Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila di Kelas IV SD Negeri Sembungharjo 01

Authors

  • Dina Amalia Husna Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Rida Fironika Kusumadewi Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Jupriyanto Universitas Islam Sultan Agung Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24531

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wordwall terhadap motivasi belajar Pendidikan Pancasila di kelas IV SD Negeri Sembungharjo 01. Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dibutuhkan untuk mendukung proses belajar peserta didik. Maka dengan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan tentunya dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar. Pada mata kuliah Pembelajaran Sosial Emosional dalam PPG Calon Guru 2024, peneliti membuat artikel untuk membahas bagaimana tujuan pemanfaatan aplikasi Wordwall sebagai salah satu alternatif media yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Kuantitatif dan eksperimen quasi experimental atau eksperimen semu merupakan jenis penelitian yang digunakan. Serta menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah total 59 siswa. Instrumen penelitian menggunakan quasi eksperimen yaitu terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan pre-test post-test. Selanjutnya, dalam menganalisis data pada penelitian ini, digunakan uji normalitas dengan metode Shapiro-Wilk dan uji hipotesis dengan paired sample t-test. Hasil dari uji tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan diberikan. Selanjutnya, uji N-Gain Score menunjukkan bahwa adanya peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa setelah penggunaan media Wordwall. Temuan ini mendukung bahwa integrasi media interaktif dalam pembelajaran mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Keterampilan Menulis dalam Bahasa Indonesia. International Journal of Elementary Education, 3(3), 284. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19413

Awalyah, N., Quraisy, H., & Suardi. (2024). Pengaruh Game Interaktif Wordwall Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Elips : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 44–55.

Azmi, F. H., Anggraeni, S. W., & ... (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa. … Konferensi Ilmiah Dasar, 5(4), 290–295. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/5442%0Ahttps://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/download/5442/4476

Dalam, S., Merdeka, K., Uptd, D. I., & Barru, S. D. N. (2024). Jurnal Pendidikan Inklusif EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN. 8(10), 21–31.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Fadillah, A. R., Ayuni, F., Nur’Ani, F. D., Apriliya, M., & Realistiya, R. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(3), 557. https://doi.org/10.24114/jgk.v7i3.41630

Kholik, C. F., & Muthi, I. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Peningkatan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Chintia Febrina Kholik [1] , Ibnu Muthi [2]. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(7), 276–281. https://ejournal.lumbungpare.org/index.php/jim/index

Kusnadi, E., & Azzahra, S. A. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn di MA Al Ikhlash Padakembang Tasikmalaya. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 323–339. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i2.9526

Nafian, R. K., Widayanti, U. A., & Rahmawati, I. (2024). Penggunaan Media Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 1 Gumul Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 01(04), 747–750.

Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.

Nihayah, S. (2022). Analisis Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Problem-Based Learning pada Peserta Didik. Melior : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.56393/melior.v2i1.1548

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854–2860. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616

Ratnasari, D., Dhiya, H. R., Susanti, A., Pd, S., & Pd, M. B. I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris yang Menyenangkan. … Seminar Nasional Hasil …, 1243–1250. http://seminar.uad.ac.id/index.php/semhasmengajar/article/view/10848

Ray, S., Das, J., Pande, R., & Nithya, A. (2024). Swati Ray 1 , Joyati Das 2* , Ranjana Pande 3 , and A. Nithya 2. 195–222. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13

Salsabila, A., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2023). Pengaruh Media Wordwall terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 42–51. https://doi.org/10.56393/pelita.v3i2.1716

Sari, W. F., Sari, Y. P., Hazari, S. A., Keguruan, F., & Palembang, U. S. (2020). Pemanfaatan Wordwall sebagai Media Pembelajaran Interaktif di SD Negeri 27 Palembang.

Sijabat, M. P., Hutabarat, K., Sitorus, L., & Daulay, M. A. J. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia di Kelas V SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2562–2572. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6785

Sukmawati, R., Amril, L. O., & Erlina, E. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Lektora Inspire Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(1), 95–104. https://doi.org/10.56855/jpsd.v3i1.1085

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Walidah, G. N., Mudrikah, A., & Saputra, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Wordwall Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 7(2), 105–115. https://doi.org/10.30999/ujmes.v7i2.2140

Downloads

Published

2025-06-06

Most read articles by the same author(s)