Meningkatkan Keterampilan Computational Thinking Anak Dengan Menggunakan AI Berbasis Aplikasi Android Solite Kids
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24471Keywords:
android solite kids, computational thinking, early childhoodAbstract
Berdasarkan permasalahan yang ditemukan antara lain: 1) rendahnya keterampilan computational thinking anak usia dini 2) pada saat mengajar guru masih menggunakan cara yang monoton. Menindaklanjuti permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan Computational Thinking anak usia dini melalui penggunaan AI berbasis aplikasi Android Solite Kids. Aplikasi Android Solite Kids merupakan game edukatif berbasis kecerdasan buatan (AI), yang beroperasi di platform Android, game ini didesain dengan bentuk dan cara bermain yang tidak membosankan selain itu juga terdapat banyak pilihan permainan. Penelitian ini dilakukan di TK Kartini Gumukcandi dengan 25 anak dalam kelompok B1 dengan menggunakan aplikasi edukatif berbasis AI bernama Solite Kids. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan, yang terdiri dari dua siklus, masing-masing mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setelah data perkembangan Computational Thinking anak dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dilakukan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan Computational Thinking anak-anak mengalami peningkatan dari 48% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi Solite Kids dapat menjadi alat pembelajaran yang menarik dan cukup efektif untuk membantu anak-anak usia dini unutk belajar berpikir logis dalam memecahkan masalah. Game ini juga mendorong anak-anak untuk belajar melalui permainan yang bervariasi dan menyenangkan.Downloads
References
Sit Masganti, Arlina, W. (2021).
Pengaruh Permainan Super
Smart Kids Terhadap
Kecerdasan Logika-Matematika
Anak Usia Dini. Indonesian
Journal of Islamic Early
Childhood Education, 6(2), 155–
165.
Solfiah, Y., Hukmi, H., &
Febrialismanto, F. (2021). Games
Edukatif Berbasis Android untuk
Meningkatkan Kemampuan
Mengenal Angka Anak Usia Dini.
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 6(3), 2146–2158.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v
6i3.910
Sukamto, T. S., Pertiwi, A., Affandy,
Syukur, A., Hafdhoh, N., &
Hidayat, E. Y. (2019).
Pengenalan Computational
Thinking Sebagai Metode
Problem Solving Kepada Guru
dan Siswa Sekolah di Kota
Semarang THE INTRODUCTION
OF COMPUTATIONAL
THINKING AS A PROBLEM
SOLVING METHOD FOR
TEACHERS AND STUDENTS IN
SEMARANG CITY. Abdimasku,
2(2), 99–107.
Wati, I., & Kamila, I. (2019).
Pentingnya Guru Professional
dalam Mendidik Siswa Milenial
Untuk Menghadapi Revolusi 4.0.
Prosiding Seminar Nasional
Pendidikan Program
Pascasarjana Universitas PGRI
Palembang, 12(1), 364–370.
Wulandari, Haftani, D. A., Ridwan, T.,
& Putri, D. I. H. (2021).
Pemanfaatan Platform Scratch
dalam Pembelajaran Koding di
Sekolah Dasar untuk mengasah
kemampuan Computational
Thinking pada Siswa. Renjana
Pendidikan 1: Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan Dasar
PGSD, 495–504.
Yasin, M. (2020). COMPUTATIONAL
THINKING UNTUK
PEMBELAJARAN DASAR-
DASAR COMPUTATIONAL
THINKING UNTUK
PEMBELAJARAN DASAR -
DASAR PEMROGRAMAN
KOMPUTER akan membantu
mereka menghadapi tuntutan
kehidupan abad ke - 21 dengan
lebih baik . Researchgate, April,
0–11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.