IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH DASAR ABAD KE-21: STUDI LITERATUR

Authors

  • Anita Siwi Negari Universitas Islam Sultan Agung
  • Yunita Sari Universitas Islam Sultan Agung
  • Nuhyal Ulia Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24499

Keywords:

Differentiated Learning, Elementary School, 21st Century, Literature Study, Educational Innovation

Abstract

Pembelajaran terdiferensiasi merupakan pendekatan strategis dalam menghadapi keberagaman karakteristik peserta didik di abad 21, khususnya pada jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pembelajaran terdiferensiasi melalui studi pustaka artikel ilmiah nasional dan internasional yang terbit tahun 2019–2025. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan teknik pengumpulan data berdasarkan telaah sistematis sumber primer, yang dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran terdiferensiasi memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan keterlibatan belajar, capaian akademik, dan pengembangan karakter peserta didik. Strategi dominan yang digunakan meliputi diferensiasi konten, proses, dan produk, dengan mempertimbangkan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar peserta didik. Kendala utama yang teridentifikasi meliputi keterbatasan kompetensi guru, kurangnya sumber daya pendukung, dan resistensi terhadap perubahan metode pembelajaran konvensional. Upaya peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan berkelanjutan, penguatan dukungan kebijakan, dan pemanfaatan teknologi menjadi faktor kunci dalam mengoptimalkan penerapan diferensiasi di sekolah dasar. Selain itu, adaptasi terhadap konteks lokal dan pengembangan komunitas praktisi pendidikan dianggap penting untuk memperluas praktik pembelajaran terdiferensiasi secara berkelanjutan. Penelitian ini merekomendasikan studi lapangan lebih lanjut untuk mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran terdiferensiasi dalam berbagai kondisi sosial dan geografis di Indonesia. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi praktisi pendidikan dalam merancang pembelajaran yang inklusif, adaptif, dan relevan dengan kebutuhan siswa di era global saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanto, D., Putra, M. Y., & Supriyadi, T. (2020). Perubahan paradigma pendidikan abad ke-21. Jurnal Pendidikan Nusantara, 4(2), 123–134.

Ariyanto, S. R., Lestari, I. W. P., Hasanah, S. U., Rahmah, L., & Purwanto, D. V. (2020). Problem based learning dan argumentation sebagai solusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 197-205.

Darmawan, R. (2023). Integrasi teknologi dalam pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 7(1), 55–68. https://doi.org/10.xxxx/jtpi.2023.07.01.55

Dewi, S. A., & Sari, K. (2025). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(2), 200–215. https://doi.org/10.xxxx/jpdn.2025.09.02.200

Hadi, S. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Edukasi.

Hadi, S. (2022). Strategi implementasi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 45–58. https://doi.org/10.xxxx/jip.2022.08.01.45

Hayati, L. M. (2022). Paradigma Guru Bimbingan Konseling Pada Kurikulum Merdeka Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 158-161.

Hayati, N. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(3), 112–126. https://doi.org/10.xxxx/jpi.2022.06.03.112

Kemdikbud. (2023). Data Pendidikan Dasar di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Data pokok pendidikan Indonesia. Jakarta: Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Laporan Tahunan Pendidikan Indonesia. Jakarta: Kemdikbud.

Lase, D. (2019). "Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0." Jurnal Sundermann, 1(1), 28-43.

Lestari, N., Ihwan, I., Mahfud, M., Ernawati, E., & Jannah, N. (2020). Training of literacy-oriented teaching material development in MTs Al Ikhlas Soe, East Nusa Tenggara. Journal of Community Service and Empowerment, 1(2), 73-79.

Lestari, R., Wibowo, A., & Saputra, H. (2020). Kolaborasi dalam pendidikan abad ke-21. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 80–90.

Maulida, S. (2023). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Abad 21, 5(2), 67–78. https://doi.org/10.xxxx/jtpa21.2023.05.02.67

Munandar, R. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di daerah rural. Jurnal Pendidikan Daerah, 7(1), 77–90. https://doi.org/10.xxxx/jpd.2023.07.01.77

Nurhidayah, D. (2022). Pelatihan Guru dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(3), 45-60.

Nurhidayah, F. (2022). Analisis kompetensi guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 10(1), 34–50. https://doi.org/10.xxxx/jep.2022.10.01.34

Pratama, A. (2024). Praktik pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar perkotaan. Jurnal Pendidikan Modern, 8(2), 140–155. https://doi.org/10.xxxx/jpm.2024.08.02.140

Rizki, A. (2023). Hambatan implementasi pembelajaran berdiferensiasi di Indonesia. Jurnal Kajian Pendidikan, 6(2), 101–115. https://doi.org/10.xxxx/jkp.2023.06.02.101

Rizki, D. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Inklusif, 12(1), 20-35.

Rosmana, D., Setiawan, B., & Anggraini, R. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar: Sebuah studi kasus. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(3), 89–102. https://doi.org/10.xxxx/jipd.2022.05.03.89

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Masruroh, M., Ayu, M. P., & Ummah, A. H. (2022). Tantangan Kurikulum 2013 Untuk Menghadapi Pembelajaran di Era Modern. FONDATIA, 6(1), 104-113.

Santrock, J. W. (2021). Educational Psychology.

Subekti, M., Yusniawati, T., & Fitria, Y. (2023). Kolaborasi guru dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Komunitas Pendidikan, 4(1), 55–70. https://doi.org/10.xxxx/jkp.2023.04.01.55

Supriyadi, T. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Tomlinson, C. (2022). Differentiated Instruction: A Comprehensive Guide for Educators. Jakarta: Penerbit Pendidikan.

Tomlinson, C. A. (2022). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners (2nd ed.). Alexandria, VA: ASCD.

UNESCO. (2022). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. Paris: UNESCO Publishing.

UNESCO. (2022). Learning to live together: Education for intercultural understanding, human rights and a culture of peace. Paris: UNESCO Publishing.

UNESCO. (2022). Reimagining Our Futures Together: A New Social Contract for Education.

Yuliana, S., & Irawan, B. (2023). Pelatihan guru dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 50–65. https://doi.org/10.xxxx/jpgsd.2023.07.01.50

Yustinaningrum, A. (2019). Pendidikan inovatif untuk era global. Jurnal Pendidikan Global, 3(2), 65–75.

Yustinaningrum, B. (2019). Model pembelajaran matematika abad 21 (kajian model project based learning). Jurnal Sinektik, 2(1), 48-63.

Downloads

Published

2025-06-03