PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 117 PEKANBARU

Authors

  • Hariska Yunila Universitas Riau, SDN 117 Pekanbaru
  • Dandi Rahmana Universitas Riau
  • Nailatis Sa'adah Universitas Riau
  • Aida Irona Universitas Riau
  • Maya Erlita Universitas Riau
  • Nurhijjah Tiur. S Universitas Riau
  • Jesi Alexander Alim Universitas Riau
  • Nelda Wita SDN 117 Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24393

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini memiliki tujuan untuk meningkatkan capaian belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika melalui penggunaan model Project Based Learning (PjBL). Kegiatan ini berlangsung di SD Negeri 117 Pekanbaru dengan mengikut sertakan 27 peserta didik kelas V sebagai subjek. Alasan utama dilaksanakannya penelitian tersebut adalah rendahnya hasil capaian belajar serta kurang aktifnya peserta didik dalam belajar matematika, yang merupakan pengaruh dari metode belajar yang berorientasi pada guru. Model penelitian yang digunakan dalam kegiatan ini diadopsi dari Kemmis dan McTaggart, yang tersusun atas empat tahapan sistematis, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Keempat tahapan ini dilaksanakan dalam dua siklus untuk memperoleh hasil yang optimal. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, evaluasi, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik: nilai rata-rata meningkat dari 52,96 pada pra-siklus menjadi 79,62 pada siklus pertama, dan menjadi 80,00 di siklus kedua. Persentase peserta didik yang melewati kriteria ketuntasan belajar naik dari 48,5% menjadi 81,48% dan kemudian 88,89%. Model PjBL tidak hanya berdampak positif terhadap pencapaian akademik peserta didik, tetapi juga mendorong keterlibatan, kemampuan berpikir kritis, serta kerja sama. Oleh sebab itu, penerapan PjBL dapat menjadi strategi yang sangat efektif untuk menciptakan pembelajaran matematika yang bermakna bagi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

bdulhalk, I., Suprayogi, U. (2013).

Penelitian Tindakan Dalam

Pendidikan Nonformal. Jakarta:

PT. Rajagrafindo Persada.

Aqib, Z., & Amrullah, A. (2019).

Penelitian Tindakan Kelas,

Penelitian Tindakan Sekolah,

Penelitian Tindakan Bimbingan

Konseling. Yogyakarta: Penerbit

Andi.

Manurung, S. H. (2016). Upaya

Meningkatkan Kreativitas Dan

Hasil Belajar Matematika Siswa

Dengan Menggunakan Model

AIR (Auditory, Intellectually,

Repetition) Pada Siswa Kelas

VIII MTS negeri Rantauprapat

T.P 2014/2015. Jurnal EduTech,

2(1), 97-107

Ngalimun. (2013). Strategi dan model

pembelajaran. Sleman

Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Menggunakan Model Talking

Stick Pada Mata Pelajaran PAI Di

SMP. Jurnal Kajian

Pembelajaran dan Keilmuan,

5(1), 25-28.

Purwanto, N. (2019). Tujuan

Pendidikan Dan Hasil Belajar:

Domain Dan Taksonomi. Jurnal

Teknodik, 146.

Ramadhan, A., Nadhira, A. (2022).

Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Solusi Alternative Problematika

Pembelajaran Dengan Berbasis

Kearifan Lokal dan Penulisan

Artikel Ilmiah Sesuai Dengan

Kurikulum Tahun 2013 Di

Downloads

Published

2025-06-14