PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWI SD N SEMBUNGHARJO 01
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24515Keywords:
Problem Based Learning, Learning Motivation, Learning ModelAbstract
Keberhasilan sebuah pembelajaran dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu model pembelajaran. Model pembelajaran dipilih sesuai dengan tahap perkembangan kognitif peserta didik. Seperti pada peserta didik kelas I termasuk dalam tahap operasional konkrit, sehingga media pembelajaran yang sesuai salah satunya yaitu PBL. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen kelompok kontrol pretest-postest. Teknik pengumpulan dengan cara kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa pada kelas eksperimen didapatkan rata-rata awal sebesar 70,7 danrata-rata akhir sebesar 80,3. Sedangkan pada kelas kontrol didapatkan rata-rata awal sebesar 57 dan rata-rata akhir sebesar 66. Sehingga didapatkan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,33 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,30. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.Downloads
References
AGUS WAKHID SANTOSA, MARIA AGUSTINA AMELIA, & ARCIANA SARWI. (2022). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS V SD NEGERI SUDIMORO 2 TAHUN AJARAN 2021/2022. 2.
Agustin, E., Rahadju, E. B., & Hidayat, T. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 107. https://doi.org/10.33087/phi.v7i2.294
Asradewi. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa tentang termodinamika dengan Menerapkan Model NHT di Kelas XI MIPA SMAN 2 X Koto Singkarak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5).
Dewi Ayu Wisnu Wardhani, & Putu Budiadnya. (2023). ANALISIS KOMPETENSI GURU DI ABAD 21. 28.
Imelda Usman, C., Tri Wulandari, R., Nofelita, R., & PGRI Sumatera Barat, S. (2021). Educational Guidance and Counseling Development Jounal Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua dan Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 4(1), 10–16.
Jamal Mirdad. (n.d.). View of MODEL-MODEL PEMBELAJARAN (EMPAT RUMPUN MODEL PEMBELAJARAN).
lowrent Natalia Marpaung, Bernadetha Nadeak, & Lamhot Naibaho. (2023). Teknik Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1).
Mahliatussikah, H., Silvia, E. E., Putri, A. Y., & Pratiwi, A. E. (2022). Penerapan metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL) dalam pembelajaran di SDN Kedungpeluk 2 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 99. https://doi.org/10.30659/pendas.9.2.99-114
Maya Sari, & Ani Rosidah. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS SD. 2(1), 8–17.
Mayaza Budiman, P., & Dewi Purwati, P. (2023). Implementing Bruner’s Theory For The Conceptual Understanding of Addition And Subtraction. In International Research-based Education Journal (Vol. 5, Issue 1).
Noviati, W. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SD. In Jurnal Kependidikan (Vol. 7, Issue 2).
Pramita, C. V., & Sudibyo, E. (2023). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS PENERAPAN TIPE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA QUIZIZZ UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 11(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa
Reza, M., & Supriyadi, S. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana ISSN 26866404 Pascasarjana Universitas Negeri Semarang Pengembangan Media Multi Interaktif Flash Player pada Pembelajaran Zakat untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana ISSN 26866404 Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 391–398. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/
Rizqiyati, I., & Wardani, A. (2023). Penelitian Teori Perkembangan Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Usia 11-12 Tahun Terhadap Hukum Kekekalan Volume. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 634–638. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Saputro, A., & Wijayanti, O. (2021). TANTANGAN GURU ABAD 21 DALAM MENGAJARKAN MUATAN SBdP DI SEKOLAH DASAR.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.