pendidikan agama islam SIKAP KEBERAGAMAAN DITINJAU DARI LATAR BELAKANG KELUARGA
SIKAP KEBERAGAMAAN DITINJAU DARI LATAR BELAKANG KELUARGA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24483Keywords:
sikap keberagamaan, keluarga, pendidikan agama, remaja, Clifford GeertzAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap keberagamaan remaja karang taruna dengan melihat latar belakang keluarga mereka. Latar belakang masalah yang mendasari adalah adanya keragaman sikap keberagamaan di kalangan remaja yang disebabkan oleh faktor pendidikan orang tua, pekerjaan, dan kondisi sosial ekonomi keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja dengan latar belakang keluarga yang religius dan stabil secara ekonomi cenderung memiliki sikap keberagamaan yang tinggi. Selanjutnya, remaja yang berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi menengah dan pendidikan agama yang cukup umumnya menunjukkan sikap keberagamaan yang moderat atau sedang—tidak terlalu kuat namun tetap menunjukkan praktik keagamaan yang konsisten. Sementara itu, remaja dari keluarga dengan tingkat pendidikan agama dan kondisi sosial ekonomi yang rendah menunjukkan sikap keberagamaan yang cenderung lemah. Tipologi Clifford Geertz—Santri, Priyayi, dan Abangan—digunakan untuk memetakan keberagamaan remaja berdasarkan latar belakang keluarga. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendidikan agama dalam keluarga sebagai pondasi utama pembentukan sikap keberagamaan remajaDownloads
References
[1] R. Mahera, “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Keagamaan Pada Siswa,” J. At’talim, Vol. 19, No. 1, Pp. 209–232, 2020, Doi: 10.29300/Atmipi.V19.I1.2433.
[2] D. Irawan, “Kekerasan Atas Nama Agama Dan Solusi Konflik Membangun Perdamaian,” Borneo J. Islam. Stud., Vol. 3, No. 2, Pp. 107–116, 2023, Doi: 10.37567/Borneo.V3i2.1964.
[3] M. A. A. Mamun And M. Hasanuzzaman, “Upaya Peningkatan Sikap Keagamaan Bagi Remaja Islam Di Desa Kebon Damar Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur,” Energy Sustain. Dev. Demand, Supply, Convers. Manag., Pp. 1–14, 2020.
[4] N. Nuraini, “Peranan Pengaruh Keberagamaan Orang Tua Terhadap Anak.,” No. Mm, Pp. 1–18, 2019.
[5] A. D. Muchtar And A. Suryani, “Upaya Menangani Permasalahan Dalam Perkembangan Remaja (Tinjauan Aspek Keberagamaan),” Edumaspul J. Pendidik., Vol. 4, No. 2, Pp. 408–416, 2020, Doi: 10.33487/Edumaspul.V4i2.591.
[6] H. Y. Pradikta And H. Muhammad, “Problematika Dan Peran Keluarga Dalam Mencegah Perkawinan Sedarah,” El-Izdiwaj Indones. J. Civ. Islam. Fam. Law, Vol. 1, No. 1, Pp. 96–107, 2020, Doi: 10.24042/El-Izdiwaj.V1i1.7151.
[7] E. W. Lestari And I. Anshori, “Pendidikan Keagamaan Anak Keluarga Muslim Perdesaan Pada Era Industri 4.0,” Ta’dibuna J. Pendidik. Islam, Vol. 10, No. 3, P. 319, 2021, Doi: 10.32832/Tadibuna.V10i3.4939.
[8] S. Keberagamaan Et Al., “Sikap Keberagamaan Masyarakat Muslim Dan Hindu Di Desa Sumber Agung Kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan,” 2022.
[9] S. R. Amrozi, “Keberagamaan Orang Jawa Dalam Pandangan Clifford Geertz Dan Mark R. Woodward,” Fenomena, Vol. 20, No. 1, Pp. 61–76, 2021, Doi: 10.35719/Fenomena.V20i1.46.
[10] S. P. Sari And N. Fitri, “Sikap Keberagamaan Masyarakat Di Nagari Abai Siat Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya,” Menara Ilmu, Vol. Xv, No. 02, Pp. 94–101, 2021.
[11] W. P. Anggraini, “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Terhadap Akhlak Remaja Di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur,” Fak. Tarb. Dan Ilmu Kegur. Jur. Pendidik. Agama Islam, Pp. 1–86, 2020.
[12] A. Yusuf Prasetiawan And L. Ma`Rifataini, “Sikap Keberagamaan Siswa Di Sekolah Islam Terpadu,” J. Pendidik. Agama Islam Al-Thariqah, Vol. 6, No. 2, Pp. 424–443, 2021, Doi: 10.25299/Al-Thariqah.2021.Vol6(2).7760.
[13] A. M. Abdurahman And A. Suhartini, “Pembentukan Sikap Keberagamaan Peserta Didik Melalui Kegiatan Pesantren Sabtu Ahad (Petuah),” Al-Fikri J. Stud. Dan Penelit. Pendidik. Islam, Vol. 6, No. 1, P. 98, 2023, Doi: 10.30659/Jspi.V6i1.28567.
[14] G. A. Mubarok And E. Muslihah, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Membentuk Sikap Keberagaman Dan Moderasi Beragama,” Geneologi Pai J. Pendidik. Agama Islam, Vol. 9, No. 1, Pp. 115–130, 2022, Doi: 10.32678/Geneologipai.V9i1.6616.
[15] E. Saputra, “Dampak Sosial Media Terhadap Sikap Keberagamaan Remaja Dan Solusinya Melalui Pendidikan Agama Islam,” Dampak Sos. Media Terhadap Sikap…, Vol. 8, No. 2, P. 160, 2020.
[16] D. Wahidin And W. D. Aryani, “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Budaya Religius Sekolah Terhadap Kedisiplinan Beragama (Penelitian Kuantitatif Kepada Siswa Smp Plus …,” J. Educ. …, Vol. 10, No. 3, Pp. 533–538, 2022, [Online]. Available: Https://Journal.Ipts.Ac.Id/Index.Php/Ed/Article/View/4094%0ahttps://Journal.Ipts.Ac.Id/Index.Php/Ed/Article/Download/4094/2660
[17] M. Salah, S. Syarat, M. Gelar, And M. Pendidikan, Peran Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Remaja (Studi Kasus Desa Bekutuk Jawa Tengah). 2024.
[18] Q. Adar Bakhshbaloch, “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Relighusitas Orang Tua Terhadap Perkembangan Ral Siswa Kelas Vii Mts Negeri Wonosobo,” Vol. 11, No. 1, Pp. 92–105, 2019.
[19] Fatmawati, “Peran Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Islam Bagi Remaja,” J. Risal., Vol. 27, No. 1, Pp. 17–31, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.