IMPLEMENTASI ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MIS AL-IKHLAS DONGGO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.24488Keywords:
Ice Breaking, Minat Belajar, Strategi Pembelajaran, MIS Al-Ikhlas Donggo.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi ice breaking dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIS Al-Ikhlas Donggo. Latar belakang penelitian ini di dasari oleh rendahnya minat belajar siswa yang kurang optimal. Ice breaking diterapkan sebagai strategi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, membangun kepercayaan diri, serta meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, adapun alasan menggunakan metode ini adalah karena ingin menggali, mengamati, atau mencari data-data yang lebih akurat terkait dengan penelitian tersebut, dan berdasarkan jenis datanya penelitian ini menggunakan metode penelitian tersebut, dan berdasarkan jenis datanya penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ice breaking secara efektif mampu meningkatkan minat belajar siswa, ditandai dengan meningkatnya antusiasme, perhatian dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Dengan demikian, implementas ice breaking dapat dijadikan alternative strategi pembelajaran untuk menciptakan suasana kelas yang lebih hidup dan mendorong prestasi akademik siswaDownloads
References
Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61.
Agave, Q. (2020). Teknik Dokumentasi Dan Pelaporan Dalam Tataran Klinik. Jurnal Keperawatan Indonesia, 2(1), 17.
Algivari, A., & Mustika, D. (2022). Teknik Ice Breaking pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 433–439.
Dwi Zakiyyah1, Meidawati Suswandari2, N. K. (2022). Journal of Educational Learning and Innovation. 2(1), 73–85.
Fajarudin, A. A., Samsudi, A., & Lailatul Mas’adah, N. (2021). Teknik Ice Breaking sebagai Penunjang Semangat dan Konsentrasi Siswa Kelas 1 MI Nurul Islam Jatirejo. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 2(2), 147–176.
Hamdiyah, A. (2019). Pengaruh Metode Menyanyi Melalui Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–5.
Harianja, M. M. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar May Muna Harianja 1 , Sapri 2. 6(1), 1324–1330.
Haryati, F. D., & Puspitaningrum, D. (2023). Implementasi ice breaking sebagai pematik motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 4(1), 99–106.
Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep,Teknik, & Prosedur Analisis).
Ilham, I., & Supriaman, S. (2022). Pengaruh Metode Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Siswa Di Kelas V Sd Negeri 26 Dompu. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 60–70.
Luthfiyah, Muh. Fitrah. 2017. “Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas Dan Studi Kasus.” Metologi Penelitian 2(November):26.
Mai Sri Lena, Sahrun Nisa, Tiara Utari, & Hafsah Anas. (2023). Efektivitas Implementasi Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat dan Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 240–248.
Nafisah, L., Zakiyah, N., Khobir, A., Mahmudah, U., & Arab, L. B. (2022). Jurnal Kajian Pendidikan Dasar ISSN: (media online): 2808-1331. 55, 40–49.
Nanda, V. P., Rahman, N. A., Syahrial, S., & Noviyanti, S. (2022). Implementasi Ice Breaking dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SDN 64/I Teratai. As-Sabiqun, 4(2), 296–310.
Noviyanti, S., Diah Eka Puspita, S., & Riska, T. (2022). Implementasi Teknik Ice Breaking Pada Pembelajaran Di Sd 64/I Muara Bulian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 501–510.
Nurdaniyah, L. (2018). Hubungan Antara Metode Pembelajaran Problem Beased Learning Dengan Minat dan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Kelas Dua. 3(3), 53–54.
Puspita, Y. P. (2023). Implementasi Ice Breaking untuk Menciptakan Kesiapan Belajar dan Pembelajaran yang Menyenangkan pada Anak Usia Dini. Journal on Education, 5(4), 11846–11854.
Rahmawati, M., Rakhman, P. A., & Rokmanah, S. (2023). Implementasi Dan Manfaat Ice Breaking Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik SDN Blok I Cilegon. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 10(1), 66–74.
Reski, N. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490.
Sarbaitinil, Muzakkir, Muhammad Yasin, Irfan Sepria Baresi, & Muhammadong. (2024). Menumbuhkan Minat Belajar Siswa melalui Metode Pembelajaran Kreatif. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 367–379.
Sugito, S. (2021). Pengenalan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(2), 1–6.
Yusuf, A. Mur. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan.” Hal. 12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.