IMPLEMENTASI PROYEK GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DALAM PENGUATAN KARAKTER GOTONG ROYONG MELALUI PEMBUATAN PAPAN HIAS DARI LIMBAH BOTOL PLASTIK DI SEKOLAH DASAR KAYUAPAK 1

Authors

  • Widhy Nandha Saputra Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Sri Mulyati Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24507

Keywords:

Gaya Hidup Berkelanjutan, Gotong Royong, Limbah Botol Plastik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi proyek gaya hidup berkelanjutan dalam menanamkan nilai-nilai karakter gotong royong pada siswa sekolah dasar. Proyek ini diimplementasikan melalui kegiatan pembuatan papan hias dari limbah botol plastik, yang berorientasi pada situasi nyata siswa agar lebih bermakna dan mudah diingat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, dilaksanakan di kelas 3 dan 4 Sekolah Dasar Negeri Kayuapak 1. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek gaya hidup berkelanjutan berhasil menanamkan nilai-nilai gotong royong melalui tiga elemen utama: kolaborasi, kepedulian, dan berbagi. Kegiatan pembuatan papan hias dari limbah botol plastik menumbuhkan kolaborasi melalui kerja sama dalam pengumpulan bahan dan proses pembuatan, kepedulian melalui sikap saling membantu dan menghargai perbedaan, serta berbagi melalui tindakan tolong-menolong dan meminjamkan alat. Proyek ini tidak hanya meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan, tetapi juga memperkuat karakter gotong royong yang esensial dalam Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang bagaimana proyek-proyek berkelanjutan dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah dasar untuk memperkuat nilai-nilai karakter.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S., et al. (2021). Aktivitas pembelajaran kontekstual melalui situasi nyata peserta didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 45-56.

Arpianti, D., et al. (2023). Kepekaan sosial dan karakter gotong royong peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(1), 89-102.

Chrisyarani, A., et al. (2021). Peningkatan rasa percaya diri melalui kegiatan kolaboratif dalam pembelajaran proyek. Jurnal Pendidikan Inovatif, 9(4), 33-45.

Damayanti, R., & Al Ghozali, M. (2023). Fleksibilitas pembelajaran proyek untuk menumbuhkan bakat dan minat peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 17(2), 67-78.

Derung, A. (2019). Pentingnya karakter gotong royong dalam pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan Karakter Bangsa, 7(1), 12-23.

Dewantara, H., & Nurgiansah, A. (2021). Pengembangan profesionalitas guru dalam pembelajaran berbasis proyek. Jurnal Pendidikan Guru, 14(2), 56-68.

Fitriani, N., et al. (2023). Hubungan kolaborasi dalam pembelajaran bermakna melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Karakter, 15(3), 78-90.

Fitrah, M., & Hartati, S. (2021). Strategi Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 91-101.

Halim, F., Purba, R., Kristina, Y., Tannuary, A., Tinggi, S., Ekonomi, I., Simalungun, U., & Indonesia, M. (2021). Sosialisasi Implementasi Program Profil Pelajar Pancasila di SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 1(3), 282–289. https://doi.org/10.46306/jub.v1i3.51

Halimatus Sakdiyah, N. (2019). Pemanfaatan sampah sebagai media pembelajaran inovatif di sekolah dasar. Jurnal Lingkungan dan Pendidikan, 10(2), 34-45.

Hakim, A., et al. (2023). Pembelajaran proyek berbasis lingkungan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Jurnal Pendidikan Berbasis Proyek, 11(1), 23-35.

Haryanti, S., et al. (2021). Menanamkan nilai toleransi dalam keberagaman budaya di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Multikulturalisme, 13(2), 56-70.

Hayati, E., & Utomo, B. (2022). Rancangan kegiatan pembelajaran proyek yang menyenangkan dan bermakna. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dasar, 8(3), 45-58.

Jumrawarsi, R., et al. (2023). Dukungan orang tua dan guru dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Karakter Bangsa, 16(1), 34-46.

Kamis, A., et al. (2021). Hubungan timbal balik antar individu dalam pelaksanaan pembelajaran proyek sosial. Jurnal Pendidikan Sosial dan Karakter, 9(4), 56-67.

Kaka, M. M., & Yulianti, Y. (2022). Peran Sekolah Dalam Menanamkan Nilai Karakter Kerja Keras Melalui Pembelajaran Daring. Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 38–45. https://doi.org/10.56393/sistemamong.v2i2.356

Kharisma, M. E., Faridi, F., & Yusuf, Z. (2023). Penanaman karakter gotong royong berbasis p5 di smp muhammadiyah 8 batu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1152-1161.

Komala, C., Nurjannah, N., & Juanda, J. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” Kelas X SMAN 2 Sumbawa Besar. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 42–49.

Kumala, F. N. (2023). Analisis Profil Pelajar Pancasila Berdasarkan Aspek Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 84–96. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8396

Laily, M. K. M., Usman, A., & Hidayati, N. (2024). Penanaman karakter gotong royong melalui tema kewirausahaan dan kearifan lokal pada P5 kurikulum merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 10–10.

Lochner, M. (2021). Kompleksitas global dalam pembelajaran berbasis proyek di sekolah dasar. International Journal of Project-Based Learning Education, 14(2), 89–102.

Makrifah, T., et al. (2023). Proyek gaya hidup berkelanjutan untuk menanamkan cinta lingkungan pada peserta didik. Jurnal Pendidikan Lingkungan Hidup, 19(2), 67–80.

Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, A., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan karakter gotong royong di sekolah dasar.Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225–238.

Najla, A. P., Izzati, N.V., Oktaviani, D., & Marini A.. (2022). Digital Storytelling Untuk Meningkatkan Karakter Siswa SD Pada Kurikulum “Merdeka Belajar”. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 413–424.

Okpatrioka, D., & Zhafirah, N.. (2023). Hakikat pembelajaran proyek dan nilai-nilai gotong royong dalam pendidikan karakter.Jurnal Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia, 18(1), 23–34.

Piesesa, M.S.L., & Camellia C.. (2022). Desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Menanamkan Nilai Karakter Mandiri, Kreatif dan Gotong-Royong.Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 74–83.

https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8260

Pransiska R., et al.. (2023). Kolaborasi peserta didik dalam kegiatan berbasis tim untuk mencapai tujuan bersama.Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 12(3), 78–89.

Rian A., et al.. (2023). Daur ulang sampah plastik sebagai media pembelajaran ramah lingkungan.Jurnal Lingkungan dan Pembelajaran Inovatif, 10(4), 45–56.

Riyanto S., & Dwijayanto A.. (2021). Integrasi Kearifan Lokal dalam Pendidikan untuk Membangun Karakter Bangsa.Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 43–56.

Rusnaini E., et al.. (2021). Karakter berbagi sebagai bagian dari gotong royong pada Profil Pelajar Pancasila.Jurnal Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia, 14(2), 34–46.

Safitri T., et al.. (2022). Kegiatan daur ulang sampah untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekolah dasar.Jurnal Lingkungan dan Pendidikan Berkelanjutan, 11(2), 23–34.

Saraswati D., et al.. (2020). Integrasi elemen kepedulian dalam pengembangan diri peserta didik sekolah dasar.Jurnal Pengembangan Karakter Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar, 6(4), 45–60.

Sugiarti R., Erlangga E., Suhariadi F., Winta M.V.I., & Pribadi A.S.. (2022). The influence of parenting on building character in adolescents.Heliyon, 8(5).* https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09349

Sulistiyaningrum I., & Fathurrahman M.. (2023). Kurikulum Merdeka sebagai upaya pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila.Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran Inovatif Indonesia, 15(1), 12–25.

Sulistyowati R., & Wahyuningtyas F.. (2021). Pembuatan modul proyek berbasis kondisi lokal peserta didik di sekolah dasar.Jurnal Pendidikan Lokalitas Indonesia, 9(3), 34–45.

Supini & Gunawan.. (2023). Hasil nyata dari kerja sama dalam kegiatan kelompok peserta didik sekolah dasar.JPKSD,13

Wulandari I., Handoyo E., Yulianto A., Sumartiningsih S., & Fuchs P.X.. (2024). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter Siswa di Era Globalisasi.Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(4), 370–376

Downloads

Published

2025-06-12