IMPLEMENTASI PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING(CRT) BERBANTUAN ALAT PERAGA PASAR IMPIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24444Keywords:
Hasil belajar, Pendekatan CRT, Alat peraga, Pembelajaran IPASAbstract
Mengimplementasikan pembelajaran berbasis budaya melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan alat peraga sebagai salah satu solusi tantangan pembelajaran abad 21. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN Jember Lor 05 melalui pendekatan CRT menggunakan alat peraga papan impian. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan 4 tahapan pada tiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Jember Lor 05 yang terdiri dari 27 siswa. Hasil penelitian yaitu pada tahap pra siklus hanya 14,8% sisnya yang tuntas . Kemudian hasil belajar siswa meningkat pada siklus I sebesar 55,5% dan pada siklus II mencapai ketuntasan dengan 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa pendekatan CRT menggunakan alat peraga papan impian mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi aku dan kebutuhanku kelas IV SD.Downloads
References
Lahisa, A. I. Y., Asih, S. S., & Hilda, E. M. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Indonesia Kaya Budaya Melalui Pendekatan CRT Dengan Berbantuan Media Wordwall Pada Siswa Kelas IV SDN Banyumanik 01 Tahun Ajaran 2023/2024. Prosiding Webinar Penguatan Calon Guru Profesional, 28–40.
Maskhanah, D. T. S., Lestari, A. B., & Dewi, N. R. (2023). Peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik melalui pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) dengan alat evaluasi berbasis kearifan lokal kesenian gamelan pada materi getaran dan gelombang. Proceeding Seminar Nasional IPA.
Maskhanah, D. T. S., Lestari, A. B., & Dewi, N. R. (2023, July). Peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik melalui pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) dengan alat evaluasi berbasis kearifan lokal kesenian gamelan pada materi getaran dan gelombang. In Proceeding Seminar Nasional IPA.
Nasution, D. N., Efendi, U. R., & Yunita, S. (2023). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching pada Mata Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah,(1), 171–177.
Nawa, K., & Sirait, D. (2024). PENGARUH CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERHADAP PARTISIPASI DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SDN 060812 MEDAN. JPRONUS-Jurnal Pendidikan Profesi Guru Nusantara, 1(02), 63-70.
Parhapuran.
Putri, N. W. S., Suandhi, I. W., & Putra, I. G. N. N. (2017). Implementasi Strategi Pembelajaran Tandur Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajarsiswa Kelas Ii Sd Negeri 1 Singapadu
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.