HUBUNGAN ANTARA KUALITAS DAN MUTU DALAM PENDIDIKAN BERBASIS RADIKAL DAN ANARKIS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24412Keywords:
Kualitas Pendidikan, Mutu Pendidikan, Radikalisasi, Anarkisme, Pendidikan Karakter.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas dan mutu dalam pendidikan yang berbasis radikal dan anarkis, di mana perubahan sosial dan ideologi ekstrem dapat mempengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan, terutama dalam hal pencapaian tujuan pendidikan yang efektif dan pengembangan karakter siswa. Latar belakang penelitian ini berfokus pada fenomena meningkatnya ideologi radikal yang dapat memengaruhi kualitas pendidikan, terutama dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan kondusif untuk pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana kualitas pendidikan yang diterapkan dalam sistem pendidikan yang radikal dan anarkis berhubungan dengan mutu pendidikan yang dihasilkan, serta dampaknya terhadap pembentukan karakter dan pola pikir siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan analisis dokumen yang relevan, serta observasi terhadap praktik pendidikan di lingkungan yang berbasis radikal dan anarkis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pendidikan dalam lingkungan tersebut seringkali terdistorsi oleh pengaruh ideologi yang mengarah pada ketidakstabilan, yang berdampak pada rendahnya mutu pendidikan yang dihasilkan, termasuk karakter siswa yang terbentuk. Kesimpulannya, pendidikan yang berbasis radikal dan anarkis dapat mengurangi kualitas dan mutu pendidikan, karena menghambat pengembangan potensi siswa secara maksimal dan menciptakan ketegangan dalam sistem pendidikan yang sehat dan seimbangDownloads
References
Ahyani, H., Permana, D., & Abduloh, A. Y. (2020). Pendidikan Islam dalam Lingkup Dimensi Sosio Kultural di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(2), 273–288.
Anderson, T. (2003). Getting the mix right again: An updated and theoretical rationale for interaction. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 4(2).
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Arikunto, S. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Bali, M. M. E. I., & Hajriyah, H. B. (2020). Modernisasi pendidikan agama Islam di era revolusi industri 4.0. MOMENTUM: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 9(1), 42–62.
Fuad, A. J. (2018). Pembelajaran toleransi: upaya guru pendidikan agama Islam dalam menangkal paham radikal di sekolah. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, (Series 2), 561–571.
Gultom, F., & NABABAN, R. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Literasi Nusantara.
Hamdi, M. M., Yusuf, M., & Jawhari, A. J. (2023). Manajemen pendidikan karakter. JURNAL PIKIR: Jurnal Studi Pendidikan Dan Hukum Islam, 9(1), 1–14.
Hasan, F. G. (2024). Pembelajaran Pesantren Intensif dalam Menangkal Radikalisme di Sekolah Menengah Kejuruan Plus Al Ma’arif Singosari.
Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi dalam pembentukan karakter siswa. Journal on Education, 3(3), 216–222.
Lee, J. (2014). Moral and character education in Korea. Handbook of Moral and Character Education, 268–284.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Morelent, Y. (2015). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–152.
Mukhibat, M. (2012). Reinventing nilai-nilai Islam, budaya, dan Pancasila dalam pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 247–265.
Nafsiyah, F., & Wardan, K. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Radikalisme di Kalangan Remaja. Al-Rabwah, 18(2), 93–104.
Nurhayati, N., Nasir, M., Mukti, A., Safri, A., Hasibuan, L., & Anwar, K. (2022). MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 594–601.
Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). DETERMINASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM : SISTEM PENDIDIKAN , PENGELOLAAN PENDIDIKAN , DAN TENAGA PENDIDIKAN ( LITERATUR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ). 3(1), 451–464.
Saputra, M. N. A., Mubin, M. N., Abrori, A. M., & Handayani, R. (2021). Deradikalisasi Paham Radikal Di Indonesia: Penguatan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Moderasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 282–296.
Sugiyono. (2016). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.