IMPLEMENTASI MEDIA PAPAN SUMBER DAYA ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 5B SDN PAKIS V SURABAYA

Authors

  • Haniyah Alivia Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Diyas Age Larasati Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Nanda Dini Novayanti SDN Pakis V / 372 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24475

Keywords:

Papan Sumber Daya Alam, Hasil Belajar Kognitif Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas 5B SDN Pakis V Surabaya pada mata pelajaran IPAS, khususnya pada materi Sumber Daya Alam. Pembelajaran yang cenderung monoton dan kurangnya pemanfaatan media menjadi salah satu penyebabnya. Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi media Papan Sumber Daya Alam dan mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa kelas 5B pada mata pelajaran IPAS setelah penggunaan media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas 5B SDN Pakis V Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar (pre-test dan post-test tiap siklus) dan lembar observasi aktivitas siswa serta guru. Data hasil belajar dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan membandingkan nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media Papan Sumber Daya Alam berjalan efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terjadi peningkatan signifikan pada nilai rata-rata kelas dan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari Siklus I dengan persentase 62,1% ke Siklus II dengan persentase 89,7%. Selain itu, observasi menunjukkan peningkatan keaktifan dan antusiasme siswa selama proses pembelajaran. Disimpulkan bahwa penggunaan media Papan Sumber Daya Alam efektif meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas 5B SDN Pakis V Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Diyas Age Larasati, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Diyas Age Larasati, S.Pd., M.Pd. adalah Dosen FKIP Universitas Wijaya Kusuma Surabaya 

Nanda Dini Novayanti, SDN Pakis V / 372 Surabaya

Nanda Dini Novayanti, S.Pd., adalah guru kelas 4B SDN Pakis V / 372 Surabaya

References

Anggraini, D. N., Larasati, D. A., & Tomasoa, Y. B. (2024). Peningkatan Pemahaman Materi Perubahan Wujud Benda Melalui Model PjBL Pada Siswa Kelas 4 SDN Pakis V Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(12), 317–321.

Astuti, R. P., & Kurniawan, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Basicedu, 4(4), 897–904. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.466

Chairunnisa, C., Jauza, N. A., Fitri, D. A., Tanjung, H. K., & Amin, S. (2023). Peranan Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam. Guruku: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(3), 116–130.

Elisa, E., Prabandi, A. M., Istighfarini, E. T., Alivia, H., Inayah, L. W., & Nuraini, L. (2022). Analisis Konsep-Konsep Fisika Berbasis Kearifan Lokal Pada Jajanan Tradisional Dawet dan Klepon. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 194–199.

Fitriana, E. & Supriatna, N. (2023). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sumber Daya Alam Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1123–1132.

Hidayat, M. F., Ikhsanudin, M., Kholil, K., & Ridha, A. (2024). Penerapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Solusi di Madrasah. Jurnal Al-Tarbiyah. 3(1), 198–208.

Kusuma, Y. A., Muhroji, M., & Ratnawati, W. (2022). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Kelas V. Educatif: Journal of Education Research, 4(3), 139–143.

Permatasari, N. E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Gambar. JPSD: Jurnal Pendidikan sekolah Dasar, 3(2), 96–104.

Pratama, R. A., & Putra, R. W. Y. (2021). Analisis Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 8974–8979. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10113

Rahmawati, A., Susanto, R., & Guritno, A. (2022). Pengembangan Media Papan Pintar Keberagaman Sumber Daya Alam Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUVIDA: Journal of Elementary Education, 2(1), 169–180. https://doi.org/10.36923/edv.v2i1.106

Sari, R. K., Eliyarti, E., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 10 Sungai Sapih Padang. Jurnal Basicedu, 4(2), 375–382. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.354

Wahyuni, S., & Taufina, T. (2020). Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 878–886. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.463

Downloads

Published

2025-05-12