Meningkatkan Keterampilan Computational Thinking Anak Dengan Menggunakan AI Berbasis Aplikasi Android Solite Kids

Authors

  • Pascalian Hadi Pradana Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Pirda Dwi Agustin Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Hisbiyatul Hasanah Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24471

Keywords:

android solite kids, computational thinking, early childhood

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan antara lain: 1) rendahnya keterampilan computational thinking anak usia dini 2) pada saat mengajar guru masih menggunakan cara yang monoton. Menindaklanjuti permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan Computational Thinking anak usia dini melalui penggunaan AI berbasis aplikasi Android Solite Kids. Aplikasi Android Solite Kids merupakan game edukatif berbasis kecerdasan buatan (AI), yang beroperasi di platform Android, game ini didesain dengan bentuk dan cara bermain yang tidak membosankan selain itu juga terdapat banyak pilihan permainan. Penelitian ini dilakukan di TK Kartini Gumukcandi dengan 25 anak dalam kelompok B1 dengan menggunakan aplikasi edukatif berbasis AI bernama Solite Kids. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan, yang terdiri dari dua siklus, masing-masing mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setelah data perkembangan  Computational Thinking anak dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dilakukan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan Computational Thinking anak-anak mengalami peningkatan dari 48% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi Solite Kids dapat menjadi alat pembelajaran yang menarik dan cukup efektif untuk membantu anak-anak usia dini unutk belajar berpikir logis dalam memecahkan masalah. Game ini juga mendorong anak-anak untuk belajar melalui permainan yang bervariasi dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sit Masganti, Arlina, W. (2021).

Pengaruh Permainan Super

Smart Kids Terhadap

Kecerdasan Logika-Matematika

Anak Usia Dini. Indonesian

Journal of Islamic Early

Childhood Education, 6(2), 155–

165.

Solfiah, Y., Hukmi, H., &

Febrialismanto, F. (2021). Games

Edukatif Berbasis Android untuk

Meningkatkan Kemampuan

Mengenal Angka Anak Usia Dini.

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 6(3), 2146–2158.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v

6i3.910

Sukamto, T. S., Pertiwi, A., Affandy,

Syukur, A., Hafdhoh, N., &

Hidayat, E. Y. (2019).

Pengenalan Computational

Thinking Sebagai Metode

Problem Solving Kepada Guru

dan Siswa Sekolah di Kota

Semarang THE INTRODUCTION

OF COMPUTATIONAL

THINKING AS A PROBLEM

SOLVING METHOD FOR

TEACHERS AND STUDENTS IN

SEMARANG CITY. Abdimasku,

2(2), 99–107.

Wati, I., & Kamila, I. (2019).

Pentingnya Guru Professional

dalam Mendidik Siswa Milenial

Untuk Menghadapi Revolusi 4.0.

Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan Program

Pascasarjana Universitas PGRI

Palembang, 12(1), 364–370.

Wulandari, Haftani, D. A., Ridwan, T.,

& Putri, D. I. H. (2021).

Pemanfaatan Platform Scratch

dalam Pembelajaran Koding di

Sekolah Dasar untuk mengasah

kemampuan Computational

Thinking pada Siswa. Renjana

Pendidikan 1: Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan Dasar

PGSD, 495–504.

Yasin, M. (2020). COMPUTATIONAL

THINKING UNTUK

PEMBELAJARAN DASAR-

DASAR COMPUTATIONAL

THINKING UNTUK

PEMBELAJARAN DASAR -

DASAR PEMROGRAMAN

KOMPUTER akan membantu

mereka menghadapi tuntutan

kehidupan abad ke - 21 dengan

lebih baik . Researchgate, April,

0–11.

Downloads

Published

2025-06-10