaran Tematik SD/MI Implementasi Kurikulum 2013 Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills. Yogyakrta; Samudera Biru.

Lukman., Shasliani., & Nur Rizki. (2022). Penerapan Model Pembelajaran PjBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V UPTD SDN 56 Parepare. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2).

Manna, A., et al. (2023). Pendidikan Literasi. Yogyakarta; Selat Media Partners

Mistendeni. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Integrated Rading and Composition (CIRC) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Workshop Nasional Kompetensi Guru Sekolah Dasar, 3(3).

Mustadi, A., et al. (2021). Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra yang Efektif di Sekolah Dasar. Yogyakarta; UNY Press.

Nani, N., Anitra, R., & Hendriana, E. C. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 228–239.

Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2018). Penerapan Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (1).

Nurhayati, E. (2021). Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Eksploration Learning pada Siswa Kelas XII-IPS-2 Semester Ganjil di SMA Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Revolusi Pendidikan, 4(3).

Prasetya, Teguh Arie., et al. (2025). Pengaruh Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 9 (2).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. (2021). Standar Pendidikan Nasional. 102502.

Purnamasari, M., Neneng Sri Wulan, & Elli Suharti. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pembagian Bersusun Melalui Media Dakon di Kelas IV SDN 178 Gegerkalong KPAD Bandung. Pedadikta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah, 10(3).

Rahma, A., et al. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(1).

Rahmalia, Siti Maulida., & Neng Diva Sabila. (2024). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Fungsi, dan Tujuan. Jurnal Karimah Tauhid. 3 (5)..

Simbolon, N., & Khoiri, C. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia Agustus, 1 (1).

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Edunomika, 2(1).

Syaadah, R., et al. (2022). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal, dan Pendidikan Informal. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Tantri, Ade Asih Susiari. (2016). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Acarya Pustaka. 2 (1).

Yulia., Israwaty, I., & Sri Ramadani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 86.

Zen, N. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Ara. Jurnal El-Ibtikar, 8(2).

Downloads

Published

2025-06-03